Penurunan kecepatan internet secara tiba-tiba tentunya membuat jengkel, apalagi saat kamu sedang beraktivitas menggunakan jaringan tersebut, untuk mengeceknya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi tes kecepatan internet.

Seperti kita ketahui internet kini salah satu kebutuhan yang cukup penting, karena tanpa internet HP yang kamu operasikan tidak bisa berkirim pesan atau mengakses apapun di aplikasi browser.

Internet sendiri bisa diciptakan oleh kartu SIM atau WiFi, bedanya jika menggunakan WiFi, kamu hanya bisa mengakses internet di daerah WiFi tersebut saja.

Lalu apa jadinya jika WiFi atau jaringan internet di sekitarmu tiba-tiba lemot? Nah, jika kamu seringkali merasakan permasalahan tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mengetahui kecepatan internet.

Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi tes kecepatan internet. Jika kamu ingin mencobanya, mungkin kamu bisa pakai salah satu rekomendasi apk tes kecepatan internet di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Tes Kecepatan Internet

Internet Speed Test Meter

Internet Speed Test Meter
Internet Speed Test Meter. (IST)

Pada jajaran pertama, kamu bisa menggunakan apk tes kecepatan internet Internet Speed Test. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi tentang kecepatan internet secara lengkap.

Kamu juga bisa mengetahui perangkat mana saja yang terhubung pada jaringan WiFi atau hotspot yang kamu miliki.

Menariknya, aplikasi ini memiliki tampilan UI yang sederhana sehingga akan mempermudah kamu untuk menavigasikannya.

Aplikasi ini juga menyediakan pilihan mode gelap agar kamu bisa lebih nyaman saat menggunakannya. Selain itu, hasil pengetesan yang kamu lakukan juga tidak akan hilang, karena akan tersimpan otomatis di aplikasi ini dan kamu tetap bisa melihatnya sewaktu-waktu jika diperlukan.

Untuk menggunakan versi lengkap tanpa iklan, kamu bisa menggunakan versi berlangganan.

Meteor

Meteor - Apk Tes Kecepatan Internet
Meteor – Apk Tes Kecepatan Internet. (IST)

Aplikasi tes kecepatan internet selanjutnya ada Meteor Speed Test. Meteor merupakan alat uji kecepatan internet yang bisa kamu manfaatkan untuk memeriksa kecepatan koneksi seluler, nirkabel, dan pengujian WiFi tanpa iklan.

Tes yang dilakukan aplikasi ini cukup unik dan memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana koneksi internet dan kecepatan unduh kamu yang akan mempengaruhi kinerja aplikasi seluler favorit yang kamu miliki.

Cara tes sederhana ini akan memberi hasil yang mudah dipahami karena Meteor Speed Test memiliki antarmuka sederhana tapi tetap dilengkapi dengan fitur menarik.

Kamu juga bisa memanfaatkan peta cakupan konektivitas untuk menemukan jangkauan internet terbaik pada peta dengan statistik lokal.a

BACA JUGA:  Aplikasi Cek Kolesterol

Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla
Speedtest by Ookla. (IST)

Kamu bisa menggunakan Speedtest by Ookla untuk menguji koneksi internet yang kamu gunakan kurang dari 30 detik hanya dalam satu sentuhan dengan hasil yang akurat di mana saja berkat jaringan global sistemnya.

Tes video pada apk ini juga akan memberi kamu kemampuan menilai kualitas streaming jaringan secara waktu nyata. Lakukan tes video untuk mendapatkan informasi yang membantu Anda mengoptimalkan pengalaman video daring.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan fitur peta jangkauan untuk melihat visualisasi ketersediaan jaringan di berbagai operator seluler hingga ke tingkat paling rendah sekalipun.

Untuk menjaga koneksi dari kamu tetap aman, kamu bisa menggunakan Speedtest VPN di aplikasi ini, kamu bisa menggunakannya secara gratis hingga 2 GB, jika kurang kamu bisa beralih ke versi premium dengan penggunaan tidak terbatas dengan biaya $4,99.

Speedtest Master

Speedtest Master - Apk Tes Kecepatan Internet
Speedtest Master – Apk Tes Kecepatan Internetter. (IST)

Berikutnya ada SpeedTest Master untuk menguji kecepatan internet kamu dan memeriksa kinerja jaringan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menguji koneksi internet kamu melalui ribuan server di seluruh dunia dan menunjukan hasil yang akurat dalam waktu 30 menit saja.

SpeedTest Master sendiri bisa digunakan untuk menguji kecepatan jaringan 4G, 5G, DSL, dan ADSL. Ini juga merupakan penganalisis WiFi yang bisa membantu kamu menguji koneksi WiFi.

Adapun beberapa fitur yang bisa kamu nikmati dari aplikasi ini mulai dari, Uji kecepatan unduh dan unggah, Tes ping lanjutan untuk memeriksa stabilitas jaringan, memeriksa kekuatan sinyal WiFi. periksa kecepatan internet secara real-time, dan masih banyak lagi.

Simple Speedcheck

Simple Speedcheck
Simple Speedcheck. (IST)

Kemudian ada Simple Speedcheck. Aplikasi ini merupakan aplikasi ujian kelajuan mudah yang dibuat khusus untuk menguji kelajuan internet dengan cepat dan tepat.

Dengan aplikasi ini kamu bisa membandingkan jaringan 3G, 4G , LTE, dengan cepat dan mengkaji kepercayaan adsl sambungan kabel kamu di jalur yang tepat.

Hanya saja, beberapa fitur pada aplikasi ini harus kamu gunakan secara berbayar, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 15.000 – Rp 329.000 / itemnya.

Pada versi tersebut kamu juga bisa menikmati aplikasi tanpa iklan dan bug yang mengganggu.

Speed Test

Speed Test
Speed Test. (IST)

Speed Test adalah pengukur kecepatan internet dan alat Tes kecepatan Wi-Fi, 2G, 3G, 4G, DSL dan ADSL.

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah, kamu hanya perlu sekali klik untuk tes kecepatan internet anda dengan ribuan server di seluruh dunia, hasil tes kurang dari 30 detik.

Dengan menggunakan ini kamu juga bisa mendiagnosa jaringan secara otomatis dan mendeteksi apabila jaringan yang kamu gunakan koneksinya kurang bagus.

Jika kamu sedang berhemat, kamu bisa memanfaatkan fitur monitor untuk membantu kamu mengelola penggunaan data. Menarik bukan?

WiFi Router Master

WiFi Router Master
WiFi Router Master. (IST)

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk mengelola WiFi dan bekerja sebagai alat penganalisis WiFi yang praktis dan mudah digunakan.

Aplikasi ini bekerja sebagai pelindung WiFi yang kuat dan memiliki kemampuan untuk memblokir pencuri WiFi, serta bekerja untuk mendeteksi siapa saja yang menggunakan jaringan WiFI atau hotspot yang kamu pasang.

Untuk mengetes kecepatan internet dengan aplikasi ini juga cukup mudah, kamu hanya membutuhkan satu kali ketukan, dan aplikasi ini secara otomatis akan menguji kecepatan internet dan menunjukan hasil tes kecepatan yang akurat.

Untuk mendapatkan aplikais ini, kamu bisa mengunduhnya di Play Store.

BACA JUGA:  Aplikasi Tes Buta Warna

Itulah beberapa aplikasi tes kecepatan internet yang bisa kamu gunakan untuk mengtahui berapa tingkat kecepatan jaringan yang kamu gunakan dan mengetahui infroamsi lainnya mengenai jaringan tersebut.

Share.

Leave A Reply