Aplikasi tes buta warna biasanya digunakan untuk mendeteksi warna dari kejauhan oleh seseorang yang akan melamar pekerjaan.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa melakukan beberapa proses pengecekan buta warna dengan beberapa metode tertentu.

Seperti kita ketahui buta warna merupakan salah satu gangguan penglihatan yang dialami mata seseorang, gangguan ini biasanya ditandai dengan tidak bisa menebak atau membedakan warna tertentu secara normal.

Buta warna sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu buta warna parsial atau sebagian dan buta warna total atau keseluruhan.

Untuk buta warna parsial, penderita tidak bisa membedakan beberapa warna, seperti merah dan hijau sedangkan untuk buta warna total tidak bisa melihat warna sama sekali.

Nah, jika kamu memiliki ciri-ciri gangguan tersebut kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi tes buta warna, berikut kami akan merekomendasikan aplikasi yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Aplikasi Tes Buta Warna Terbaik 2021

Ishihara Color Blindness Test: Eye Care

Ishihara Color Blindness Test:l Eye Care
Ishihara Color Blindness Test:l Eye Care. (IST)

Pertama kamu bisa menggunakan Ishihara Color Blindness Test: Eye Care untuk melakukan pengecekan buta warna.

Aplikasi ini bisa membantu mengidentifikasi buta warna merah-hijau, atau buta warna parsial.

Tes yang disuguhkan oleh apk ini menggunakan 38 lempeng Ishihara yang terdiri dari titik-titik berwarna dengan ukuran dan kecerahan yang berbeda.

Nantinya kamu harus menebak angka atau pola yang dibentuk oleh titik-titik tersebut.

Selain itu, apk ini juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya, mulai dari tes buta warna anak-anak, tes mata silinder dan latihan penguatan penglihatan.

Color blindness Test – Aplikasi Tes Buta Warna

Color blindness Test - Apk tes buta warna
Color blindness Test – Apk tes buta warna. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi tes buta warna Color blindness Test, aplikasi ini memiliki interface yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapapun.

Color blindness Test dilengkapi dengan fitur tes Ishihara yang bekerja untuk mengidentifikasi buta warna merah-hijau.

Sma seperti platform sebelumnya, kamu juga akan diminta untuk menembak pola dan angka yang disajikan pada titik-titik berwarna.

Untuk kamu yang memiliki mata normal pasti akan dengan mudah menebak pola yang disajikan, sebaliknya jika kamu menderita buta warna, kamu akan kesulitan untuk melihat dan menebak warnanya.

BACA JUGA: Aplikasi Konsultasi Psikologi

Ishihara Color Blindness Test

Ishihara Color Blindness Test
Ishihara Color Blindness Test. (IST)

Ishihara Color Blindness Test merupakan platform buta warna online yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi buta warna parsial atau sebagian.

Sama dengan platform pada umumnya, kamu akan diminta untuk menebak angka yang disajikan pada titik-titik warna yang dibentuk pola atau angka.

Tes buta warna online ini sendiri akan membantu penderitanya untuk menentukan jenis buta warna yang dialaminya, seperti buta warna  protanopia, buta warna deuteranopia serta tingkat keparahannya.

Untuk menggunakan apk ini kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store secara gratis.

Warna Kebutaan Uji – Aplikasi Tes Buta Warna

Warna Kebutaan Uji - Apk tes buta warna
Warna Kebutaan Uji – Apk tes buta warna. (IST)

Berikutnya ada platform Warna Kebutaan Uji.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa memahami kemampuan penglihatan mata terhadap suatu objek atau wana melalui tes Ishihara.

Kamu harus bisa menembak angka atau pola yang terdapat pada lempeng Ishihara.

Untuk mengetahui keadaan mata , nantinya pihak aplikasi akan memberikan skor untuk identifikasi atau tes buta warna yang telah kamu lakukan.

Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang cukup ringan, sehingga tidak akan membebankan kinerja pada ponsel yang kamu gunakan.

Color Blind Test

Color Blind Test
Color Blind Test. (IST)

Masih dengan tes buta warna, kali ini hadir platform Color Blind Test.

Platform ini bekerja untuk membantu penggunanya mengidentifikasi buta warna atau rendahnya kemampuan mata untuk mengenal dan mengidentifikasi suatu warna yang dilihatnya.

Menariknya, Color Blind Test menyediakan berbagai fitur tes buta warna, mulai dari tes Ishihara, tes Dikotomi Farnsworth D-15 hingga permainan kubus warna.

Color Blind Check

Color Blind Check
Color Blind Check. (IST)

Terakhir ada aplikasi Color Blind Check yang bisa kamu gunakan untuk cek buta warna dengan mudah. Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup ringan dan bisa digunaka di semua jenis Android.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyentuh kotak dengan warna berbeda pada layar.

Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh semua umur untuk mengidentifikasi tingkat keparahan dan jenis buta warna yang dialaminya.

BACA JUGA:  Aplikasi Tes Kehamilan Akurat

Itulah aplikasi tes buta warna yang bisa kamu coba, untuk memantapkan hasilnya kamu bisa melakukan pengecekan uang ke dokter mata.

Share.

Leave A Reply