Saat ini banyak aspek penyebab HP Realme lemot, permasalahan ini tentunya sangat mengganggu karena bisa mempengaruhi kinerja HP tersebut. Cara mempercepat kinerja HP Realme harus kamu lakukan agar performanya tetap stabil.

Apalagi jika HP Realme yang kamu miliki sering digunakan untuk bermain game atau live streaming, performa yang tidak maksimal pasti akan membuat penggunanya jengkel.

Untuk itu, permasalahan ini wajib diatasi, untungnya metode menangani HP Realme yang kinerjanya menurun cukup mudah dilakukan.

Ada beberapa permasalahan yang mempengaruhi HP Realme lemot, umumnya disebabkan oleh spesifikasi HP yang rendah.

Jika kapasitas RAM di HP yang kamu miliki kecil dan banyaknya aplikasi yang kamu install akan mengakibatkan performa HP merosot, sehingga HP tersebut akan lag atau kurang responsif.

Tak hanya disebabkan oleh spesifikasi HP yang rendah, lambatnya performa juga bisa disebabkan oleh bug atau sistem pembedahan yang digunakan. Nah, untuk mengatasi semua kendala tersebut, kamu bisa coba mengikuti cara mempercepat kinerja HP Realme.

Cara Mempercepat Kinerja HP Realme

Restart Smartphone

Restart HP
Restart HP. (IST)

Pertama kamu bisa coba restart smartphone jika HP lemot, cara ini merupakan cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja HP Realme.

Meskipun terlihat sepele, sebenarnya melakukan restart pada HP Realme ini bisa menanggulangi berbagai jenis permasalahan pada HP tersebut.

Pada dasarnya cara melakukan restart pada setiap smartphone Android sama, yaitu dengan menekan tombol power selama beberapa detik, dan pilih menu Restart HP.

BACA JUGA: Cara Menghapus Chat di Shopee

Hapus Aplikasi atau File

Semakin banyaknya file atau aplikasi yang terpasang pada HP kamu bisa mengurangi ruang penyimpanan memori internal pada HP tersebut. Hal tersebut bisa jadi pemicu kinerja HP jadi lemot.

Untuk itu kami sarankan kamu untuk menyisakan ruang memori internal minimum 3GB agar kamu bisa lebih leluasa untuk mengoperasikan HP pada aplikasi tersebut tanpa takut performa HP menurun.

Tak hanya itu, kamu juga harus mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang, karena hal tersebut juga akan menyita banyak penyimpanan di RAM. Jika kapasitas penyimpanan besar hal tersebut memang tidak mempengaruhi.

Tapi jika kapasitas RAM di HP yang kamu gunakan rendah, hal tersebut akan sangat mempengaruhi, untuk itu kamu harus menghapus aplikasi yang tidak penting agar memori kembali lega.

Membersihkan Cache

Cache atau sampah juga bisa jadi salah satu pemicu performa HP menurun. Untuk mempercepat kinerja HP tersebut kami menyarankan kamu untuk menginstall aplikasi pembersih cache.

File cache ini memang tidak sengaja disimpan, tapi file berasal dari aplikasi-aplikasi yang terinstall di perangkat tersebut.

Kamu bisa coba salah satu aplikasi pembersih di bawah ini:

  1. CCleaner
  2. AVG Cleaner
  3. Norton Cleaner.

BACA JUGA: Cara Menyambungkan HP Realme Ke TV

Demikianlah cara mempercepat kinerja HP Realme yang bisa kamu coba agar performa HP tetap bagus. Selamat mencoba.

Share.

Leave A Reply