RANCAH POST – Perbedaan Asus ROG Phone 6 vs ROG Phone 6 Pro yang paling mencolok memang ada pada banderol harganya masing-masing. ROG Phone 6 dijual dengan harga Rp 13 jutaan sedangkan harga ROG Phone 6 Pro mencapai RP 17 jutaan.

Melanjutkan eksistensi pendahulunya, baik ROG Phone 6 maupun ROG Phone 6 Pro sama-sama menyasar para penikmat game dan pengguna yang membutuhkan smartphone berperforma tinggi.

Kedua ponsel tersebut untuk saat ini memang baru tersedia di pasar Eropa dan India. Namun tak menutup kemungkinan Asus akan segera merilis keduanya di Tanah Air, mengingat ROG Phone 5 juga mereka hadirkan di Indonesia.

Nah, Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro hadir dengan menawarkan desain dan spesifikasi yang begitu identik satu sama lain. Perlu diketahui, bahwa ROG Phone 6 Series menjadi ponsel pertama di dunia yang hadir dengan sertifikasi IPX4.

Berbekal sertifikasi tersebut menjadikan bodi kedua ponsel terbaru buatan Asus ini tahan terhadap cipratan air dari berbagai arah. Kendati begitu, pengguna tetap tidak dianjurkan untuk membawanya berenang apalagi di laut.

Perbedaan Asus ROG Phone 6 vs Asus ROG Phone 6 Pro

Untuk tampilan fisik, keduanya kompak menawarkan dimensi bodi 173 x 77 x 10.3 mm dengan bobot sekitar 239 gram. Lalu pada sisi kanan masing-masing ponsel terdapat tombol air trigger (L1 + R1) untuk memudahkan pengguna mengontrol karakter in game.

Kemudian di sektor layar, ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro kompak membawa layar AMOLED 6.78 inci dengan resolusi 1.080 x 2.448 piksel yang mendukung refresh rate 165 Hz, HDR10+ dan dilapisi Corning Gorilla Glass Victus.

Beralih ke kamera, penerus dari ROG Phone 5 dan ROG Phone 5 Pro ini memiliki kamera selfie 12 MP dan dilengkapi tiga kamera belakang yang mencakup kamera utama 50 MP, ultrawide 13 MP dan macro 5 MP.

Pada aspek performa, keduanya juga hadir dengan menggunakan chipset yang serupa, yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Namun konfigurasi RAM dan memori internal keduanya dibuat berbeda.

ROG Phone 6 memiliki RAM 12 GB yang disandingkan dengan memori internal 256 GB, sedangkan ROG Phone 6 Pro punya kapasitas RAM dan ROM lebih besar, yaitu 18 GB + 512 GB.

Lalu untuk menjaga perangkat agar tetap adem meski sedang digunakan bermain game, ROG Phone 6 dan 6 Pro mempunyai sistem pendingin canggih yang dapat menurunkan suhu hingga 10 derajat celcius.

Urusan catu daya, ROG Phone 6 Series ditenagai baterai 6.000 mAh yang dapat diisi ulang port USB Type-C. Menariknya, baterai tersebut telah dilengkapi fitur fast charging 65W yang dapat menghasilkan daya 100% hanya dalam waktu 42 menit.

Kedua ponsel gaming tersebut sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan sama-sama memiliki sensor pemindai sidik jari di layar.

Asus ROG Phone 6 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Phantom Black dan Storm White. Sedangkan ROG Phone 6 Pro hadir dalam varian warna tunggal, Storm White.

Menyoal harga, Asus ROG Phone 6 di jual di India dengan harga 71.999 Rupee (sekitar Rp 13 jutaan). Sedangkan ROG Phone 6 Pro dilepas dengan harga 89.999 Rupee (sekitar Rp 17 jutaan).

BACA JUGA: Adu Spek Realme C20 vs Realme C30, Bedanya Cuma Dikit!

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara Asus ROG Phone 6 vs ROG Phone 6 Pro hanya terletak pada kapasitas memori (RAM & ROM), varian warna dan banderol harga.

Share.

Leave A Reply