Sosial Media, RANCAH POST – Seorang emak-emak mengunggah video yang menceritakan dirinya jadi korban penipuan saat hendak mengambil uang di mesin ATM.

Video berdurasi 2 menit 34 detik itu dibagikan melalui akun TikTok-nya @rizkirahayu30 pada Jumat, 20 Mei 2022.

Dalam video tersebut si emak-emak terdengar panik ketika menceritkan dirinya menjadi korban penipuan ketika mengambil uang di sebuah ATM Bank Sumut yang berlokasi di depan Bupati (Labuhanbatu).

Setelah memasukkan kartunya ke mesin ATM, ia melihat kertas yang ditempelkan pada layar ATM. Ia pun mengikuti petunjuk pada kertas tersebut yang memintanya jangan memebcet tomboh bahasa Inggris.

Setelah memilih bahasa Indonesia, tiba-tiba terjadi masalah. ATM miliknya tidak bisa diambil.

Lalu ia mencoba memasukkan PIN ATM, namun tak ada perubahan apapun di layar yang akhirnya mesin pun tak dapat dioperasikan seperti biasanya.

Di bagian bawah ATM, emak-emak itu melihat sebuah kertas yang berisi pertunjuk untuk mengatasi permasalahan PIN yang macet.

“Kalau.. Masalah.. Macet.. Pin Anda…Pencet tombol (ya/yes)..Cepat..Call Bank Sumut 085299130874 biar dikeluarkan,” isi tulisan kertas tersebut.

Lagi-lagi, emak-emak yang tidak diketahui identitasnya itu mengikuti petunjuk di kertas tersebut. Ia tak merasa curiga sedikit pun karena mengira itu merupakan petunjuk dari pihak bank.

“Nah, saya pikir ini juga instruksi dari bank. Jadi saya tekan Ya/Yes,” ucapnya,

Lalu, ia menelpon nomor yang tertera di kertas tersebut. Anehnya, seseorang yang mengaku dari pihak Bank Sumut meminta data diri si emak dengan dalih akan membantu mengeluarkan kartu ATM yang tertelan.

Seseorang tersebut menanyakan nama dan tanggal lahir. Semua pertanyaan itu dijawab dengan sebenar-benarnya oleh si ibu, termasuk ketika diminta menyebutkan nomor PIN kartu ATM-nya.

Karena kartu ATM belum keluar juga, seseorang tersebut meminta si ibu untuk menemui seseorang di salah satu rumah makan di dekat sana yang disebutnya sebagai pegawai bank.

Setelah dicek, ternyata tidak ada pegawai bank yang dimaksud si penelepon di rumah makan tersebut.

“Saya suruh jumpai di samping kantor bupati ada rumah makan Ampera. Di situ katanya ada pegawai Bank Sumut yang bernama Rudi. Di sana saya agak curiga, terus HP-nya saya matikan. Saya panggil suami untuk nanya ke rumah makan di sana. Ternyata tidak ada pegawai Bank Sumut,” ucapnya.

Karena sudah mulai curiga, si ibu pun memutuskan menghubungi call center Bank Sumut yang asli.

Dan ternyata itu adalah penipuan. Sampai akhir video, ia belum mengetahui status uangnya masih ada atau sudah raib diambil si penipu.

@rizkirahyu30

kalau kalian rasa ini g penting silahkan di skip ya ,tetap waspada ya dimana pun kalian berada#rantauprapatlabuhanbatu #banksumut

♬ suara asli – ayuk04 – ayuk04

Cerita emak-emak yang menjadi korban penipuan saat mengambil uang di ATM itu pun viral. Beragam komentar dari warganet langsung memenuhi unggahan tersebut.

mitara21, “dimana2 kalau bank itu sekali pun ATM ketelan gak perna itu minta pin ATM.”

Shabiraalula&Ayah, “Terima kasih infonya ibu, semoga ibu sehat sehat, dan uangnya tidak hilang 🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻”

Hanif Mujahidah, “Pertama pihak bank ga pernah ngasih instruksi pake tulis tangan di tempel2 begitu, Kedua pihak bank ga pernah tau sama sekali pin nasabah atau minta.”

BACA JUGA: Lupa Cabut Kartu ATM, Tabungan Rp 6 Juta Milik Wanita ini Ludes Ditarik Orang Lain

kang sii, “gua paham nih, ketika dia ke rumah makan nanti ada yg ke atm ambil rekeningnya itu karna di ganjel itu ….”

Share.

Leave A Reply