Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memantau suhu PC atau laptop agar terkendali, contohnya saja dengan menggunakan aplikasi cek suhu laptop.

Aplikasi ini tergolong wajib untuk memantau suhu PC atau laptop agar tetap stabil, apalagi jika perangkat PC kamu digunakan untuk kebutuhan gaming, desain grafis atau aktivitas berat lainnya.

Perlu kamu ketahui, pengguna yang tidak memonitor suhu laptop atau komputer yang dimilikinya akan membuat suhu perangkat terlalu panas dan berpotensi merusak komponen yang ada di dalamnya.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, kamu bisa menggunakan platform pengecek tambahan yang bisa kamu download secara gratis.

Ingin tahu ada aplikasi apa saja? Yuk, simak daftaran aplikasi cek suhu laptop di bawah ini.

Daftar Aplikasi Cek Suhu Laptop Terbaru 2022

CPU Thermometer

CPU Thermometer
CPU Thermometer. (IST)

Pada jajaran pertama kamu bisa menggunakan aplikasi CPU Thermometer. Aplikasi yang satu ini memiliki kemampuan untuk mengecek suhu layaknya termometer pada umumnya.

Menariknya, aplikasi ini menawarkan ukuran yang cukup ramah, yaitu sekitar 613 KB saja, dengan begitu tidak membebani kinerja laptop yang kamu gunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga tak hanya bisa digunakan untuk perangkat dengan prosesor intel saja, melainkan juga untuk AMD.

MSI Afterburner – Aplikasi Cek Suhu

MSI Afterburner - Apk Cek Suhu
MSI Afterburner – Apk Cek Suhu. (IST)

Selanjutnya ada aplikasi cek suhu laptop yang dikembangkan oleh perusahaan aksesoris gaming, yaitu MSI Afterburner.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengecek suhu komputer. Sesuai dengan namanya aplikasi ini dibuat untuk laptop dan komputer yang menggunakan perangkat dari MSI.

Tak hanya itu, dengan aplikasi ini, kamu juga bisa memonitor perangkat komputer lho, mulai dari GPU sampai dengan GPU.

BACA JUGA:  Aplikasi Pengukur Suhu Ruangan

Core Temp

Core Temp
Core Temp. (IST)

Core Temp juga menjadi salah satu rekomendasi platform pengukur atau thermometer untuk perangkat laptop atau komputer.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh siapapun.

Ada juga fitur lainnya yang bisa kamu gunakan dari aplikasi ini, mulai dari mengetahui informasi suhu prosesor, kapasitas RAM, kecepatan kipas, hingga memudahkan pengguna untuk mengetahui suhu pada masing-masing core.

Real Temp – Aplikasi Cek Suhu

Real Temp - Apk Cek Suhu
Real Temp – Apk Cek Suhu. (IST)

Sesuai dengan namanya, aplikasi pengukur suhu ini dibuat khusus untuk mengukur suhu laptop atau komputer secara real-time.

Aplikasi yang dibuat khusus untuk mengecek kondisi suhu ini, bisa digunakan untuk mengecek PC yang menggunakan prosesor intel, baik itu single core, dual core, hingga core i7.

Platform yang satu ini juga mampu berjalan dengan lancar di Windows 10, baik versi 32 bit maupun 64 bit.  Berminat untuk menggunakannya?

AMD Ryzen Master

AMD Ryzen Master
AMD Ryzen Master. (IST)

Kemudian ada AMD Ryzen Master yang bisa kamu gunakan untuk mengecek suhu laptop atau komputer yang kamu miliki.

Aplikasi yang dibuat oleh AMD ini diperuntukkan untuk pengguna AMD agar mereka bisa lebih mudah untuk memantau suhu perangkatnya.

Menariknya aplikasi yang satu ini menawarkan fitur overclock yang bisa kamu gunakan saat perangkat sedang menjalankan game berat.

Fitur tersebut berfungsi untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer agar tetap stabil.

HWMonitor

HWMonitor
HWMonitor. (IST)

Pada rekomendasi terakhir, kamu bisa menggunakan HWMonitor untuk mengecek suhu pada PC atau laptop.

HWMonitor merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer, dimana penggunanya bisa mengecek suhu , kecepatan dan mengecek voltase pada sebuah perangkat.

Bagi pengguna yang memiliki laptop untuk bermain game, editing, kerja bera dan aktivitas lainnya, kami menyarankan kalian untuk menggunakan aplikasi ini.

BACA JUGA:  Aplikasi Pasang Surut Air Laut

Nah, itulah beberapa daftar aplikasi cek suhu laptop yang bisa kamu coba untuk menjaga kestabilan dan mempercepat kinerja laptop tersebut.

Share.

Leave A Reply