Tak sengaja menghapus file penting pada PC? Tenang saja, kamu bisa mengembalikannya dengan cara mengunduh aplikasi recovery data.

Salah menghapus file bisa menjadi malapetaka yang cukup fatal, apalagi jika file yang terhapus berisikan data penting.

Namun perlu kamu ketahui, file yang telah kamu hapus sebenarnya masih ada di hardisk yang kamu pakai, baik itu flashdisk, kartu memori atau smartphone.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut dan mengembalikan data yang tidak sengaja atau sengaja terhapus kamu bisa menggunakan software recovery data.

Software tersebut kamu bisa mengembalikan file yang terhapus dengan mudah, baik itu foto, video, audio, musik atau dokumen.

Lantas aplikasi recovery data apa sajakah yang bisa kamu gunakan? Untuk mengetahuinya yuk, simak rekomendasi aplikasi di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Recovery Data Terbaik di PC

Recuva

Recuva
Recuva. (ist)

Rekomendasi pertama kau bisa menggunakan Recuva, aplikasi ini diklaim memiliki kemampuan yang mutakhir untuk mengembalikan berbagai file yang terhapus.

Selain itu, Recuva  juga memiliki beberapa teknik kerja, salah satunya menimpa data yang aman untuk menghapus informasi pribadi, sensitif dan penting untuk penggunanya.

Meskipun aplikasi ini memiliki kinerja yang maksimal, tapi kamu bisa menggunakannya secara gratis kok.

Undelete 360 – Aplikasi Recovery Data

Undelete 360 - Apk Recovery Data
Undelete 360 – Apk Recovery Data. (IST)

Sesuai dengan namanya aplikasi recovery data ini dibuat khusus untuk memulihkan berbagai file yang terhapus, salah satunya foto.

Menariknya aplikasi ini bisa mengembalikan file yang terhapus dari hard drive komputer, USB, memori, smartphone dan masih banyak lagi.

Undelete 360  sendiri memungkinkan penggunanya untuk memulihkan file dan folder sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Kamu juga bisa melihat file yang telah ditemukan aplikasi ini melalui kategorinya, seperti application, PDF, Bitmap, GIF graphic, dan lainnya.

BACA JUGA:  Aplikasi Recycle Bin Android

EaseUS Data Recovery

EaseUS Data Recovery
EaseUS Data Recovery. (IST)

EaseUS Data Recovery Wizard merupakan salah satu software recovery file populer yang bisa kamu gunakan selanjutnya.

Dengan apk  ini kamu bisa memulihkan file dengan sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa konfirmasi klik untuk memulihkannya.

Menariknya, EaseUS Data Recovery tak hanya memulihkan data atau file yang terhapus dari satu sumber saja, melainkan dari sumber lainnya seperti hard disk, drive optik, kartu memori, perangkat iOS, kamera, dan dari perangkat penyimpanan Windows lainnya.

Software yang satu ini sendiri bisa digunakan pada perangkat macOS 10.15-10.9 dan Windows XP – 10, serta Windows Server 2012, 2008, dan 2003.

Untuk mengunduhnya kamu bisa klik disini.

PC Inspector File Recovery

Berikutnya ada aplikasi recovery data PC Inspector File Recovery.

Platform yang satu ini memiliki interface yang cukup rumit dan terkesan berantakan, sehingga kurang cocok digunakan oleh orang awam dan kamu harus berhati-hati untuk menggunakannya.

Selain itu, PC Inspector File Recovery hanya bisa digunakan pada drive FAT, NTFS dan sektor boot.

TestDisk – Aplikasi Recovery Data

TestDisk - Apk Recovery Data
TestDisk – Apk Recovery Data. (IST)

TestDisk  juga tak kalah menarik untuk kamu gunakan, aplikasi ini berfungsi untuk memulihkan partisi yang hilang, baik itu dokumen ataupun file penting lainnya.

Aplikasi ini berbasis open source dan multiplatform sehingga bisa digunakan pada berbagai OS.

Menariknya, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi kerusakan pada partisi hardisk, seperti file yang tiba-tiba menghilang.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya yaitu kesalahan konfigurasi saat instalasi dual-boot dengan Linux, software update, upgrade Windows.

Stellar Data Recovery

Stellar Data Recovery
Stellar Data Recovery. (IST)

Berikutnya, hadir software recovery data bernama Stellar.

Berbeda dengan platform sebelumnya, Stellar memiliki antarmuka yang lebih sederhana, sehingga cukup mudah untuk dioperasikan.

Aplikasi ini memiliki cara kerja yang cukup baik dalam memulihkan data yang terdapat pada PC atau laptop kamu, baik itu pada OS Windows ataupun Mac.

Nah, apabila kamu ingin memulihkan file atau data yang terhapus, kamu bisa mencoba aplikasi ini untuk mengatasinya.

PhotoRec

PhotoRec
PhotoRec. (IST)

File foto kamu terhapus pada laptop? Jangan khawatir, kamu bisa merecovery-nya dengan menggunakan PhotoRec .

PhotoRec merupakan salah satu software gratis dan cukup efektif yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan foto atau video yang terhapus pada perangkat yang kamu gunakan.

Meskipun memuat nama PhotoRec , tapi kamu bisa menggunakan apk ini untuk memulihkan berbagai jenis data lainnya, seperti data multimedia, arsip, dokumen, kartu memori dan masih banyak lagi.

Pandora Recovery

Pandora Recovery
Pandora Recovery. (IST)

Pada rekomendasi terakhir kamu bisa menggunakan Pandora Recovery  untuk memulihkan data yang terhapus pada perangkat PC atau laptop yang kamu gunakan.

Hanya saja, kamu tidak bisa mengembalikan data yang terhapus sebelum menggunakan aplikasi ini diinstal.

Untuk berjaga-jaga hal tersebut terjadi pastikan kamu sudah menginstal Pandora Recovery  atau apk recovery lainya.

BACA JUGA:  Aplikasi Mengembalikan Video yang Terhapus

Nah, itulah aplikasi recovery data yang bisa kamu gunakan pada PC atau Laptop yang kamu pakai.

 

Share.

Leave A Reply