Kini investasi bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan cara investasi bitcoin.

Seperti kita ketahui investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal baik secara langsung maupun tidak, dengan harapan mendapat keuntungan berlipat dikemudian hari dari hasil penanaman modal tersebut.

Banyak hal yang bisa diinvestasikan, mulai dari Deposito, emas, properti, saham, reksa dana, bitcoin dan masih banyak lagi.

Adapun beberapa tujuan investasi yang kamu lakukan yaitu, menyiapkan dan mewariskan dana pensiun, mengasah mental dan kemampuan wirausaha, menyiapkan dana tertentu, hingga mengembangkan aset dalam jangka waktu yang panjang.

Jika kamu seorang pemula dan bingung untuk melakukan investasi, kamu bisa mencoba investasi bitcoin.

Nah, agar kamu tidak mengalami kerugian saat berinvestasi, berikut kami akan mengulas cara investasi bitcoin pemula yang bisa kamu pahami terlebih dahulu.

Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula

Investasi bitcoin
Investasi bitcoin. (IST)

Kenali Potensi Investasi yang Akan Kamu Lakukan

Sebelum kamu melakukan investasi kamu harus mengetahui potensi investasi yang akan kamu lakukan.

Misalnya, kamu akan melakukan investasi bitcoin, maka kamu harus menanyakan terlebih dahulu peluang investasi bitcoin besar, menguntungkan atau bahkan sebaliknya.

Dengan begitu, kamu bisa menyimpulkan faktor dan resiko tak terduga bagi pelaku bisnis bitcoin agar lebih bisa sabar dan mengontrol emosi.

Nah, jika kamu sudah memahami potensi bitcoin, kini kamu hanya perlu mempelajari cara investasi bitcoin untuk pemula.

Tak jarang, dari mereka masih kebingungan saat akan memulai bermain investasi bitcoin, untuk menghilangkan kebingungan dan kekeliruan, yuk simak pembahasan di bawah ini.

Daftar Exchange

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai berinvestasi bitcoin yaitu mendaftar pada platform pertukaran dan penukaran.

Cari bursa bitcoin Indonesia terpercaya, tepat dan aman digunakan.

Setelah mendaftar, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu mulai proses KYC (Know Your Customer). Untuk mengisi proses tersebut kamu harus mengunggah foto KTP dan foto selfie pribadi.

Jika sudah mengunggah dokumen, kamu akan diminta untuk menunggu verifikasi akun selama 1×24 jam oleh platform pertukaran tersebut.

BACA JUGA: Aplikasi Crypto Terbaik

Membeli Bitcoin

Setelah akun kamu di verifikasi oleh pihak platform, pilih metode pembayaran yang tepat untuk membeli bitcoin.

Untuk membelinya kamu hanya perlu masuk ke bursa bitcoin dan pilih aset kripto yang ingin kamu beli.

Pada opsi ini kamu bisa membeli bitcoin sebanyak mungkin sesuai dengan keinginan dan harganya disesuaikan dengan kurs yang digunakan.

Jika prose pembelian bitcoin telah selesai, kamu bisa menyimpannya ke dalam dompet bitcoin atau dompet digital.

Trik investasi yang perlu kamu ketahui sebagai pemulai yaitu membeli bitcoin dengan harga termurah, dan menjualnya saat harga sedang melambung tinggi agar bisa memperoleh keuntungan.

Perdagangan Jual Beli Bitcoin

Agar bisa menganalisa dan menebak harga BTC, kamu harus memiliki beberapa strategi dalam trading bitcoin atau investasi jenis lainnya.

Berikut ada beberapa istilah cara trading yang bisa dilakukan oleh pemula.

Pertama Hold, istilah ini dikenal sebagai investasi jangka panjang, dimana setelah kamu melakukan pembelian bitcoin, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu dan dijual kembali saat harga bitcoin sedang naik.

Selanjutnya strategi Day Trading tau kamu melakukan pembelian dan penjualan bitcoin di hari yang sama.

Untuk menggunakan cara ini kamu harus mengawasi harga bitcoin yang bergerak dan menentukan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli bitcoin.

Kemudian, Pump and Dump yang berarti membeli bitcoin dalam jumlah yang banyak agar mempengaruhi harga bitcoin yang nantinya kau bisa menjualnya kembali saat harga naik.

Untuk mengkonfirmasi penjualan bitcoin kamu bisa memeriksa dashboard aplikasi pertukaran pilihan yang kamu gunakan dan kik menu dompet untuk memastikan saldo rupiah berhasil masuk ke rekening kamu.

Tips Investasi Bitcoin untuk Pemula

  1. Gunakan Hardware Wallet Bitcoin

    Hardware Wallet Bitcoin
    Hardware Wallet Bitcoin. (IST)
  2. Catat Situs Informasi Bitcoin
  3. Pakai Offline Wallet Bitcoin
  4. Install Software Anti Crypto Phising
  5. Nyalakan Fitur 2FA (2 Factor Authentication)
  6. Jangan Mudah Percaya Dengan Pesan di Internet
  7. Baca Review Layanan yang Dipakai
  8. Tidak Ada Bitcoin Gratis
  9. Gunakan Fitur Remote Access

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Investasi Bitcoin

Kelebihan

  • Potensi investasi yang bagus, karena bisa terjadi kenaikan harga berkali lipat di masa yang akan datang dan cukup menjanjikan.
  • Data pribadi terjaga dengan aman.
  • Bisa dilakukan untuk bertransaksi kapan saja atau 24 jam.
  • Transaksi yang dilakukan relatif mudah, cepat dan aman.

Kekurangan

  • Memiliki potensi penipuan yang cukup tinggi.
  • Volatilitas tinggi, dimana kamu bisa mengalami kenaikan dan penurunan nilai bitcoin secara drastik dalam waktu yang tidak bisa diperkirakan.

BACA JUGA: Aplikasi Investasi Terbaik Untuk Pemula

Nah, itu dia cara investasi bitcoin yang bisa kamu gunakan untuk pemula. Pastikan kamu memiliki strategi yang tepat untuk mendapat keuntungan.

 

Share.

Leave A Reply