Belum stabilnya kondisi virus di Indoneisa pemerintah menetapkan beberapa instansi pendidikan untuk melakukan kegitan belajar di rumah, untuk itu setiap siswa wajib memiliki aplikasi pembelajaran daring.

Untuk itu, Sebagian besar departemen Pendidikan melakukan pembelajaran secara online. Penerapan aktivitas tersebut dijalankan pemerintahan pusat untuk menghentikan penyebaran virus.

Nah, untuk membantu kamu melakukan pembelajaran secara online kami merekomendasikan beberapa aplikasi pembelajaran daring  terbaik yang banyak digunakan di tahun 2021

Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Daring

Berikut aplikasi online yang bisa menjadi alternatif untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar (KMB).

Ruangguru

Ruangguru
Ruangguru. (IST)

Siapa yang tidak mengenal aplikasi belajar online yang satu ini? Aplikasi terpopuler yang banyak digunakan.

Ruangguru mempunyai segudang fitur yang memudahkan kamu dalam memahami materi-materi pembelajaran.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai materi pelajaran lewat menonton video yang disesuaikan dengan jenjang Pendidikan dan kurikulum yang sedang kamu jalani.

Dalam membantu penerapan protocol Kesehatan yang dilakukan pemerintah, ruangguru juga menggelar Sekolah Online (e-learning) yang setiap harinya dapat kamu tonton melalui live streaming mulai pukul 08.00-12.00.

Rumah Belajar – Aplikasi Pembelajaran Daring

Rumah Belajar - Apk pembelajaran daring
Rumah Belajar – Apk pembelajaran daring. (IST)

Aplikasi belajar online kedua yaitu Rumah Belajar. Aplikasi ini merupakan aplikasi belajar online gratis milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (KEMENDIKBUD).

Sama seperti Ruangguru, aplikasi ini merupakan platform belajar yang menyediakan berbagai macam pembelajaran dengan konten berbasis audio visual, lengkap beserta elemen interaktif di dalamnya.

Terdapat banyak fitur unggulan pada aplikasi ini, diantaranya Sumber Belajar, laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Buaya dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Aplikasi belajar ini juga dapat kamu akses melalui browser di Laptop atau PC lewat halaman belajar kemendikbud.go.id

BACA JUGA: Aplikasi Belajar Bahasa Jepang di Android

Google Classroom

Google Classroom
Google Classroom. (IST)

Google Classroom merupakan perusahaan teknologi terbesar di dunia. Aplikasi ini terkoneksi dengan akun gmail yang dapat memudahkan kamu dalam mengaksesnya.

Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai tampilan seperti sebuah forum, dimana pengajar dan murid bisa berinteraksi di dalamnya. Missal mengerjakan tugas, memberi penilaian, hingga tanya jawab.

Tetapi aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk aplikasi kuliah online karena kurangnya konten interaktif yang menarik minat belajar pada anak-anak sekolah.

Edmodo – Aplikasi Pembelajaran Daring

Edmodo - Apk pembelajaran daring
Edmodo – Apk pembelajaran daring. (IST)

Aplikasi pembelajaran daring terbaik selanjutnya adalah Edmodo.

Aplikasi Edmodo memiliki tampilan dan fitur baru yang berfungsi untuk menghubungkan antara guru dan murid serta orang tua untuk mengetahui perkembangan belajar anaknya.

Selain kegiatan pembelajaran, dalam aplikasi ini guru bisa mendapatkan survey dari metode pembelajaran yang mereka lakukan dalam aplikasi ini.

Terdapat fitur pesan langsung juga pada aplikasi ini yang akan menghubungkan antara siswa dan guru secara personal.

Quipper

Quipper
Quipper. (IST)

Quipper merupakan platform belajar online terbaik selanjutnya, dimana aplikasi ini menyediakan opsi belajar offline.

Aplikasi ini juga tergolong memiliki materi pembelajaran yang sangat lengkap dan sesuai dengan kurikulum yang telah diterapkan oleh pemerintah.

Dan untuk kamu yang suka lupa jadwal belajar dalam aplikasi ini terdapat fitur pengingat jadwal belajar mingguan kamu agar lebih teratur.

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan konten-konten eksklusif tetapi untuk menikmati fitur tersebut kamu harus membayar biaya langganan terlebih dahulu.

Zenius

Zenius
Zenius. (IST)

Aplikasi yang hadir sejak 2004 ini, memiliki fitur yang sangat menunjang proses belajar, mulai SD,SMP,SMA hingga Kuliah.

Zenius juga memiliki fitur andalan yaitu simulasi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Yang kini menjadi salah satu persyaratan yang kerap kali diterapkan untuk masuk perguruan tinggi di Indonesia

Aplikasi ini juga menyediakan materi TryOut yang bisa kamu coba untuk Latihan mengerjakan soal, serta melihat hasil dan pembahasan dari soal yang telah kamu kerjakan.

Tidak heran aplikasi Zenius ini dinobatkan sebagai aplikasi pembelajaran daring Terbaik 2021 versi Android.

KelasKita

KelasKita
KelasKita. (IST)

Terakhir, ada aplikasi pembelajaran daring KelasKita yang menawarkan berbagai macam pilihan belajar yang bisa kamu lakukan dimana pun dan kapan pun.

Aplikasi ini memiliki salah satu fitur unik, yaitu fitur sosial yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan para pengguna KelasKita lainnya, sehingga proses belajarmu akan semakin menyenangkan.

BACA JUGA: Aplikasi Belajar Bahasa Arab di Smartphone

Nah, itulah aplikasi pembelajaran daring yang kami rekomendasikan untuk menunjang proses belajarmu di rumah. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply