RANCAH POST – HMD Global secara resmi telah mengumumkan kehadiran smartphone 5G seri Nokia X pertamanya yang dibuat khusus untuk pasar Amerika Serikat dengan operator T-Mobile, yakni Nokia X100.

HP 5G terbaru dari merek Nokia itu memiliki bodi berbahan plastik dengan lapisan matte dan di bagian belakangnya terdapat tonjolan berbentuk lingkaran tempat modul kameranya serta ada pula goresan logo khas Nokia.

Dengan ukuran 171.4 x 79.7 x 9.1 mm dan berat 217 gram, Nokia X100 menampilkan layar cukup besar yang dikelilingi oleh bezel lumayan tebal. Identik dengan hp Android lain dikelasnya, Nokia X100 juga hadir dengan pemindai sidik jari di samping yang berfungsi ganda sebagai tombol power.

Persis di atas pemindai sidik jarinya itu terpasang tombol kontrol volume, lalu di sisi kirinya disediakan sebuah tombol khusus untuk mengakses Google Assistant. Perangkat ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna, yaitu Midnight Blue yang membuatnya terkesan premium dan berkelas.

Mengenai spesifikasi, Nokia X100 mengemas panel berjenis IPS LCD seluas 6.67 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel yang memberikan aspek rasio 20:9. Untuk meminimalisir goresan, layar ponsel ini sudah dilapisi pelindung Gorilla Glass 3.

Di bagian atasnya ada satu buah speaker berikut punch hole berukuran mungil yang menampung kamera 16 MP (wide) untuk kebutuhan mengabadikan momen selfie serta video call. Sedangkan pada bezel bawahnya terdapat logo ikonik perusahaan.

Kamera belakangnya ada 4 buah dengan konfigurasi kamera utama 48 MP (wide, PDAF), ultrawide 5 MP, macro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Kamera tersebut didukung fitur Zeiss optics, LED flash, HDR dan panorama.

Nokia X100 ditenagai prosesor Snapdragon 480 5G buatan Qualcomm yang memang dirancang sebagai otak pacu bagi hp 5G menengah. Adapun prosesor tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB yang dapat diperluas lewat kartu microSD.

Dari segi perangkat lunak, perangkat ini menjalankan Android 11 yang diklaim akan mendapatkan update Android 12 untuk kedepannya. Tak ketinggalan, perusahaan juga menjanjikan pembaruan keamanan selama dua tahun.

Perihal catu daya, Nokia X100 ditopang baterai 4.470 mAh yang disebut mampu bertahan selama dua hari untuk penggunaan normal. Proses pengisian dayanya juga lumayan cepat berkat dukungan fitur fast charging 18W.

Di sisi konektivitas, handset ini punya dukungan slot dual SIM (nano) yang tentunya sudah support jaringan 5G SA/NSA, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, GPS (GLONASS, GALILEO), NFC, FM radio, USB-C, USB OTG dan jack audio 3.5 mm.

BACA JUGA: Nokia 225 4G Payment Edition Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 700 Ribuan

Di Amerika Serikat, Nokia X100 dilego dengan banderol 252 USD (sekitar Rp 3.6 jutaan) yang dapat dibeli mulai tanggal 19 November mendatang.

Share.

Leave A Reply