Pernahkah kalian mendengar aset? Aset merupakan hak yang berupa aktiva atau kepemilikan dan memiliki wujud atau bentuk aslinya. Aset digunakan untuk kegiatan produksi barang atau jasa. Contoh aset adalah tanah, gedung, bangunan, mesin, kendaraan, dan masih banyak lagi.

Aset juga memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan harus dikelola dengan baik karena merupakan harta perusahaan yang sifatnya jangka panjang. Kamu dapat menggunakan fitur software manajemen aset untuk mendapatkan laporan aset yang akurat dan cepat.

Perusahaan pasti memiliki aset. Jangankan perusahaan, setiap bisnis kecil saja pasti punya aktiva yang mereka harus dikelola dengan baik. Lantas apa saja manfaat dari software manajemen aset? Berikut adalah ulasan dan penjelasan yang dilansir dalam laman resmi HashMicro.

Manfaat Software Manajemen Aset

1. Identifikasi Aset Mudah

Menggunakan sistem, kamu dapat mencatat berbagai jenis aset beserta rinciannya dalam satu daftar yang terdapat nomor seri dan barcode sehingga akan memudahkan kamu dalam menemukan aset yang kamu cari.

2. Akurasi Nilai Aset

Melakukan identifikasi nilai aset untuk melihat apakah aset tersebut perlu dikembangkan lebih lagi atau tidak.

Selain itu, kamu juga bisa melihat laba atas sebuah investasi, dapat dikatakan dengan sebutan Return of Investment (ROI).

Tak hanya itu, dengan sistem ini, kamu juga bisa melihat biaya yang dikeluarkan untuk maintenance yang terakumulasi secara otomatis.

3. Maintenance Tepat Waktu

Dengan sistem ini, maka kondisi aset akan terjaga karena adanya notifikasi pengingat sehingga proses maintenance akan lebih mudah dilakukan baik dari proses, hingga pembayaran.

4. Penyewaan Aset Terkendali

Aset seperti gedung, perusahaan, dan kendaraan bisa saja disewakan kepada orang lain sehingga kamu dapat dikelola menggunakan sistem hingga biaya penyewaan dapat dilakukan di satu platform yang sama.

Manfaat dari software manajemen aset dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kamu jika ingin memilih sistem ini untuk membantu mengelola aset yang kamu miliki.

Selain itu, terdapat beberapa fitur unggul yang dapat kamu jadikan acuan lagi untuk memilih sistem ini.

Fitur-fitur Utama Software Aset

1. Asset Tracking

Ketika seseorang atau sebuah organisasi mungkin melakukan penyewaan terhadap aset kamu, maka kamu juga harus mencatat data secara lengkap agar penyewaan dilakukan secara jelas.

Maka, kamu dapat menggunakan salah satu fitur ini untuk menyimpan informasi nama penanggung jawab, nilai, lokasi, biaya, dan dokumen kontrak aset.

2. Cost Analysis

Dengan menggunakan sistem, maka pengeluaran akan lebih terjaga karena analisis biaya untuk aset merupakan pengambilan keputusan yang lebih bijak terhadap aset, apakah aset tetap harus digunakan, atau sebaiknya dijual, dan lain-lain.

3. Service Logs

Pengelolaan aset yang baik harus dilakukan pengecekan secara rutin, sehingga kamu membutuhkan fitur ini untuk menjadi pengingat setiap bulannya dan mengurus pengajuan proses administrasi dengan mudah.

4. Asset Stock Taking

Proses pengecekan dilakukan untuk memastikan jumlah aset yang dimiliki sama dengan yang ada di dalam sistem.

Pengecekan di dalam sistem dapat menggunakan integrasi barcode scanner HashMicro yang dapat kamu buat sendiri.

5. Contact Tracking

Selain dengan maintenance yang tinggi, kamu juga harus mengelola kontak aset baik dari biaya aktivasi, jenis kontrak, vendor, hingga premi asuransi bertujuan untuk mencatat data lebih jelas terkait dengan pengelolaan software.

6. Asset Reporting

Laporan yang baik adalah laporan yang mudah dibaca, dan dengan singkat dipaparkan. Dengan software manajemen aset, maka kamu bisa membuat laporan nilai aset dengan metrik relevan secara instan dan tampilan laporan hanya dengan diagram dan beberapa klik.Proses bisnis tentunya melewati berbagai macam tahap dan butuh usaha dalam merealisasikannya. Sehingga, dengan perkembangan teknologi yang ada diharapkan dapat membantu pengusaha untuk terus meningkatkan kualitas bisnis dengan penggunaan software yang berkualitas. Selain itu, menggunakan teknologi yang ada untuk mendorong modernisasi menuju perubahan yang lebih baik.

Share.

Leave A Reply