RANCAH POST – HMD Global kembali membuat kejutan dengan meluncurkan hp 5G murah Nokia G300. Ponsel tersebut mengusung spesifikasi entry level yang dijual dengan banderol harga sangat amat terjangkau.

Spesifikasi Nokia G300 memang masih kalah canggih dari hp 5G lain, namun hal ini dirasa cukup wajar mengingat harga pasarannya yang berkisar di angka Rp 2 jutaan.

Perangkat ini mengemas layar berdiagonal 6.52 inci dengan panel berjenis IPS LCD dimana resolusinya mentok di 720 x 1.600 piksel alias masih HD+. Layar Nokia G300 memiliki bezel cukup tebal.

Pada bagian bezel bawah tepatri logo khas ‘Nokia’, sedangkan di bezel atas terdapat satu buah speaker dan poni waterdrop yang dijadikan sebagai tempat bernaung sensor kamera 8 MP untuk menjepret foto selfie dan melakukan panggilan video.

Lalu di punggungnya ada modul berbentuk lingkaran sebagai penampung tiga kamera dan satu LED flash. Ketiga kamera yang dimaksud terdiri dari kamera utama 13 MP, ultrawide 5 MP dan depth sensor 2 MP.

Kerennya lagi, kamera belakang ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur EIS (Electronic Image Stabilization) yang berguna untuk meredam guncangan saat pengguna sedang mengambil foto. Selain itu, kamera ini juga mendukung perekaman video 1080p pada 30fps.

Jeroan perangkat dipercayakan pada SoC Snapdragon 480 5G yang dibantu RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Ada pula slot kartu microSD sehingga pengguna dapat menambah kapasitas penyimpanan perangkat lewat kartu microSD.

Di bagian samping perangkat ada tombol untuk mengatur volume serta pemindai sidik jari yang merangkap dengan tombol daya. Selain fingerprint, Nokia G300 juga mendukung fitur Face Unlock yang artinya pengguna dapat membuka kunci layar menggunakan wajah.

Bicara tentang fitur, ponsel yang memiliki ketebalan bodi 9.3 mm dan berjalan di OS Android 11 ini juga sudah dibekali NFC dan FM radio. HP terbaru pabrikan Nokia satu ini ditopang baterai 4.470 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 2 hari untuk penggunaan normal.

Baterai tersebut juga telah dilengkapi teknologi pengisian cepat (fast charging) 18W dengan port berjenis USB Type-C 2.0.

HP Nokia G300 saat ini baru tersedia di Amerika Serikat yang bisa dibeli mulai tanggal 19 Oktober lewat Tracfone dan Straight Talk Wireless. Di Negeri Paman Sam ponsel tersebut dijual dengan banderol 199 USD (sekitar Rp 2.7 jutaan).

BACA JUGA: Tablet Nokia T20 Meluncur, Punya Sertifikasi IP52 dan Baterai 8200 mAh

Belum ada informasi mengenai ketersediaannya di pasar lain termasuk Indonesia.

Share.

Leave A Reply