RANCAH POST – Nokia terakhir kali merilis tablet buatannya pada bulan November tahun 2014 silam lewat Nokia N1. Sekarang, perusahaan yang berbasis di Finlandia itu telah comeback ke industri tablet dengan meluncurkan Nokia T20.

Ya, Nokia T20 menjadi tablet teranyar perusahaan setelah absen kurang lebih sekitar 7 tahunan. Untuk permulaan, tablet ini menyambangi pasar Eropa terlebih dahulu dan mungkin baru akan masuk ke Indonesia paling lambat awal tahun 2022.

Perangkat yang satu ini disebut-sebut mengusung desain Nordic dengan bodi yang terbuat dari aluminium sandblaster dan sudah mengantongi sertifikasi rating IP52 sehingga tahan terhadap debu dan percikan air.

Untuk display, tablet ini memiliki layar seluas 10.4 inci yang menggunakan panel LCD berjenis IPS dengan resolusi 2K (1.200 x 2.000 piksel).

Jantung pacunya diserahkan pada chip Unisoc Tiger T610 yang memiliki fabrikasi 12 nm, dan diracik dengan dua konfigurasi memori, yaitu 3 GB/ 32 GB dan 4 GB/ 64 GB.

Nokia T20 disuplai oleh baterai berdaya tampung 8.200 mAh yang diklaim perusahaan tahan hingga 15 jam ketika digunakan secara terus menerus. Artinya, tablet ini mampu bertahan hingga seharian lebih untuk penggunaan normal.

Di sektor kamera, HMD Global membekalinya dengan kamera tunggal baik di depan maupun di belakang. Kamera depannya sendiri dianugerahi sensor 5 MP, sedangkan untuk kamera belakang menggunakan sensor 8 MP.

Tablet dengan dimensi bodi 247.6 x 157.5 x 7.8 mm dan bobot 407 gram itu berjalan di sistem operasi Android 11. Pihak perusahaan berjanji akan memberikan dukungan update OS hingga 2 tahun dan update bulanan security patch selama 3 tahun ke depan.

Fitur lainnya mencakup Face Unlock, OZO Audio, Dual Microphone, Bluetooth 5.0, port USB Type-C, Google Kidspace, Google Entertainment Space, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dan jack audio 3.5 mm.

Nokia T20 rencananya akan mulai dijual di Eropa tanggal 11 Oktober dengan banderol 180 poundsterling (Rp 3.4 jutaan) untuk varian WiFi only dan 200 poundsterling (Rp 3.8 jutaan) untuk versi WiFi + Cellular. Tablet ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna, yaitu Deep Ocean.

BACA JUGA: Dibanderol Harga Sejutaan, Nokia C20 Resmi Beredar di Indonesia

Hingga sejauh ini masih belum ada tanda-tanda kapan tablet tersebut akan dirilis di Indonesia. Namun satu hal yang pasti, saat ini perangkat tersebut sudah dipajang di situs resmi Nokia Indonesia.

Share.

Leave A Reply