RANCAH POST – Apakah Anda merasa tertarik untuk mencoba menggunakan aplikasi GB WhatsApp? Menginstal aplikasi tersebut memang tidak dilarang oleh Undang-undang, tapi sebelum itu alahkah baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan GB WhatsApp.

Apa itu GB WhatsApp?

Ini merupakan sebuah aplikasi jelmaan dari WhatsApp Plus. Singkatnya, GB WhatsApp adalah aplikasi WhatsApp hasil modifikasi yang mana di dalam aplikasi ini terdaftar beberapa fitur keren yang tidak bisa ditemukan di aplikasi WhatsApp reguler.

Nah, aplikasi GB WhatsApp atau WhatsApp Plus sekarang ini sudah diblokir dari Google Play Store. Artinya, GB WA tidak bisa lagi dijumpai di toko aplikasi resmi khusus perangkat Android tersebut.

Kendati begitu, bukan berarti pengguna hp Android tidak akan pernah lagi bisa mendownload dan menginstal GB WhatsApp. Kenapa? Sebab masih ada toko aplikasi pihak ketiga yang menyediakan GB WA.

Lantas apa saja kekurangan dan kelebihan GB WhatsApp? Berikut adalah penjelasannya.

BACA JUGA: Cara Download Aplikasi WhatsApp Transparan di Android

Kelebihan dan Kekurangan GB WhatsApp

Kelebihan GB WhatsApp

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh GB WhatsApp adalah bisa diinstal secara bersamaan dengan WhatsApp asli di satu hp Android yang sama.

Jadi nantinya, akan ada dua akun WA di hp Anda, dengan begitu Anda tidak perlu lagi repot menggunakan aplikasi clone ketika ingin membuat dua akun WA dalam satu hp.

Adapun kelebihan lain dari aplikasi WA GB yang selengkapnya bisa Anda cek di bawah ini.

  • Bisa mengirim pesan secara otomatis. Fitur ini akan sangat berguna jika Anda sedang menjalankan suatu bisnis.
  • Bisa membaca pesan WA yang sudah ditarik atau dihapus si pengirim. Ya, dengan GB WhatsApp Anda jadi bisa membaca pesan yang dihapus oleh pengirim.
  • Dapat mengubah tema sepuasnya secara gratis. Ini adalah kelebihan dari GB WhatsApp yang banyak dicari oleh pengguna Android di Tanah Air. Di GB WhatsApp telah tersedia fitur ‘Tema’ yang mana didalamnya terdapat banyak sekali pilihan tema yang keren dan lucu-lucu.
  • Memungkinkan Anda untuk membaca pesan tanpa muncul tanda centang biru.
  • ¬†Munculnya notifikasi online kontak tertentu. Nah, di GB WhatsApp Anda juga bisa mengetahui online atau offline-nya teman Anda.
  • Download status WA orang lain tanpa aplikasi tambahan.
  • Dapat membuat status WA panjang lebih dari 30 detik dan mengirim video lewat chat dengan ukuran lebih dari 40 MB.
  • Menyembunyikan status online atau sebaliknya.
  • Merubah bentuk tulisan atau font secara gratis.
  • Terakhir, bisa mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor.

Kekurangan GB WA

Namun dibalik semua kelebihannya di atas, GB WA juga memiliki beberapa kekurangan.

1. Rawan kebocoran data. Berbeda dengan pesan di aplikasi WhatsApp original yang telah di enkripsi end-to-end, dimana semua pesan, foto, voice note, dokumen dan lain-lain hanya dapat lihat oleh Anda dan lawan chat Anda.

Nah, berbeda dengan GB WhatsApp yang belum menerapkan sistem enkripsi end-to-end, dimana pihak developernya bisa membaca semua pesan di akun Anda.

2. Aplikasinya susah didapat. Hal ini dikarenakan GB WhatsApp tidak ada di Play Store, jadi untuk mencarinya mau tidak mau Anda harus membuka web-web tertentu dengan banyaknya iklan yang sangat mengganggu.

3. Banyak fitur yang dapat membingungkan pengguna.

4. Sering tiba-tiba force close.

BACA JUGA: Cara Mengirim Pesan Whatsapp ke Banyak Nomor Tanpa Aplikasi

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan GB WhatsApp yang harus Anda ketahui.

Share.

Leave A Reply