Aplikasi edit PDF terbaik wajib banget untuk kamu miliki, mengingat sekarang ini format PDF semakin banyak digunakan dibandingkan format lainnya.

Dengan aplikasi tersebut kamu bisa melakukan editing terhadap file PDF, mulai dari mengedit teks, menambahkan gambar, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Ada yang bisa digunakan di PC/laptop, dan ada juga yang bisa digunakan di smartphone Android. Kamu bisa bebas memilih mau menginstall aplikasi untuk PC atau smartphone.

Setiap aplikasi dilengkapi dengan banyak fitur keren, bahkan ada yang bisa mengkonversi file PDF ke format lainnya, lho.

Daftar Aplikasi Edit PDF di Android dan PC

Langsung saja, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit PDF di Android dan PC yang bisa kamu pilih.

OfficeSuite + PDF Editor

Aplikasi pertama yang bisa kalian gunakan di smartphone Android untuk mengedit PDF adalah OfficeSuite + PDF Editor.

Selain mengedit, dengan aplikasi ini kamu juga bisa membuat dan melihat berbagai jenis dokumen, seperti PDF, Word, Excel, PowerPoint, dan lainnya.

Menariknya, OfficeSuite + PDF Editor memungkinkan penggunanya untuk berbagi dokumen dengan orang lain lewat layanan penyimpanan Box, DropBox, Google Drive, OneDrive, dll.

PDFelement – Free PDF Reader and Annotator

PDFelement Free PDF Reader and Annotator
PDFelement – Free PDF Reader and Annotator. (IST)

Mencari aplikasi edit PDF terbaik dan juga gratis di Android? PDFelement – Free PDF Reader and Annotator menjadi pilihan yang pas untuk kalian unduh di Android.

Cuma dengan aplikasi ini, kamu pun bisa melakukan berbagai pilih editing PDF mulai dari menambahkan komentar, tulisan tangan, hingga menggarisbawahi sebuah kata atau kalimat.

Lalu, terdapat juga fitur yang memungkinkan kalian menggabungkan beberapa PDF menjadi satu dokumen yang baru.

BACA JUGA: Aplikasi PDF Reader untuk Android dan PC/Laptop Windows

Xodo PDF Reader & Editor

Xodo PDF Reader Editor
Xodo PDF Reader & Editor. (IST)

Dengan yang tinggi dan jumlah unduhan yang banyak, membuat Xodo PDF Reader & Editor recommended banget diinstall di HP kalian.

Aplikasi besutan developer Xodo Technologies Inc. ini dilengkapi dengan banyak fitur yang dapat diakses secara gratis.

Beberapa fitur tersebut adalah memungkinkanmu mengedit PDF, menambahkan objek, menambahkan anotasi, mengisi formulir, dan mengatur orientasi halaman.

Kamu juga bisa menyinkronkan aplikasi Xodo PDF Reader & Editor dengan Google Drive, OneDrive, dan Dropbox.

WPS Office – Aplikasi Edit PDF

WPS Office Aplikasi Edit PDF
WPS Office – PDF, Word, Excel, Novel, Buku gratis. (IST)

WPS Office menjadi salah satu aplikasi office Android terbaik yang bisa diandalkan untuk mengelola dokumen lewat ponsel.

Pasalnya, fitur yang ada di dalamnya sangat mendukung untuk hal tersebut. WPS Office juga mendukung abnyak format file, mulai dari PDF, Excel, Word, hingga PowerPoint.

Pantas saja jika aplikasi yang dibesut oleh developer WPS SOFTWARE PTE. LTD. ini telah diunduh lebih dari 100 juta user dengan rating tinggi.

Adobe Acrobat Reader: PDF Viewer, Editor & Creator

Adobe Acrobat Reader PDF Viewer Editor Creator
Adobe Acrobat Reader: PDF Viewer, Editor & Creator. (IST)

Ternyata perusahaan pembuat format file PDF yakni Adobe System juga memiliki aplikasi edit PDF yang dapat diakses di smartphone Android.

Dan aplikasinya diberi nama Adobe Acrobat Reader: PDF Viewer, Editor & Creator. Aplikasi ini punya fitur-fitur yang keren dan mumpuni.

Kamu pun bisa dengan mudah mengedit PDF, mencetak PDF, menambahkan tanda tangan, menambahkan anotasi, hingga mengkonversi PDF ke format file lainnya.

PDF Extra

PDF Extra – Scan, View, Fill, Sign, Convert, Edit memiliki fitur sama seperti aplikasi sejenisnya. Yakni seperti menambahkan komentar, garis bawah, dan lainnya.

Tapi yang menjadikan aplikasi istimewa ketimbang aplikasi lainnya adalah karena kehadiran fitur Text to Speech.

Fitur tersebut memungkinkan PDF Extra mendeteksi kata dalam dokumen yang kamu buka, lalu membacakannya.

Sehingga fitur ini bisa dimanfaatkan oleh kamu yang malas membaca PDF yang panjang. Cukup dengarkan karena aplikasi akan membacakannya dengan teknologi AI-nya.

Adobe Acrobat DC – Aplikasi Edit PDF PC

Adobe Acrobat DC - Aplikasi Edit PDF
Adobe Acrobat DC. (IST)

Jika beberapa aplikasi edit PDF tadi bisa digunakan di Android, untuk yang berikutnya ini khusus untuk PC/laptop Windows.

Adobe Acrobat DC bukan termasuk aplikasi gratis sehingga kamu harus melakukan pembayaran untuk mengaksesnya. Tapi jika ingin menggunakannya secara gratis, kalian bisa memanfaatkan masa uji coba.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe System ini memiliki kemampuan mengedit file PDF, menandatangani, membuat PDF, melakukan konversi PDF, menggabungkan PDF, dan lainnya.

Foxit PhantomPDF

Foxit PhantomPDF
Foxit PhantomPDF. (IST)

Sama seperti Adobe Acrobat DC, Foxit PhantomPDF juga merupakan aplikasi pengedit PDF terbaik untuk PC/laptop.

Aplikasi ini memiliki fitur editor yang canggih sehingga bisa mempertahankan tata letak dokumen dengan rapi, pengguna pun tak perlu khawatir jikalau taat letaknya jadi berantakan.

Dengan Foxit PhantomPDF, kamu bisa menghapus, menambahkan teks, mengubah jensi font, ukuran, efek dan melakukan kustomisasi terhadap tampilan PDF.

BACA JUGA: Aplikasi Convert PDF to Word di HP dan PC

Itu dia, aplikasi edit PDF terbaik yang bisa digunakan di PC dan Android. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply