RANCAH POST – Cara menghapus cache WhatsApp merupakan salah satu hal paling penting yang wajib diketahui. Sebab, cara ini juga merupakan solusi alternatif untuk mengosongkan ruang penyimpanan pada smartphone.

Artinya, jika pada saat ini smartphone yang kamu gunakan mengalami masalah ruang penyimpanan hampir habis, maka kamu dapat mengatasinya dengan cara membersihkan cache aplikasi WhatsApp.

Penjelasan singkatnya begini, ketika menggunakan sebuah aplikasi baik itu aplikasi chat, game maupun aplikasi belanja online pastinya akan menghasilkan cache. Nah, cache sendiri merupakan data sementara yang dapat membuat sebuah aplikasi bekerja lebih cepat.

Setiap aplikasi biasanya memiliki file cache tersendiri yang tersimpan di ruang penyimpanan alias File Manager. Apabila tidak dibersihkan, file cache ukurannya akan terus membengkak hingga akhirnya menyebabkan kinerja ponsel jadi lemot serta muncul notifikasi ruang penyimpanan hampir penuh.

Penggunaan WhatsApp juga dapat menghasilkan cache yang cukup banyak, mulai dari cache status, pesan audio, stiker, gambar hingga video yang dikirim oleh teman kamu lewat grup atau secara personal dapat menguras ruang penyimpanan.

Oleh sebab itu, agar kinerja ponsel kembali prima sebaiknya kamu segera melakukan pembersihan cache. Cara menghilangkan cache WhatsApp sendiri bisa dilakukan secara manual atau menggunakan bantuan aplikasi pembersih cache.

BACA JUGA: Cara Spam Chat WA, Kirim Ribuan Pesan Hanya Dengan Sekali Klik

Cara Menghapus Cache WhatsApp

Langsung Dari Aplikasi WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu, kemudian klik icon titik tiga di pojok kanan atas layar lalu pilih menu Settings.

Cara bersihkan cache WA
Cara bersihkan cache WA. (SS)

2. Langkah selanjutnya klik menu Storage and Data > Manage Storage Data.

Cara menghapus data WA tanpa menghilangkan chat
Cara menghapus data WA tanpa menghilangkan chat. (SS)

3. Pada menu tersebut akan ditampilkan total cache dari aplikasi WhatsApp. Selain itu, pada menu ini kamu juga dapat melihat foto, video, dan audio yang menyebabkan ruang penyimpanan ponsel jadi penuh.

Cara menghapus cache status WA
Cara menghapus cache status WA. (SS)

4. Pada bagian bawahnya, kamu akan menemukan daftar kontak dengan kapasitas memori paling besar baik itu grup atau personal.

5. Selanjutnya, kamu hanya tinggal memilih file mana yang ingin dihapus. Jika ingin menghapus semuanya, centang kolom Select All di pojok kanan atas dan klik logo tong sampah.

6. Setelah file tersebut dihapus, kamu akan melihat penurun jumlah cache pada bar Manage Storage.

Dari Menu Pengaturan

Cara bersihkan cache WA juga bisa kamu lakukan dari menu Pengaturan ponsel. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk memberantas cache hingga ke akar-akarnya.

1. Buka menu Pengaturan di ponsel kamu, kemudian cari menu Apps.

2. Kemudian scroll ke bawah dan cari aplikasi WhatsApp.

Cara hapus cache WhatsApp
Cara hapus cache WhatsApp. (SS)

3. Jika sudah ditemukan, langsung saja kamu klik kemudian pilih Storage dan terakhir tinggal klik tombol Clear Cache di pojok kiri bawah layar.

Clear cache WhatsApp
Clear cache WhatsApp. (SS)

4. Ingat kamu harus mengklik tombol Clear Cache jangan memilih Clear Data, sebab apabila kamu mengklik tombol tersebut akan semua riwayat chat beserta akun WhatsApp kamu bakal ikut terhapus.

BACA JUGA: Cara Menggunakan 1 No WA di 2 HP Tanpa WhatsApp Web

Itulah dua cara menghapus cache WhatsApp termudah yang bisa kamu coba.

Share.

Leave A Reply