RANCAH POST – Salah satu kendala yang sering dikeluhkan oleh pengguna WhatsApp adalah aplikasi WhatsApp yang terpasang di smartphonenya tidak bisa terbuka karena Kadaluarsa. Jika kamu pun sedang mengalami masalah serupa, tenang saja sebab kamu bisa mencoba cara memperbarui WhatsApp yang kadaluarsa.

FYI, pada tahun 2013 pihak WhatsApp mewajibkan semua penggunanya untuk mengeluarkan biaya sebesar 1 Dollar untuk memperpanjang akun WhatsApp agar tidak kadaluarsa.

Kemudian di tahun 2014, Mark Zuckerberg memutuskan untuk mengakuisisi WhatsApp dan membuatnya menjadi berada dibawah naungan Facebook. Sejak saat itu, aplikasi WhatsApp yang kita kenal sekarang pun digratiskan dan bisa dinikmati oleh semua pengguna.

Jika sudah gratis, kenapa pada saat saya membuka aplikasi WhatsApp muncul pemberitahuan aplikasi sudah kadaluarsa? Jangan panik dulu, sebab cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa sangatlah mudah.

Berikut adalah langkah-langkah cara memperbarui WhatsApp kadaluarsa.

BACA JUGA: Cara Membalas Pesan WhatsApp Otomatis

Cara Memperbarui WhatsApp yang Kadaluarsa

Tentu saja solusi jitu untuk mengatasi WhatsApp kadaluarsa adalah dengan memperbarui aplikasinya dari toko aplikasi resmi Google Play Store apabila kamu menggunakan perangkat Android atau dari Apple App Store apabila kamu memakai perangkat iOS.

1. Buka Google Play Store, lalu ketikan kata kunci WhatsApp pada kolom pencarian > Update.

Cara memperbarui aplikasi WhatsApp
Cara memperbarui aplikasi WhatsApp. (SS)

2. Atau bisa juga klik icon garis tiga di pojok kiri atas layar > pilih menu Aplikasi dan Game Saya > Cari WhatsApp > Update.

Cara mengatasi WA kadaluarsa
Cara mengatasi WA kadaluarsa. (SS)

3. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai, lalu masuk lagi ke aplikasinya.

Lalu apa jadinya jika aplikasi WhatsApp gagal diperbarui dari Google Play Store? Kamu bisa mengklik tombol Unduh seperti yang ada gambar berikut ini.

WhatsApp Kadaluarsa
WhatsApp Kadaluarsa. (SS)

Selain itu, kamu juga bisa memperbaruinya melalui situs penyedia aplikasi seperti ApkPure, Uptodown, Mobomarket dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana solusinya jika pada saat pemberitahuan kadaluarsa muncul di saat yang tidak tepat, misalnya kuota internet kamu sekarat atau kamu sedang berada di tempat yang tidak yang tidak memungkinkan untuk mendownload pembaruan.

Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan memundurkan tanggal di smartphone kamu menjadi lebih awal sebelum tanggal kadaluarsa.

Contohnya apabila di pemberitahuan aplikasi WhatsApp di hp kamu disebut kadaluarsa pada tanggal 26 Desember 2020, maka kamu tinggal mengatur waktu dan tanggal di hp kamu menjadi sebelum tanggal 26.

BACA JUGA: Cara Mengirim Pesan Whatsapp ke Banyak Nomor

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WhatsApp kadaluarsa agar bisa digunakan kembali.

Share.

Leave A Reply