RANCAH POST – Tergiur dengan kesuksesan Apple yang berhasil menjual perangkat iPhone 12 tanpa charger, HMD Global juga dilaporkan akan melakukan hal yang sama terhadap ponsel Nokia X20.

Kabar mengenai hal tersebut berasal dari pengguna Twitter TechDroider. Dalam cuitannya ia mengungkapkan bahwa Nokia X20 akan dijual tanpa charger dengan tujuan untuk mengurangi dampak ekologis.

Ya, HDM Global bukanlah brand pertama yang menjual smartphone tanpa charger, sebab Apple dan Samsung juga sudah mulai tidak mengikutsertakan charger ke dalam kontak penjualan ponsel mereka.

Bahkan Xiaomi juga ikut melakukan hal yang sama dimana perusahaan asal China tersebut menghilangkan charger dari box Mi 11. Belum diketahui apakah keputusan HMD Global untuk menjual Nokia X20 tanpa charger ini akan berlaku di semua wilayah atau hanya di pasar tertentu saja.

Jika memang benar Nokia X20 akan dijual tanpa charger, HMD Global harus mempertimbangkannya secara matang-matang sebab konsumen pastinya tidak mau mengeluarkan uang lebih hanya untuk membeli pengisi daya.

Nokia X20 sendiri memiliki baterai berkapasitas 4.470 mAh yang mendukung fast charging 18W dengan kabel USB Type-C.

Smartphone ini tiba dengan membawa prosesor Snapdragon 480 5G yang disandingkan dengan RAM 6 GB dan 8 GB serta memori internal 128 GB.

Urusan kamera, HMD Global membekalinya dengan sistem quad camera dibelakang yang dikemas dalam modul berbentuk lingkaran. Adapun keempat kamera yang dimaksud terdiri dari sensor utama 64 MP, ultrawide 5 MP, macro 2 MP dan depth sensor 2 MP.

Kamera depannya beresolusi 32 MP yang disematkan dalam punch hole mungil di bagian tengah atas layarnya. Berbicara soal layar, ponsel ini memiliki layar IPS LCD berukuran 6.67 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan sudah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Spesifikasi pendukung lainnya mencakup sistem operasi Android 11, Dual SIM (nano), jaringan 4G, slot kartu microSD, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, NFC, FM radio, dan fingerprint di samping.

BACA JUGA: HMD Global Garap Ponsel Nokia Baru dengan Kamera 108 MP dan 5G

Hadir dalam varian Midnight Sun dan Nordic Blue, Nokia X20 dijual di Eropa seharga 349 Euro (sekitar Rp 6 juta).

Share.

Leave A Reply