Cara membersihkan layar laptop harus dilakukan dengan baik dan benar agar perangkat kalian bisa tetap kinclong serta terbebas dari debu atau pun kotoran.

Kendati merupakan kegiatan yang tidak menguras banyak tenaga, ternyata masih saja ada sebagian orang yang jarang membersihkan layar laptop.

Padahal laptop atau PC sekarang ini menjadi sebuah barang yang sangat diperlukan, misalnya dalam hal pekerjaan dan proses pembelajaran yang saat ini dilakukan secara daring.

Selain itu, laptop juga kerap digunakan oleh mereka yang mungkin hanya sekedar untuk browsing tentang informasi-informasi terkini.

Tentu laptop yang sering dipakai harus dirawat. Tidaknya membersihkan keyboard-nya saja, namun layarnya pun tak boleh luput dari perhatian pemiliknya.

Meski terlihat mudah, nyatanya membersihkan layar laptop itu sedikit lebih tricky dan perlu berhati-hati.

Kalian disarankan untuk tidak terburu-buru atau membersihkannya secara asal-asalan. Terutama pada alat dan cairan pembersihnya, kita harus bisa memilihnya dengan benar.

Jika sembarangan, bisa saja layar laptop-mu malah rusak hingga akhirnya tidak bisa digunakan.

Agar tidak terjadi demikian, di kesempatan kali ini Rancah Post akan menyiapkan pembahasan mengenai tips and trik membersihkan layar laptop.

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Kotor

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti ketika hendak bersihkan layar laptop. Yuk simak cara-caranya!

Matikan terlebih dahulu laptop kamu

Langkah pertama yang mesti dilakukan sebelum melakukan cara berikutnya adalah mematikan laptop atau komputer terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk menghindari konsleting listrik dan debu pun akan lebih terlihat. Dengan begitu kalian akan lebih mudah melihat debu di layar laptop saat laptop dimatikan.

Kalau debu dan kotoran yang menempel terlihat jelas, kalian pun dapat dengan mudah membersihkannya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Secara Mendadak

Membersihkan layar laptop dengan kain

Cara membersihkan monitor laptop selanjutnya adalah dengan mengusapkan kain khusus ke layar-nya.

Namun, gunakanlah kain yang lembut seperti microfiber dan kain lain yang direkomendasikan untuk membersihkan laptop. Maka hindarilah pemakaian kain yang kasar karena bisa membuat layar baret.

Jika noda sulit dibersihkan, kamu bisa menggunakan cairan pembersih yang aman dan khusus untuk membersihkan layar laptop.

Hindari pemakaian tissue karena bisa meninggalkan serpihan atau serat tambahan pada layar.

Cara membersihkannya adalah semprotkan cairan pembersih yang sudah direkomendasikan tadi secara sedikit-sedikit pada kain microfiber.

Hindari menyemprotkan cairan secara langsung ke layar laptop karena bisa meningkatkan risiko konsleting dan kerusakan layar.

Kain microfiber yang sudah disemprotkan cairan bisa dilapkan ke layar secara pelahan.  Jangan ditekan, cukup usap saja secara perlahan sampai noda hilang.

Diamkan sampai benar-benar kering

Cara membersihkan layar laptop yang terakhir adalah membiarkannya hingga kering secara alami atau setelah kalian membersihkannya.

Karena jika tidak benar-benar kering, laptop kamu bisa saja mengalami kerusakan yang terjadi akibat sisa cairan yang mengembun di layar.

Selain itu, hindari menggunakan alat pengering seperti hairdryer karena bisa mengakibatkan kerusakan.

Tambahan, jika layar laptop-mu hanya kotor karena debu, bersihkan saja dengan menggunakan lap kering yang sudah direkomendasikan, salah satunya adalah microfiber.

Proses pembersihan tetap dilakukan secara perlahan ya, guys jangan sampai kalian melakukannya terlalu kuat atau terlalu menekan karena bisa menimbulkan kerusakan.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Earphone yang Kotor Agar Kembali Kinclong

Itu dia cara membersihkan layar laptop yang kotor yang sudah kami jelaskan. Ingat, kalian harus berhati-hati dalam membersihkannya! Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply