Minggu, 27 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Membersihkan Earphone yang Kotor Agar Kembali Kinclong

Cara Membersihkan Earphone yang Kotor Agar Kembali Kinclong

Cara membersihkan earphone yang baik dan benar wajib untuk dilakukan, baik yang warna putih atau hitam. Pasalnya, kebersihan earphone yang kerap kita gunakan setiap hari itu harus diperhatikan.

Seperti yang sudah kita ketahui, earphone menjadi salah satu alat yang kerap kita gunakan, seperti ketika mendengarkan musik, menelepon, main game, dan lain sebagainya di HP atau PC/laptop.

Saking pentingnya, bahkan sejumlah orang selalu membawa earphone ke mana saja mereka pergi agar mereka bisa dengan mudah menggunakannya ketika dibutuhkan.

Tak heran jika earphone pun selalu menjadi barang yang wajib dan tak boleh ketinggalan di tas mereka.

Kendati menggunakan earphone itu mengasyikan, namun hindari menggunakannya terlalu lama karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan pendengaran.

Selain itu, earphone yang kerap kita gunakan setiap hari tidak menutup kemunginan banyak kuman yang menempel di sana. Sayangnya, para pengguna jarang menyadari hal tersebut.

Oleh sebab itu, lebih perhatikan lagi durasi penggunaan dan kebersihan earphone agar tak berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Berkaitan dengan hal tersebut, di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan beberapa cara-cara agar earphone tetap bersih. Mulai dari bagian kepala hingga kabelnya.

Cara Membersihkan Earphone dari Kepala Hingga Kabel

Langsung saja, berikut ini cara-cara sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga earphone tetap bersih.

Cotton buds

Cotton buds biasanya kerap dipakai untuk membersihkan telinga kita agar semua kotoran yang menempel dapat hilang. Namun selain itu, cotton buds juga bisa kita gunakan untuk membersihkan kotoran pada earphone.

Caranya, siapkan cotton buds lalu bersihkan lubang-lubang earphone secara perlahan ya, guys. Selain menggunakan cotton buds, kamu juga bisa memanfaatkan tusuk gigi.

Dengan cairan disinfektan

Cara membersihkan earphone dengan mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan disinfektan agar tidak hanya kotoran yang hilang, namun juga bakterinya.

Caranya, campurkan cairan disinfektan dengan air hangat, dengan perbandingan 30% cairan dan 70% air hangat.

Lalu, gunakan kain microfiber pada campuran disinfektan dan air hangat untuk dilap ke eraphone, mulai dari earbud hingga kabel. Lakukan secara perlahan dan hati-hati.

Bersihkan kabel dengan baby oil

Baby oil ternyata cukup bisa kita andalkan sebagai salah satu bahan untuk membantu membersihkan kabel earphone. Caranya, siapkan kapas secukupnya lalu tuangkan baby oil secukupnya.

Kemudian, gosokkan kapas tersebut pada bagian kabel earphone serta earbu secara perlahan sampai bersih. Setelah selesai dan dirasa sudah bersih, keringkan earphone agar bisa digunakan lagi.

Pakai minyak kayu putih

Selain baby oil, cara membersihkan kabel earphone yang kotor, baik warna putih atau hitam juga bisa dengan menggunakan minyak kayu putih.

Caranya, teteskan minyak kayu putih pada kapas, lalu mulailah gosokkan pada kabel dan bagian earbud sampai bersih. Jika sudah, langsung keringkan.

Dengan sikat gigi

Tidak hanya bisa membersihkan gigi kita dari kuman serta sisa-sisa makanan yang menempel, sikat gigi juga bisa kita gunakan untuk membersihkan earphone yang kotor.

Sikat gigi diyakini efektif membersihkan lubang-lubang pada kepala earphone. Ketika menyikat lubang-lubangnya, posisikan sikat gigi sedikit ke bawah.

Selain itu, kamu bisa menambahkan sedikit pasta gigi untuk membersihkan bagian kabelnya. Dengan begitu, earphone kamu bakal bersih lagi.

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah Pilih, Kenali Dulu 5 Tipe Headphone dan Earphone Ini!

Itulah beberapa cara membersihkan earphone dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan pastinya mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,949FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan