Rabu, 30 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Jangan Sampai Salah Pilih, Kenali Dulu 5 Tipe Headphone dan Earphone Ini!

Jangan Sampai Salah Pilih, Kenali Dulu 5 Tipe Headphone dan Earphone Ini!

RANCAH POST – Untukmu yang akan membeli sebuah Headpohone dan juga Earphone tentunya kamu mempunyai model dan pilihan yang harus cocok untukmu. Bermacam bentuk Headphone dan juga Earphone dibuat oleh perusahaan bukan semata-mata untuk mengikuti trend saja. Maka dari itu, kamu harus mengetahui tipe-tipe Headphone dan Earphone dengan benar.

Beragam jenis Headphone dan juga Earphone ini dibuat untuk memberikan kenyamanan para penggunanya. Jika kamu sudah masuk ke dalam golongan audiphile tentu kamu sudah tak asing lagi dengan istilah dan jenis Headphone berikut ini.

Memilih jenis Headphone dan juga Earphone yang cocok dan pas untukmu agar bisa nyaman pada saat digunakan. Selera setiap konsumen terhadap jenis dan tipe Headphone dan Earphone ini tentu tak bisa disamaratakan.

Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam memilih Earphone yang sesuai dengan telinga kamu dengan mengetahui jenis dan juga tipenya berikut ini:

Tipe Headphone dan Earphone yang Harus Diketahui

Headphone

Tipe ini disebut headphone karena mempunyai Headband yang melingkar di atas kepala seperti bando. Tipe Headphone ini terbilang cukup berat sehingga kurang direkomendasikan untukmu yang suka bepergian jauh.

Jenis yang satu ini pun sangat kurang cocok digunakan untuk kegiatan olahraga. Namun, Headphone yang satu ini sangatlah cocok untuk kamu yang suka nongkrong di satu tempat untuk waktu yang cukup lama.

Akan tetapi, tetap kamu perhatikan jika beberapa brand kurang baik dalam hal sirkulasi udaranya. Sehingga dalam beberapa kasus pengguna bisa cepat merasa gerah pada bagian telingaya. Biasanyanya untuk Headphone sendiri tidak disertai dengan mic dan spesialisasinya untuk penikmat musik saja.

Headset

Tipe Headphone dan Earphone yang harus kamu ketahui dengan benar lainnya yaitu Headset yang pada dasarnya masuk ke dalam kategori jenis Headphone ya, guys.

Akan tetapi, umumnya Headset tersebut dilengkapi dengan mic dibagian samping. Untuk Headset sendiri sangat identik dengan istilah gaming. Karena memang kebanyakan brand Headset yang terkenal itu ialah tipe headset gaming.

Meskipun terdapat beberapa headset memang digunakan untuk musik, namun presepsi jika Headset diperuntukan untuk haming sepertinya memang sudah jauh melekat.

Untuk karakter suara headset gaming seperti ini biasanya cukup tebal di Bass nya. Maka, memang jenis ini kurang cocok jika kamu menggunakannya untuk mendengarkan musik apalagi jika dalam waktu yang lama.

Jadi di sini kamu sangatlah perlu untuk bijak dalam memilih, ya. Apakah kamu akan membeli jenis Headphone musik atau justru Headset gaming.

Earbud

Jika 2 jenis dan tipe Headphone dan Earphone di atas biasa disebut juga dengan Over Ear karena menutupi telinga, untuk Earburd sendiri ini masuk ke dalam jenis atau kategori Earphone (In-Ear).

Di desain dengan ukuran yang kecil dan juga ringan, maka tipe earphone ini sangatlah cocok dan pas kamu gunakan jika ingin melakukan kegiatan olahraga seperti jogging.

Earphone jenis earbud ini biasa dibundling di handphone keluaran lama, namun beberapa smartphone sekarang pun masih ada yang dibundling dengan Earphone tipe earbud ini. Earbud ada yang terpasang di mic dan tidak. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu pada saat membelinya.

IEM

Tipe Headphone dan Earphone selanjutnya ada IEM (In-Ear Monitoring) yang masuk ke dalam kategori jenis Earphone. Tipe IEM ini cukup populer di masa sekarang. Selain pilihan jenis yang banyak kualitas suaranya juga bervariasi. Kamu juga bisa memilih mulai dari harga 70ribuan sampai ada yang puluhan juta, lho!

Beberapa orang yang kurang menyukai tipe Earbud biasanya akan memilih dengan Earphone tipe IEM ini. Hal tersebut tentunya tergantung dengan kenyamanan pada saat kamu menggunakannya ya, guys!

Earclip

Earclip ini masuk ke dalam kategori Over Ear seperti Headphone karena menutupi telinga. Menurut beberapa orang yang pernah menggunakan tipe Earclip ini mereke menyebutkan cukup nyaman untuk digunakan. Dengan ukurang yang tidak besar, ringan dan juga tak mudah menyebabkan gerah.

BACA JUGA: Sering Diabaikan, Ternyata Ini Cara Menggunakan Headset yang Baik dan Benar

Namun Earclip ini mempunyai kekurangan yakni pada bagian yang menjepit ke telinga. Karena terkadang akan menjadikan penggunanya merasa sedikit sakit jika digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Nah, itulah beberapa tipe Headphone dan Earphone yang harus kamu ketahui sebelum kamu membelinya. Akan tetapi, kembali lagi pada pilihan masing-masing, mana yang memang sangat cocok dan nyaman untuk kamu gunakan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,939FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan