24.5 C
Ciamis
Beranda Teknologi Tips n Trik Sering Diabaikan, Ternyata Ini Cara Menggunakan Headset yang Baik dan Benar

Sering Diabaikan, Ternyata Ini Cara Menggunakan Headset yang Baik dan Benar

RANCAH POST – Headset memang sangatlah berguna sebagai alat komunikasi, mendengarkan lagu dengan kualitas yang baik, mendengarkan podcast, atau agar audio yang didengarkan tak mengganggu orang lain. Namun sayangnya, cara menggunakan headset yang benar masih diabaikan oleh sebagian orang.

Maraknya beberapa pemutar audio streaming seperti JOOX, iTunes, dan Spotfy memang akan semakin mendukung kebiasaan kamu dalam menggunakan headset. Pasalnya, dengan menggunakan headset maka kamu bisa benar-benar membuat lebih menghayati lagu dan terhanyut pada setiap isntrumen yang terdengar.

Namun, apakah kamu mengetahui ada beberapa cara menggunakan headset yang benar? Cara ini bertujuan agar kamu bisa memaksimalkan penggunaan headset dan tentunya agar tak merusak pada kesehatanmu.

Penasaran apa saja cara-caranya? Ini dia beberapa cara yang harus kamu lakukan pada saat memakai headset, antara lain:

Cara Menggunakan Headset yang Benar

Perhatikan Bagian Mana yang “L” dan “R”

Karena telinga manusia ada dua, maka sudah sewajarnya jika headset pun diciptakan sepasang yakni kanan dan kiri. Headset tertentu biasanya sudah menentukan bagian-bagian tersebut dengan menuliskan huruf “L” untuk left (kiri) dan “R” untuk right (kanan).

Ada beberapa alasan untuk kamu memperhatikan cara menggunakan headset yang benar satu ini. Misalnya, untuk headset dengan desain bodi tertentu, bagian-bagian ini tak akan terpasang dengan pas jika kamu menggunakannya dengan terbalik.

Ada pula sebuah headset yang dua bagiannya interchangeable, atau tidak ada masalah apapun jika kamu memakainya di sebelah mana saja. Biasanya tak akan ditemukan tanda “L” dan “R” di sini.

Akan tetapi, jika kamu sedang menonton film di laptop, penandaan ini cukup penting karena terkadang akan ada suara yang lebih terdengar jelas di bagian kiri (misalnya ada suara tembakan atau dialog tertentu). Dengan memasangkan headset yang benar, maka pengalaman menonton kamu bisa lebih immersive.

Pasang Sebelah Dulu, Baru Satunya Lagi

Untuk headset dengan model earphone atau earbuds yang tak menggunakan bando, kamu bisa memasang kedua bagian sekaligus. Namun, cara ini tak disarankan karena kamu jadi tak akan bisa fokus merapatkan tips atau buds pada kanal telinga.

Masukkan bagian kanan terlebih dahulu, dan pastikan posisi tips-nya sudah cocok. Jika ternyata belum pas, biasanya headset akan mudah tercopot kembali. Goyangkan ke atas dan ke bawah sembari dimasukkan dan pastikan posisinya sudah tak longgar.

Cocokkan Ukuran Ear Tips dengan Telinga

Sudah coba memasukannya namun masih saja longgar? Atau bahkan tak bisa masuk sama sekali? Hal itu bisa saja terjadi karena tips pada headset kamu tak sesuai dengan ukuruan kanal telinga. Tips merupakan karet yang menempel di earphone sebagai dudukan telinga.

Jika kamu membeli headset yang original dengan merek tertentu, mungkin ada tambahan tips dengan beragam ukuran. Atau, kamu juga dapat membelinya secara online dari berbagai marketplace yang ada.

Maka cara menggunakan headset yang benar bisa kamu lakukan dengan mengganti eartipsnya dengan yang baru. Caranya dengan melepaskan kedua tips yang menempel pada headset dari bagian bawah karet, dan jangan dari atas agar karetnya tidak melar.

Setelah keduanya copot, maka langkah selanjutnya kamu harus memasangkan sebelah eartip yang lebih kecil atau lebih besar. Pastikan lubang dengan earphonenya sejajar pada saat memasangkannya.

Beli Aksesoris Earhook

Apakah kamu mempunyai headset dengan jenis earbuds? Headset jenis ini memang terkadang rentan sekali lepas pada saat digunakan. Hal ini disebabkan karena posisinya yang tak sepenuhnya pas menempel di telinga sehingga akan terasa agak longgar, berbeda dengan earphone yang menggunakan tips karet.

Maka cara menggunakan headset yang benar dan bisa kamu jadikan solusi yakni kamu bisa membeli aksesoris tambahan untuk dipasang di kedua bagian earbuds.

Earhook mempunyai bentuk yang lebih disesuaikan dengan lekukan bentuk manusia pada umumnya sehingga earbuds tak lagi terasa longgar pada saat digunakan. Hal ini tentu akan sangat cocok digunakan untuk kamu yang hobi mendengarlan lagu sembari melakukan aktivitas berat misalnya lari atau olahraga lainnya.

Posisikan Headset Ober-the-Head di Tengah Kepala

Untuk kamu yang mempunyai headset berbando atau yang disebut dengan over-the-head, tentu kamu tak akan terlalu pusing memasukkan kepala earphone ke dalam telinga. Namun, bukan berarti headset kamu tak bisa lepas.

Pada umumnya tak masalah di mana kamu meletakkan posisi “band” selama speaker headset berada di telinga. Namun jika kamu memposisikannya persis di tengah kepala, bukan tak mungkin headset kamu akan terlepas ke depan atau belakang.
Maka cara menggunakan headset yang benar dan dapat kamu lakukan yakni dengan memastikan posisi “band” pada heeadset lurus ke atas agar hal ini tak terjadi.

Hindari Volume Terlalu Keras

Cara menggunakan headset yang benar yakni dengan berhati-hati pada saat menggunakan headset. Jika mendengarkan lagu dengan suara yang terlalu keras, maka hal ini akan membahayakan gendang telinga bahkan bisa membuatmu ganteng (gangguan telinga).

Dan biasanya pula akan ada pemberitahuan di layar HP jika volume suara melebihi batas yang disarankan. Jika indikator pada HP kamu berada dalam bentuk persen, volume yang disarankan biasanya tak melebihi 60%. Memang sah-sah saja terhanyut oleh lagu, namun jangan melupakan kesehatan telinga kamu, ya.

Hati-hati Menggunakan Headset Saat tidur

Memang hal yang paling enak tidur sembari mendengarkan lagu yang mellow agar tidur semakin nyenyak. Namun, agar tak mengganggu yang lainnya, maka headset pun menjadi pilihan. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, lho!

Cara memakai headset yang salah saat tertidur justru akan semakin menjadikan tidurmu menjadi tidak nyaman, misalnya pada saat menggunakan headset yang jenisnya di kepala dengan posisi tidur yang berbaring justru akan menjadikan kepala kamu menjadi sakit.

Maka, cara menggunakan headset yang benar yakni dengan menggunakan headset jenis in-ear agar lebih leluasa pindah posisi tidur dan agar kepala kamu tak terasa berat.

BACA JUGA: Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Satu hal lagi, posisi kabel pada wired headset juga sangat perlu untuk kamu perhatikan agar tak tertindih nantinya. Tak jarang kabel yang sering tertindih apalagi tertarik sehingga membuat headset menjadi rusak atau bahkan membuat HP kamu terjatuh.

Itu tadi beberapa cara menggunakan headset yang baik dan benar untuk kamu peraktekkan mulai saat ini. Dengan bengitu kesehatan telinga kamu akan lebih aman dan juga akan lebih mengoptimalkan penggunaan headset.

Stay Connected

105,085FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here