22.4 C
Ciamis
BerandaLifestyleKesehatanBahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

RANCAH POST – Bahaya menggunakan headset terlalu lama. Semakin lama manusia hidup, semakin dimudahkan pula dengan adanya teknologi. Salah satu teknologi yang sering dipakai adalah earphone atau headphone.

Earphone ini akan memudahkan kita untuk mendengarkan suara ataupun musik tanpa harus mengganggu ketenangan orang lain. Walaupun demikian, kita tidak boleh terlena dengan kehadiran teknologi girl. Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memakainya.

Memakai headphone pada volume tinggi atau memakainya dalam jangka waktu yang panjang ternyata mempunyai efek buruk pada kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa efek berbahaya saat kita overusing headphone.

Ketika mendengarkan musik dengan headset, maka kamu menghadapkan telinga kepada sumber audio langsung. Karenanya, jangan mendengarkan musik menggunakan headphone dengan volume lebih dari 90 desibel karena bisa beresiko menyebabkan komplikasi pendengaran yang serius sampai mengakibatkan kerusakan pada telinga.

Memakai headset dalam jangka waktu yang cukup lama akan menghalangi saluran udara. Menghalangi udara masuk akan membuat telinga jadi rentan terhadap infeksi. Kamu juga berpotensi mengalami Tinnitus (telinga berdengung walaupun sedang tidak ada suara) yang disebabkan oleh kotoran telinga yang berlebihan yang terbentuk akibat penggunaan earphone yang terlalu lama.

Ketika memakai earphone ada baiknya untuk tidak meminjamkannya pada orang lain, karena hal itu bisa menyebabkan infeksi bakteri. Jika memang terpaksa harus meminjam ataupun meminjamkan, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh headphone ataupun earphone bisa menyebabkan masalah bagi otak dalam jangka panjang. Hal ini terjadi karena telinga bagian dalam mempunyai hubungan dengan otak, kerusakan ataupun infeksi pada bagian telinga akan mempengaruhi otak.

Nah ladies, itu tadi adalah beberapa bahaya menggunakan headset terlalu lama. Jika tidak dipakai dengan benar, earphone memang dapat berbahaya untuk tubuh. Gunakanlah teknologi sebaik mungkin, jangan sampai teknologi membahayakan jiwamu. Semoga bermanfaat.

Stay Connected

104,871FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here