Rabu, 30 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Secara Mendadak

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Secara Mendadak

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, baik sebagian atau semuanya memang perlu kamu ketahui. Pasalnya, permasalahan ini pernah atau bahkan sering dialami oleh kebanyakan orang.

Ketika keyboard laptop tiba-tiba tak berfungsi seperti biasanya, pastinya membuat si pengguna panik sekaligus kesal.

Apalagi jika sedang menggunakan laptop untuk mengetik dokumen penting atau tentang pekerjaan yang harus selesai besok hari.

Keyboard merupakan bagian penting karena perannya dalam kelancaran mengoperasikan laptop. Namun, komponen yang satu ini sering menjadi langganan kerusakan.

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi ini dikarenakan oleh dua hal, yakni bisa akibat software atau karena hardware-nya.

Tapi kamu gak perlu panik dan khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk memperbaikinya sebelum kamu membawa laptop ke tukang servis.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Penasaran? Langsung saja, berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop yang tak berfungsi.

Pastikan dulu penyebab kerusakannya

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ada dua penyebab keyboard tiba-tiba tak berfungsi, di antaranya adalah software dan hardware.

Tujuannya adalah agar kamu bisa menentukan penanganan yang benar pada keyboard itu. Salah satu caranya, bisa dengan mengakses BIOS di laptop-mu.

Jika bisa masuk memakai keyboard-mu, bisa jadi kemungkinan kerusakan terjadi pada software-nya. Jika sebaliknya, berarti kesuakan ada pada hardware-nya.

Restart laptop

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya adalah mencoba restart laptop-mu. Ketika keyboard mendadak tak berfungsi semuanya, kemungkinan terjadi pemasalahan pada software-nya.

Bisa jadi software laptop error sehingga membuat perangkat keras yang terhubung ke laptop tak berfungsi seperti biasanya.

Apabila kamu tidak dapat me-restart dari menu start, kamu bisa menekan tombol power selama 5 detik hingga maksimal 15 detik dan laptop akan melakukan restart.

Membersihkan keyboard dari debu

Selain me-restart, kamu bisa mencoba membersihkan keyboard dari debu ketika tiba-tiba keyboard tidak berfungsi sebagian.

Kemungkinan keyboard laptop-mu error gara-gara ada debu yang menumpuk. Caranya yang paling mudah adalah, miringkan laptop 75 derajat dan goyang-goyangkan laptop supaya debu-debunya hilang.

Selain itu, cara lain untuk membersihkan keyboard laptop dari debu adalah dengan menggunakan selotip ke sela-sela keyboard-nya.

Restore windows

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan melakukan restore windows.

Namun, caranya ini dapat dilakukan ketika keyboard tak berfungsi setelah kamu menginstall aplikasi baru atau mengubah pengaturan.

  • Klik Start menu dan dari situ, tekan Control Panel
  • Lalu, sorot tulisan System and Security dan pilihlah Back up your computer.
  • Selanjutnya, tekan Recover System settings or your computer.
  • Nah, ikuti saja Wizard sederhana untuk melakukan restore Windows. Laptop pun bakal melakukan reboot.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya masalah tadi dapat teratasi dan keyboard bisa dipakai kembali.

Perbaiki di service center resmi

Apabila cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi di atas sudah kamu lakukan namun keyboard laptop masih belum berfungsi seperti sedia kala, mungkin ini saatnya kamu memperbaikinya ke service center resmi.

Kemungkinan penyebab keyboard-mu rusak itu karena permasalahan pada hardware-nya. Biarkan para teknisi yang memperbaiki keyboard-mu.

Namun, jika kondisi tidak memungkinkan kamu pergi ke service center tapi pada saat itu juga kamu sedang memerlukan laptop, cobalah gunakan keyboard USB eksternal untuk mengetik.

Selain menggunakan keyboard USB eksternal, kamu juga bisa memanfaatkan fitur keyboard virtual yang ada di sistem operasi Windows.

Caranya, pilih Start menu > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard.

BACA JUGA: Sederet Aplikasi Keyboard Menarik dan Sederhana Untuk Android

Bagaimana, cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi di atas cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,939FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan