Minggu, 27 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 6 Tips Agar Smartphone Terhindar dari Virus yang Membahayakan

6 Tips Agar Smartphone Terhindar dari Virus yang Membahayakan

RANCAH POST – Virus pada sebuah smartphone tentu akan sangat berakibat buruk pada ponsel yang kamu gunakan. Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya kamu melakukan beberapa tips agar smartphone terhindar dari virus.

Perlu kamu ketahui, jika virus tak hanya akan menyebabkan kerusakan pada smartphone yang kamu gunakan, akan tetapi virus juga bisa saja menjadikan data-data yang ada di smartphone kamu hilang.

Biasanya, virus akan masuk pada smartphone kamu dengan memanfaatkan beberapa celah yang ada pada sistem, operasi di sebuah smartphone tersebut.

Nah, agar ponsel yang kamu gunakan terhindar dari virus-virus jahat tersebut, biasanya para pengembang sistem operasi smartphone akan memberikan update berjangka agar lebih meningkatkan keamanan OS keluarannya tersebut, meskipun ternyata hal tersebut belum cukup, guys!

Maka dari itu, kamu pun harus berhati-hati dan melakukan beberapa tips agar smartphone terhindar dari virus di bawah ini.

Tips Agar Smartphone Terhindar dari Virus

Hindari Pasar Aplikasi Pihak Ketiga

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan selalu melakukan proses mendownload aplikasi hanya melalui layanan Google Play saja.

Pasalnya, jika kamu mendownload aplikasi dari sumber yang tidak jelas, misalnya mengambil file APK dari sebuah website, hal tersebut akan sangat beresiko sekali terhadap virus yang akan menempel di smartphone kamu.

Maka dari itu, jangankan pada sumber yang tidak terpercaya, di Google Play sendiri sudah banyak aplikasi-aplikasi yang akan mendatangkan virus pada smartphone kamu.

Jangan Mengunduh Aplikasi dari Pihak Ketiga

Saat ini telah banyak sekali game mobile yang diluncurkan untuk smartphone Android. Namun biasanya game-game itu tak diluncurkan dengan cara yang bersamaan di semua negara, sehingga hanya terdapat di beberapa negara saja.

Oleh karena itu, untuk tetap bisa menggunakan game tersebut maka tak sedikit gamer yang mengunduhnya melalui aplikasi pihak ketiga. Padahal cara tersebut sangatlah berisiko dan bisa menjadi salah satu penyebab smartphone terkena virus atau malware.

Maka tips terbaik agar smartphone terhindar dari virus yang harus kamu lakukan yakni dengan mengunduh aplikasi pada layanan yang memang sudah disediakan oleh Google, yakni Play Store.

Jangan Asal Membuka Tautan

Tak sedikit pengguna smartphone tentu akan mendapatkan pesan aneh yang dikirim oleh suatu akun atau nomor yang tak dikenal. Di mana pesan tersebut biasanya disisipi pula dengan tautan menarik, sehingga kamu menjadi penasaran dan ingin membukanya.

Bisanya, dengan mengklik tautan yang mencurigakan tersebut sering sekali berujung dengan mengunduh malware ke smartphone tanpa kamu sadari. Maka dari itu, selalu hindari untuk mengklik link atau tautan yang dirasa mencurigakan.

Hindari Mengklik Iklan Saat Browsing Internet

Tips agar smartphone terhindar dari virus selanjutnya yaitu dengan menghindari kebiasaan kamu yang biasanya sembarangan dalam mengklik iklan. Karena kamu tak akan pernah mengetahui apakah iklan tersebut positif atau malah berisi virus atau malware yang membahayakan ponselmu.

Gunakan Keamanan Antivirus Resmi

Saat ini kamu tengah cemas pada data-data penting yang ada di smarphone akan hilang karena virus atau malware?

Nah, agar bisa terhindar dari hal tersebut maka kamu sangat membutuhkan antivirus atau proteksi untuk menjaganya tetap aman.

Maka dari itu, mulai saat ini kamu harus berlangganan atau membeli antivirus resmi agar bisa menjaga smartphone kamu dari virus dan juga malware.

Dan jangan lupa pula untuk selalu melakukan pemindaian pada smartphone kamu agar bisa memastikan jika ponselmu itu bersih dari virus dan malware.

Perbarui Sistem Operasi

Kemudian tips agar smartphone kamu terhindar dari virus yaitu dengan memastikan untuk selalu memperbarui sistem operasi (OS) smartphone kamu dengan sesegera mungkin jika versi barunya sudah tersedia.

Menggunakan OS yang sudah lama tentunya akan mengakibatkan melemahnya sistem pertahanan smartphone kamu dan menempatkannya pada risiko serangan malware dan virus.

Jangan Menghubungkan WiFi yang Tidak Dikenal

Kemudian yang terakhir ialah dengan hindari menghubungkan pada koneksi WiFi yang tak dikenal, seperti di tempat-temapt umum.

Pasalnya, tempat umum menjadi ladang untuk seoramg peretas atau penjahat dunia maya untuk menyusupkan malware pada smartphone dengan membuat hotspot WiFi sendiri.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ternyata Ini 5 Ciri-ciri Smartphone yang Terkena Virus

Oleh karena itu, pada saat kamu sembarangan dalam menggunakan WiFi, maka para peretas tak hanya akan mengakses apa yang kamu akses, dia pun bisa mengubah dan mengambil informasi di smartphone kamu.

Sekian, mengenai beberapa tips agar smartphone terhindar dari virus yang bisa kamu coba lakukan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,947FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan