Sabtu, 26 September 2020
Beranda Teknologi Wajib Tahu! Ternyata Ini 5 Ciri-ciri Smartphone yang Terkena Virus

Wajib Tahu! Ternyata Ini 5 Ciri-ciri Smartphone yang Terkena Virus

Menyadari akan bahaya yang ditimbulkan oleh virus pada ponsel memang harus kamu waspadai. Selalu pastikan jika smartphone yang kamu gunakan terbebas dari virus agar kamu bisa menggunakannya secara aman, yakni dengan mengenali ciri-ciri smartphone yang terkena virus.

Seperti yang kita ketahui memang ancaman virus pada smartphone ini memang terus meningkat. Bahkan beberapa waktu lalu, ancaman ransomware WannaCry juga pernah mengancam para pengguna Android, lho!

Menyadari bahaya yang dapat timbul karena adanya virus tersebut, maka kamu pun harus selalu berhati-hati dan selalu memastikan jika smartphone yang kamu gunakan terbebas dari virus sehingga kamu pun bisa menggunakannya dengan aman.

Lalu bagaimana sih kita bisa mengetahui smartphone terkena virus atau tidak? Berikut ini beberapa ciri-ciri smartphone yang terkena virus, antara lain:

Ciri-ciri Smartphone Android yang Terkena Virus

Daya Tahan Baterai Menjadi Melemah

Sifat jahat yang ada pada virus baik itu di dalam komputer maupun smartphone ialah selalu aktif di bagian background.

Pada Android sendiri virus ini akan aktif secara terus menerus menampilkan iklan, memanipulasi data, sampai menjalankan program yang tak penting sehingga menjadikan baterai menjadi cepat habis.

Oleh karena itu, pada saat kamu membeli smartphone baru namun daya tahan baterainya terasa buruk atau bahkan cepat habis, itu berarti memang smartphone kamu telah terkena virus.

Namun jika smartphone kamu sudah lama digunakan, mungkin baterai smartphone kamu memang sudah rusak atau harus segera diganti dengan yang baru.

Kualitas Panggilan Terganggu

Pada saat sedang menelepon suara yang kamu dengar tidak jelas meskipun sinyalnya bagus? Jika hal ini terjadi, maka ini menjadi salah satu ciri-ciri smartphone terkena virus lho, guys!

Pasalnya jika ternyata pada ponselmu terdapat virus, bisa saja mencuri data dari percakapan telepon tersebut, sehingga berdampak buruk pada kualitas panggilan yang sedang kamu lakukan.

Tagihan Telepon atau Pulsa Meningkat

Tanda smartphone terkena virus lainnya yakni meningkatnya tagihan telepon atau pulsa yang kamu gunakan. Hal ini disebabkan ada banyak virus di ponselmu yang bertugas mengirimkan data berupa SMS atau melakukan pembayaran sendiri. Tujuannya tentu saja agar menguntungkan pengembang virus tersebut.

Pada beberapa kasus, virus biasanya hanya mengirimkan beberapa SMS dalam sebulan agar tak dicurigai. Namun terdapat pula virus yang melakukan pembayaran besar-besaran melalui SMS sehingga menjadikan tagihan atau pengeluaran pulsa meningkat.

Lalu Lintas Data Internet Melonjak

Ciri-ciri smartphone yang terkena virus lainnya juga bisa kamu ketahui melalui tinggi atau rendahnya lalu lintas data pada ponselmu. Selain aktif mengirimkan data dari korbannya, virus juga biasanya akan rajin melakukan download dan update agar tetap bisa menjaga dirinya tetap hidup di smartphone.

Oleh karena itu, jangan malas untuk selalu memantau penggunaan data kamu. Sebagai awal, maka alangkah baiknya untuk kamu mengaktifkan fitur Data Usage agar bisa mengatur dan memantau batasan data pada HP kamu.

Performa Menjadi Tidak Maksimal atau Lemot

HP kamu mempunyai kapasitas yang besar namun sering sekali mengalami lag atau bahkan tiba-tiba me-restart dengan sendirinya? Jika iya, sudah bisa dipastikan jika HP kamu memang sudah terkena virus.

BACA JUGA: 7 Ciri-ciri Browser yang Terkena Virus

Pasalnya, adanya virus yang ada di smartphone akan membuat konsumsi sumber daya smartphone kamu menjadi boros, sehingga menimbulkan performa HP hyang menjadi tidak maksimal jika dibandingkan dengan spesifikasi yang dibawa.

Nah, itulah 5 ciri-ciri smartphone yang terkena virus yang wajib banget kamu ketahui. Semoga bermanfaat, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,953FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan