Kamis, 1 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Agar Tetap Fit Walau Kurang Tidur, Yuk Dicoba!

Cara Agar Tetap Fit Walau Kurang Tidur, Yuk Dicoba!

RANCAH POST – Cara tetap fit walau sedang kurang tidur wajib kamu ketahui, agar kita tetap bisa melakukan aktivitas dengan lancar sepanjang hari.

Dampak buruk kurang tidur memang membuat kesehatan kita terganggu, namun apalah daya karena pekerjaan yang menumpuk membuat kita terpaksa harus begadang untuk menyelesaikannya.

Alhasil keesokan harinya kita pun merasa lelah dan ngantuk. Di samping itu, kamu harus mementingkan pekerjaanmu karena besok ada rapat atau presentasi yang penting.

Tidak mungkin kan, kamu dalam keadaan lelah dan lesu ketika rapat berlangsung? Pastinya kamu harus segar dan bersemangat dalam hal ini.

Tenang saja, meski kurang tidur kamu tetap bisa tetap fit dan segar ketika menghadapi momen-momen penting. Mau tahu caranya?

Cara Agar Tetap Fit Walau Kurang Tidur

Melansir dari beberapa sumber, berikut di bawah ini beberapa cara agar badan tetap fit walaupun kurang tidur akibat semalam begadang.

Minum air putih yang cukup

Manfaat minum air putih untuk kesehatan tubuh sangat banyak, mulai dari memperlancar sistem pencernaan, hingga meningkatkan dan memperkuat sistem imun tubuh kita.

Selain itu, ketika kurang tidur, minumlah air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi agar wajah tetap segar serta mencegah dehidrasi.

Mandi dengan air dingin

Cara agar tetap fit walau kurang tidur selanjutnya adalah mandi dengan air dingin. Tak dapat dipungkiri mandi merupakan salah satu kegiatan yang malas dilakukan, apalagi ketika cuaca sedang dingin.

Namun, ketika masih ngantuk tapi kamu harus memulai aktivitas di pagi hari, hendaklah mandi dengan air dingin.

Ketika air dingin membasahi wajah dan tubuh kita, rasa kantuk pun terusir. Suhu dingin pun bisa merangsang aktivitas saraf di tubuhmu, sehingga membuat rasa kantuk sedikit berkurang.

Luangkan waktu untuk tidur siang meski sebentar

Manfaat tidur siang sangatlah banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Ketika kurang tidur, sebaiknya luangkan waktu sejenak selama 15-30 menit untuk tidur siang.

Dengan meluangkan waktu untuk tidur siang saat istirahat, merupakan cara agar tetap fit dan fresh walau kurang tidur. Kamu pun bisa kembali beraktivitas dengan baik.

Beri tubuh jeda dalam beraktivitas

Ketika memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu berada di depan laptop dalam waktu yang lama, sebaiknya istirahatkan tubuhmu sebentar saja.

Saat tubuh merasa pegal, lakukan peregangan dengan gerakan-gerakan yang simple atau bisa juga dengan berjalan-jalan di ruangan beberapa menit. Hal ini juga penting untuk mengistirahatkan matamu dari layar laptop serta gadget.

Beraktivitas sejenak di bawah sinar matahari

Tips dan cara agar tubuh tetap fit walau kurang tidur yang selanjutnya adalah dengan melakukan aktivitas ejenak di bawah sinar matahari.

Dengan begitu, otak pun akan tahu sekarang sudah pagi dan harusnya terjaga. Adanya cahaya matahari dapat memicu jam internal tubuh memberhentikan memproduksi melatonin yang menimbulkan kantuk.

Pakai teh chamomile untuk mengatasi kantung mata

Bukan diminum, kali ini kamu membutuhkan kantung teh chamomile yang telah terpakai untuk mengatasi kantung mata yang bengkak.

Caranya, simpan kantung teh yang sudah dipakai ke dalam kulkas, lalu taruh di bawah mata dan diamkan selama 10 menit.

Berdasarkan beberapa penelitian, membuktikan jika chamomile memikliki sifat anti radang, membantu kurangi pembengkakan, hingga memperbaiki sel-sel yang rusak.

Nah, demikianlah beberapa cara agar badan tetap fit walau kurang tidur akibat begadang. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,933FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan