Selasa, 22 September 2020
Beranda Teknologi Penyebab Data Seluler Tidak Muncul di Smartphone

Penyebab Data Seluler Tidak Muncul di Smartphone

RANCAH POST – Data seluler tidak muncul di Handphone yang kamu gunakan? Ketahui yuk apa sih yang menjadi penyebab data seluler tidak muncul di smartphone tersebut.

Tak sedikit orang tentu pernah mengalami yang namanya sinyal internet atau data seluler yang tiba-tiba tidak muncul di HP-nya. Padahal, sinyal internet atau data seluler menjadi salah satu hal yang penting dan harus selalu aktif di smartphone.

Nah, jika ternyata data seluler tersebut tidak muncul, maka dengan otomatis kamu pun menjadi tak akan tersambung atau terkoneksi dengan internet.

Penyebabnya tentu akan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mungkin saja tak kamu sadari, misalnya pada saat kamu baru saja membeli SIM card dari provider baru.

Untuk mengetahui lebih lanjut lagi apa saja yang menjadi penyebab data seluler tidak muncul, maka di bawah ini beberapa penyebab yang harus kamu ketahui.

Penyebab Data Seluler Tidak Muncul

Belum Melakukan Registrasi Kartu SIM

Sebelum membahas penyebab yang lainnya, akan ada kemungkinan yang sering sekali terjadi ialah dengan belum nya melakukan registrasi pada kartu SIM yang baru saja kamu beli tersebut.

Atau, kamu sudah melakukan registrasi namun belum selesai. Maka dari itu, kartu SIM sudah menampilkan sinyal namun belum bisa digunakan untuk melakukan apapun.

Cara mengatasinya ialah dengan coba kamu me-restart HP kamu terlebih dahulu kemudian menghidupkannya lagi. Jika sudah, kamu nantinya akan menerima petunjuk untuk melakukan registrasi ulang.

Jika permintaan registrasi ternyata tak kunjung ada, kamu harus mematikan ponsel kamu dan melepas kartu SIM lalu kemudian memasangkannya lagi. Kemudian, hidupkan kembali.

Tidak Ada Sinyal

Penyebab data seluler tidak muncul berikutnya ialah bisa saja terjadi karena memang kamu sedang berada di lokasi yang minim sinyal. Dengan demikian, maka data seluler di HP kamu juga terpengaruh sehingga tak muncul sama sekali.

Jika masalah ini yang sedang kamu hadapi, maka cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan berpindah dan mencari sinyal di area-area yang memang terjangkau sinyalnya.

Adanya Gangguan dari Operator

Data seluler disediakan oleh perusahan operator seluler. Maka, bisa saja yang menyebabkan data seluler kamu tidak muncul di HP ialah karena adanya gangguan dari operator tersebut.

Tak hanya itu saja, tak setiap lokasi biasanya bisa dijangkau dengan operator seluler tersebut ya, guys!

Ada Kerusakan yang Terjadi pada Hardware

Penyebab data seluler tidak muncul lainnya juga bisa terjadi karena adanya kerusakan yang mungkin saja tidak kamu sadari pada hardware smartphone yang kamu gunakan.

Nah, jika hal seperti ini terjadi, kamu tak mempunyai pilihan lain selain harus membawa ponselmu itu pada service center agar bisa diperbaiki dengan baik dan benar.

APN yang Hilang atau Menjadi Berubah

Jika kamu membuka menu pemngaturan data di HP kamu, mungkin kamu akan menemukan menu APN. Kemudian kamu bisa melihat APN tersebut, apakah terisi atau tidak tersedia. Jika ternyata tidak terisi, maka bisa jadi itulah yang mengakibatkan data seluler kamu menjadi tidak muncul.

Memang, agar bisa terhubung dengan jaringan internet, smartphone yang kamu gunakan mempunyai nama titik akses (APN). Misalnya Smartfren, Indosat Oredoo, dan yang lainnya.

APN atau Access Point Names ialah sarana yang digunakan oleh penyedia operator seluler agar bisa menghubungkan smartphone dengan jaringan internet.

BACA JUGA: 6 Cara Meningkatkan Kecepatan Sinyal Wifi di Android

Umumnya, menu tersebut akan secara otomatis muncul dan terhubunmg dengan smartphone, akan tetapi kamu mungkin lupa pernah mengotak-atik sesuatu hingga APN-nya menjadi hilang. Atau bisa juga karena ada salah satu menu yang berubah sehingga data seluler menjadi tak muncul.

Sekian, mengenai beberapa penyebab data seluler tidak muncul yang bisa saja terjadi pada smartphone kamu. Semoga bermanfaat, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,979FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan