Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 6 Cara Meningkatkan Kecepatan Sinyal Wifi di Android

6 Cara Meningkatkan Kecepatan Sinyal Wifi di Android

RANCAH POST – Para pengguna smartphone pasti nggak akan bisa lepas dari namanya internet kan? Ketergantungan ini menjadikan jaringan WiFi seolah-olah menjadi kebutuhan primer. Lantas bagaimana jika WiFi lemot? Jangan khawatir, karena kamu bisa melakukan cara meningkatkan kecepatan WiFi di Android ini, guys.

Koneksi internet WiFi yang lambat tentunya akan sangat menjadikan penggunanya menjadi merasa tidak nyaman atau bahkan terganggu karena beragam aktivitasnya menjadi terhambat.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa langkah dan cara yang bisa kamu gunakan sendiri untuk meningkatkan kecepatan WiFi di Android kesayanganmu.

Cara Meningkatkan Kecepatan WiFi di Android

Batasi Pengguna WiFi

Perlu kamu ketahui jika pada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan, maka semakin menjadikan bandwidth WiFi yang menjadi terbagi-bagi. Akibatnya, kecepatan internet pun akan menurun.

Misalnya, terdapat sebuah ponsel yang terhubung pada jaringan WiFI kamu, kecepatan yang didapat sekitar 50 Mbps, maka jika ponsel lainnya ada yang konek juga maka kecepatannya akan terbagi menjadi 25 Mbps saja.

Untuk mengatasinya, batasi jumlah perangkat yang tersambung pada WiFi. Misalnya batasi hanya 3 hingga 4 perangkat saja ya, guys.

Reset WiFi

Cara meningkatkan kecepatan WiFi di Android selanjutnya yakni dengan me-reset WiFi. Seperti yang diketahui bahwa pada sebuah WiFi ada beragam macam konfigurasi yang dapat kamu atur.

Nah, yang harus kamu ketahui ialah pada beberapa konfigurasi tersebut terdapat salah satu hal yang akan berpengaruh pada kecepatan koneksi internet WiFi yang kamu gunakan.

Hal ini bisa saja terjadi karena adanya kesalahan yang terjadi pada saat kamu mengatur konfigurasinya yang akan menyebabkan adanya masalah sehingga kamu pun harus mengembalikannya lagi ke pengaturan awal yakni dengan melakukan reset.

Memakai WiFi Pada Saat Kosong

Cara meningkatkan kecepatan WiFi di Android yang satu ini bisa disebut juga dengan cara yang paling populer, meskipun masih ada hubungannya dengan bandwidth ya, guys. Untuk mendapatkan koneksi WiFi yang tak lemot maka cara ini sangatlah disarankan untuk kamu gunakan.

Pastikan Sinyal WiFi yang Diperoleh Baik

Kamu pun tentu sudah mengetahuinya jika sinyal WiFi yang buruk, akan berdampak pada kestabilan akses internet yang sedang kamu gunakan. Hal ini pun akan menyebabkan internet menjadi terganggu dan bahkan akan mengalami lost connectiom (disconnet).

Oleh karena itu, agar kamu bisa mengatasinya maka coba dekatkan ponselmu pada router WiFi yang sinyalnya tengah kamu gunakan. Hal ini bertujuan agar sinyal yang kamu dapat menjadi lebih baik. Tak hanya itu. kamu pun bisa mencoba menggunakan HP di luar ruangan.

Menggunakan Repeater (Penguat Sinyal)

Cara meningkatkan kecepatan WiFi di Android selanjutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan Repeater alias penguat sinyal router WiFi yang dipercayai mampu meningkatkan kualitas sinyal WiFi kamu.

Bentuk dari repeater ini sendiri sangatlah beragam, mukai dari yang berbentu kotak kecil hingga yang bentuk yang menyerupai antena dengan harga yang juga bervariasi ya, guys.

Menggunakan Kaleng Bekas

Nah, cara yang satu ini mungkin agak terbilang unik ya, guys. Pasalnya di sini kamu membutuhkan kaleng bekas yang dipercayai bisa memperkuat pemcaran sinyal.

BACA JUGA: Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Tersambung Dengan Mudah dan Simpel

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kaleng yang sudah dibelah menjadi dua bagian, kemudian bentuk menyerupai antena grid, lalu arahkan pada area yang ingin dipancar. Hal ini bertujuan untuk memfokuskan WiFi hanya pada satu titik saja.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan WiFi pada Android. Semoga dengan cara-cara di atas bisa membantu kamu guna mendapatkan internet WiFi yang lebih cepat dan stabil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan