Sabtu, 26 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Tersambung Dengan Mudah dan Simpel

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Tersambung Dengan Mudah dan Simpel

RANCAH POST – Seperti yang kita ketahui jika mengakses internet bisa dengan koneksi apa saja, salah satunya menggunakan WiFi. Namun apa jadinya jika WiFi tidak tersambung ke smartphone yang kamu gunakan? Maka kamu harus segera melakukan cara mengatasi WiFi Android tidak tersambung tersebut.

WiFi merupakan sebuah layanan gratis yang disediakan oleh seseorang agar orang lain bisa mengakses internet dengan gratis. Di era yang sudah serba modern seperti sekarang ini akan sangat mudah tentunya untuk menemukan tempat-tempat yang menyediakan WiFi.

Meskipun kamu tak bisa mendapatkan layanan WiFi dengan gratis, maka kamu masih bisa memintanya lewat teman kamu agar bisa mengaktifkan fitur hotspot di smartphone yang temanmu gunakan.

Akan tetapi, pernah gak sih kamu mengalami WiFi yang tidak bisa konek atau tersambung pada saat menggunakannya? Bahkan tiba-tiba WiFi yang kamu gunakan menjadi terputus sehingga kamu tak bisa mengakses internet.

Sebelum kamu melakukan cara mengatasi WiFi Android tidak tersambung kamu harus mengetahui beberapa faktor yang bisa menjadi alasan mengapa WiFi tersebut tidak bisa konek.

Yang pertama, mungkin saja karena jarak antara router dengan smartphone yang terlalu jauh, sehingga pada saat kamu sambungkan ternyata gagal.

Kemudian faktor kedua yakni adanya masalah cache memori Android yang menumpuk berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tak pernah kamu hapus. Hal semacam ini tentu saja akan menjadikan WiFi tak bisa konek sama sekali.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara dan solusi dalam mengatasi Wifi yang tidak tersambung tersebut, antara lain:

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Tersambung

Atur Tanggal dan Waktu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan melihat tanggal dan juga waktu di smartphone yang kamu gunakan. Pasalnya, jika ternyata tanggal dan waktu sesuai dengan hari ini maka kamu tak peerlu mengaturnya.

Akan tetapi, jika ternyata tanggal dan waktunya tidak sesuai dengan hari ini maka kamu harus mengaturnya. Karena kamu tak akan bisa mengakses internet apabila tanggal dan waktu tak sesuai dengan tanggal saat ini.

WiFi Android Tidak Bisa Menyala

Jika WiFi tidak terhubung maka biasanya tak akan ada icon WiFi pada bagian icon Notifikasi Bar. Maka sebagai cara mengatasi WiFi Android tidak tersambung tersebut kamu bisa menghapus cache pada memori android. Gunakan aplikasi Clean Master, CCleaner, dan lain sebagainya.

Jika sudah berhasil membersihkan cache memori tersebut, maka matikan terlebih dahulu smartphone kamu lalu lepas baterai, SIM Card, dan Memori Eksternal.

Diamkan selama kurang lebih 200 detik agar Hardware smartphone tak menerima daya dari baterai. Jika sudah 20 detik, pasang kembali baterai, SIM Card, dan Memori Eksternalnya. Kemudian cobalah untuk menyelakan dan menyambungkan kembali WiFi.

Lupa Jaringan

Lupa jaringan yang dimaksud disini yakni bertujuan untuk menghilangkan daftar jaringan WiFi pada smartphone Android kamu. Dengan cara ini, maka semua daftar WiFi yang terdapat di Android kamu akan terhapus. Jika semua daftar hotspot terhapus, maka restart smartphone kamu lalu cobalah sambungkan kembali.

Matikan Antivirus

Cara mengatasi WiFi Android tidak tersambung yakni dengan mematikan antivirus yang ada di smartphone kamu. Meskipun antivirus ini sangatlah berguna dalam menjaga smartphone kamu dari malware yang mengancam baik secara offline maupun online.

Namun bisa saja antivirus ini akan melakukan block pada layanan hotspot yang bersifat publik. Maka alangkah baiknya kamu mematikan terlebih dahulu antivirus saat sedang menggunakan WiFi, ya.

Perbaiki dengan Aplikasi WiFi Fixer

WiFi Fixer ialah sebuah aplikasi Android gratis yang dapat kamu manfaatkan dalam menganalisas jaringan WiFi, kemudian memperbaiki WiFi yang lemah menjadi agar menjadi lebih kuat dan bisa kamu gunakan untuk mengakses internet kembali.

Itu dia beberapa cara mengatasi WiFi Android tidak tersambung yang bisa kamu jadikan solusi agar WiFi kamu bisa terhubung kembali ke Smartphone yang kamu gunakan.

BACA JUGA: Cara Mempercepat Koneksi WiFi yang Lemot dan Tidak Stabil

Dengan adanya beberapa cara di atas, semoga masalah yang terdapat di HP Android kamu menjadi bisa teratasi dengan baik. Dan tentunya WiFi di ponsel kamu akan kembali normal sehingga bisa kamu gunakan seperti biasanya lagi.

Meskipum metode tersebut mungkin tak akan menjamin bisa berhasil 100%, akan tetapi alangkah baiknya untuk kamu mencobanya terlebih dahulu, sehingga kamu akan mengetahui hasilnya. Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan