Rabu, April 8, 2020

Cara Mempercepat Koneksi WiFi yang Lemot dan Tidak Stabil

Cara mempercepat koneksi WiFi – Koneksi internet ngebut sepertinya sudah lagi bukan hal baru di tahun 2019 ini. Terutama bagi Anda yang berdomisili di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya atau kota besar lainnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Speedtest, saat ini Indonesia masih berkutat di peringkat 102 dengan rata-rata kecepatan download 9,94 Mbps untuk jaringan mobile dan peringkat ke 94 dengan kecepatan rata-rata 13,20 Mbps pada fixed broadband.

Meskipun demikian hal tersebut tetap menunjukan adanya peningkatan yang cukup signifikan dari beberapa tahun sebelumnya. Namun tetap saja, saat ini masih banyak sekali pengguna yang masih bertahan dan menggunakan koneksi internet WiFi yang lelet.

Sebelum Anda menyalahkan provider dari layanan yang Anda gunakan, ada baiknya Anda mengecek WiFi Anda terlebih dahulu. Karena bisa saja penyebab melambatnya koneksi internet Anda diakibatkan oleh perangkat WiFi ataupun piranti lunak yang Anda gunakan.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Password WiFi dengan Mudah Tanpa Root

Maka dari itu, sesuai judul yang diusung pada kesempatan kali ini Rancah Post akan mengupas tuntas mengenai cara mempercepat koneksi WiFi yang bisa dengan mudah Anda terapakan dirumah.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

1. Test Kecepatan Internet WiFi Anda

Sebelum melangkah ke tahap cara mempercepat koneksi WiFi di Android atau laptop, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menguji kecepatan Internet Anda terlebih dahulu.

Cara mengecek kecepatan internet paling mudah dan umum digunakan adalah dengan mengunjungi situs penguji kecepatan internet gratis yaitu Speedtest.

Cara cek kecepatan internet
Cara cek kecepatan internet. (IST)

Apabila kecepatan internet Anda tidak sesuai dengan broadband yang ditawarkan ISP Anda, maka Anda harus mencoba langkah berikutnya.

2. Upgrade Firmware Router

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk dapat mempercepat koneksi internet adalah dengan memperbarui firmware di router yang Anda gunakan.

Perusahah pembuat router seperti IndiHome, Frist Media dan lain-lain biasanya selalu memperbarui software untuk menghasilakan koneksi internet cepat dan stabil.

3. Letakan Router di Tempat yang Optimal

Lokasi penempatan router WiFi merupakan salah satu hal paling krusial yang kerap diabaikan oleh penggunanya.

Pada umumnya kebanyakan orang akan memasang routernya ditempat yang terdekat dengan colokan listrik dan kemudian meletakkannya di sembarang tempat, entah itu di meja, lemari atau bahkan diletakkan begitu saja di lantai.

Agar koneksi internet WiFi Anda stabil, maka sebaiknya segera pindahkan posisi Anda, karena meletakan router di tempat rendah atau terhalang dengan berbagai macam benda bisa mengakibatkan koneksi WiFi Anda menjadi lemot.

4. Ganti Router

Jika Anda masih menggunakan router model lama misalnya router standar 802.11n, router tersebut memiliki batas bandwith yang sangat rendah.

Jadi agar koneksi internet kembali normal dan stabil, sebaiknya ganti router Anda ke versi terbaru yang memiliki standar 802.11ac yang memiliki bandwith hingga 1Gbps.

5. Amankan WiFi Anda dengan Password

Penyebab lain yang dapat membuat internet Anda lelet adalah banyaknya penumpang gelap yang diam-diam menggunakan WiFi Anda.

Apalagi saat ini cara mengetahui password WiFi sangatlah mudah karena sudah terdapat banyak sekali aplikasi pembobol wifi yang tersebar di Play Store.

Maka dari itu pastikan Anda memasangi WiFi dengan password enkripsi WPA2 agar lebih sulit untuk di bobol orang lain.

6. Restart Router

Restart ulang router juga merupakan alternatif termudah sebagai cara mempercepat koneksi WiFi di rumah.

Jangan hanya merestartnya saat koneksi sedang lambat, Anda juga harus melakukan boot ulang secara berkala.

BACA JUGA: Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu Memori Eksternal dengan Mudah Tanpa Root

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara untuk mempercepat koneksi WiFi yang lambat. Semoga informasinya bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,874FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,270PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan