Sabtu, 26 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 3 Cara Memperkecil Ukuran PDF di HP dan Laptop

3 Cara Memperkecil Ukuran PDF di HP dan Laptop

RANCAH POST – Ukuran PDF kamu kebesaran? Alangkah baiknya kamu mengopresnya terlebih dahulu dengan menggunakan cara memperkecil ukuran PDF di HP maupun laptop, tentunya cara ini bisa kamu lakukan dengan cara online maupun offline, ya!

PDF (Portable Document File) merupakan suatu format file yang dapat kamu terima dan pada umumnya bersifat penting, misalnya seperti tugas kuliah, curriculum viate (CV), atau berkas lainnya yang penting.

Akan tetapi masih disayangkan, jika file PDF ini terlalu besar sehingga akan sangat menyulitkan kamu dalam mengunggahnya karena ada batas maksimal yang diperbolehkan, misalnya file PDF 200kb.

Untuk mengatasinya, maka kamu bisa menggunakan beberapa cara memperkecil ukuran PDF di HP dan laptop berikut ini.

Cara Memperkecil Ukuran PDF di HP dan Laptop

Cara Memperkecil PDF di HP Android

Nah, untuk kamu yang ingin praktis dalam hal mengompres ukuran file PDF langsung di Android yang kamu punyai bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi iLovePDP. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama kamu harus mendownload aplikasi iLovePDF untuk Android.
  • Buka aplikasinya kemudian pilih menu Komprees PDF di halaman utama aplikasi.
  • Jika sudah, pilih file PDF yang hendak kau kompres, baik di memori internal HP, Google Drive, atau Dropbox.
  • Agar bisa menambahkan file PDF pada aplikasi iLovePDV, kamu hanya perlu mengklik ikon +. Kemudian pilih file PDF yang ada pada memori internal HP Androidmu.
  • Nah, pada cara memperkecil ukuran PDF di HP Android ini kamu bisa menambahkan lebih dari satu file PDF untuk dikompres. Pilih file PDF yang hendak dikompres, kemudian ketuk tombol Berikutnya.
  • Lalu pilih menu Kompresi, dimana ada Kompresi Ekstream, Kompresi yang Disarankan, dan Kompresi Rendah dengan kelebihan maupun kekurangan tersendiri. Jika sudah ketuk Kompres.
  • Seperti yang sudah disebutkan di awal, iLovePDF ini membutuhlan jaringan internet ya. Pasalnya karena akan mengunggah dan mengunduh kembali file PDF yang telah dikompres pada server mereka.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya Selesai. Nah, apabila file PDF sudah selesai di kompres, maka akan ada tampilan selesai! Untuk melihat PDF, kamu hanya perlu klik Lihat File.

Cara Memperkecil PDF Secara Online di HP/Laptop

Cara memperkecil ukuran PDF di HP dan Laptop secara online dengan bantuan situs yang berisi beragam tools untuk file PDF, salah satunya melalui kompres PDF ini.

Nah, dengan menggunakan situs yang bernama Smallpdf ini kamu bisa mengaksesnya di HP maupun laptop, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, kamu bisa membuka tools Kompres PDF pada situs Smallpdf dengan tautan yang satu ini (https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf/) pada browser di HP maupun laptop.
  • Kemudian kamu bisa mengambil file PDF yang akan kamu perkecil dengan mengklik menu Pilih File yang ada pada kotak merah.
  • Setelah memilih, secara otomatis file PDF milikmu akan diupload dan langsung diperkecil ukurannya. Misal, file PDF kamu awalnya berukuran 7,25MB sekaranf menjadi 5,31MB saja.
  • Cara memperkecil ukuran PDF di HP dan Laptop secara online selanjutnya jika kamu belum merasa puas, maka kamu bisa klik Mulai Kembali untuk mengompres PDF ulang.
  • Jika sudah yakin, maka kamu bisa langsung download file PDF yang telah dikompres dengan klik Unduh File Sekarang.

Cara Memperkecil PDF Secara Offline

Untukmu yang tak mempunyai koneksi internet, kamu pun masih bisa memperkecil PDF di laptop melalui software Microsoft Word. Metode ini bisa kamu gunakan jika kamu melakukan kompres PDF 200kb. Ini dia langkah-langkahnya.

  • Pertama, kamu buka Microsoft Word yang terdapat di PC maupun laptop. Nah, di sini kamu membutuhkan Microsoft Word 2013 ke atas, ya!
  • Kemudian, Cara memperkecil ukuran PDF di Laptop yang harus kamu lakukan yakni membuka file PDF yang akan kamu kecilkan dengan memilih menu File > Open. Maka dengan otomatis file PDF kamu akan di Convert dalam bentuk Word.
  • Setelah selesai proses tersebut, kamu hanya perlu menyimpan kembali dengan memilih menu File > Save As. Nantinya akan muncul jendela Save As di mana kamu terlebih dahulu mengubah format jadi PDF.
  • Kemudian pada bagian bawah, kamu pilih menu Minimum Size (publishing online) untuk mengecilkan ukuran file PFD pada word.
  • Dan Cara memperkecil ukuran PDF terakhir yakni dengan klik Save agar bisa menyimpan dokumen tersebut.

BACA JUGA: Mengubah File PDF ke World Secara Online Tanpa Software

Nah, demikianlah 3 Cara memperkecil ukuran PDF pada HP dan juga PC maupun laptop yang bisa dilakukan secara online dannoffline. Gimana nggak ribet kan, guys?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan