RANCAH POST – PDF to World atau mengubah file PDF ke format Microsoft Word tampaknya telah menjadi topik yang cukup populer belakangan ini. Terlebih dengan perkembangan media yang kini memungkinkan kita untuk membuat file atau dokumen dalam bentuk digital, yang khusus untuk bahan bacaan. Bukan untuk diedit atau diubah.

E-book misalnya, merupakan salah satu konten yang cukup populer di Internnet. Mengantikan posisi buku fisik sebagai bahan ajar, modul, bahkan hingga novelpun kini banyak tersedia dalam bentuk E-Book. Salah satu format yang paling populer untuk e-book ini adalah PDF. PDF sendiri merupakan sebuah file dokumen yang biasanya berisi teks dan gambar, yang ditujukan sebagai panduan, bahan ajar, bacaan dan kebutuhan dokumentasi lainnya.

Salah satu kelebihan dari E-book dalam format PDF ini adalah sifatnya yang read-only, atau hanya untuk dibaca. Tanpa adanya fitur untuk mengedit. Hal ini memang lumrah, karena PDF sendiri dimaksudkan sebagai bahan bacaan, bahkan beberapa pihak sengaja membuat dokumen dalam bentuk ini, agar pengguna atau pembaca tidak dapat menyalin langsung apa yag ada pada dokumen tersebut, alias mencegah tindak copy-paste (copas). Hal ini berkaian dengan perturan hak cipta, seperti pada buku atau novel yang disediakan dalam bentuk E-book misalnya.

Namun ada kalanya, baik demi kepentingan akademis, pembelajaran, bisnis atau hal lainnya, kita memeerlukan sebuah informasi yang terdapat pada file PDF tersebut. Atau mengubah sesuatu yang salah, yang ada di dalamnya, atau melakukan hal lain. Karena bagaimanapun, jika kita melakukan COPAS secara mentah pada file PDF, hasil yang kita dapatkan adalah format text yang amburadul.

Nah, untuk melakukan editing pada file PDF ini, ada beberapa cara yang dapat kita tempuh. Salah satunya adalah dengan mengubah format filenya menjadi file Microsoft Word. Untuk melakukan hal ini, mengubah atau populer dengan istilah mengkonvert dari PDF to World, kita dapat memanfaatkan berbagai tool dan aplikasi.

Bahkan pada aplikasi pembaca PDF, Adobe Reader-pun, fitur ini tersedia, namun hanya untuk versi berbayar saja. Sedangkan untuk aplikasi, kebanyakaan mesti berbayar, dan adapun yang gratis, biasanya kurang dapat dipercaya, karena bisa saja mengandung virus berbahaya. Selain itu, tahapan yang harus dilalui, seperti instalasipun rasanya cukup merepotkan dan membuang-buang tempat lowong di hard drive (hard disk) kita.

Salah satu cara yanng paling aman dan mudah adalah dengan memanfaatkan tool online, yang biasanya tersedia gratis. Seperti pada laman http://www.pdfonline.com/pdf-to-word-converter/ misalnya.

Cara Mengubah File PSD ke Word Secara Online.

1. Pertama, buka dulus link di atas. Kemudian pilih “Upload File to Convert”.

convert PDF to Word
convert PDF to Word

2. Selanjutnya pilih file PDF yang ingin diubah ke Word, dan pilih open.

3. Setelah itu, akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah. Tunggu hingga proses convert selesai.

Mengubah File PDF ke World Secara Online Tanpa Software
convert PDF to Word

4. Setelah rapih, anda akan langsund diarahkan ke laman dengan preview hasil konverter. Untuk mendapatkan file word tersebut, klik tombol download di bagian atas situs, dan tadaaa! File PDF andapun kini sudah berubah jadi file Microsoft Word

Mengubah File PDF ke World Secara Online Tanpa Software
convert PDF to Word

 

Bagaimana, sudah paham? Sekarang tinggal kawan sekalian mencobanya. Selamat mengedit!

Share.

Leave A Reply