Selasa, 29 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Menjaga Privasi di Instagram untuk Meningkatkan Keamanan Akunmu!

Cara Menjaga Privasi di Instagram untuk Meningkatkan Keamanan Akunmu!

RANCAH POST – Seperti yang diketahui jika kini fitur pada aplikasi Instagram sangatlah beragam, sehingga menjadikan para penggunanya menjadi lebih asyik berselancar di Instagram hingga mereka menjadi kurang memperhatikan privasi. Maka dari itu, sangat penting untukmu mengetahui cara-cara menjaga privasi di Instagram ini.

Instagram sendiri memang menjadi salah satu media sosial yang cukup banyak sekali penggemarnya. Media yang berada di bawah perusahaan Facebook ini memang mempunyai keunggulan pada konten audio dan visualnya. Instagram juga menarik perhatian para pengguananya dengan banyaknya fitur-fitur menarik.

Akan tetapi, namanya juga sosial media, tentu akan ada saja resiko dilihat, diganggu dan bahkan diam-diam mengambil konten yang kamu gunakan. Nah, agar terhindar dari berbagai resiko lainnya, tak ada salahnya bukan jika kamu lebih berjaga-jaga mulai saat ini?

Untuk itu, yuk lakukan beberapa cara menjaga privasi di Instagram berikut ini agar akun kamu tetap aman dan tentunya terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Menjaga Privasi di Instagram

Pisahkan Akun Instagram

Pada saat kamu akan menggunakan Instagram, maka alangkah baiknya untuk memikirkannya terlebih dahulu apakah kamu akan menggunakannya untuk kepentingan pribadi atau bersosialisasi.

Nah, jika ternyata kamu mempunyai dua kepentingan yang berbeda, maka sangatlah disarankan untuk kamu memisahkan kedua akun tersebut. Akan lebih baik lagi jika yang satu merupakan akun bisnis Instagram dan yang lainnya akun personal.

Buat Akun Pribadi

Cara menjaga privasi di Instagram selanjutnya ialah dengan mengunci akun menjadi akun pribadi. Maka dengan menggunakan akun pribadi, pengguna lainnya tidak bisa langsung mengikuti (follow) akun kamu sebelum kamu menyetujuinya.

Dengan demikian, kamu bisa memilih siapa saja yang dapat mengikuti kegiatan kamu di Instagram. Kamu juga akan tahu siapa saja yang mem-follow, maka jika suatu akun terlihat mencurigakan maka kamu bisa menolaknya.

Buat Daftar Teman Dekat

Kamu bisa menggunakan fitur daftar teman dekat ini untuk selalu menjaga privasi kamu di Instagram ya, guys. Dengan begitu, kamu bisa membuat daftar teman dan memisahkan kepentingannya. Misalnya antara teman dan keluarga.

Nah, ketika kamu membuat kiriman Instagram yang mungkin agak personal, kamu pun dapat memilih untuk hanya membagikannya dengan orang yang terdapat di daftar tersebut. Sehingga akan menjadikannya lebih terbatas, tak bisa dilihat oleh semua orang.

Kontrol Komentar

Cara menjaga privasi di Instagram lainnya ialah dengan mengontrol komentar agar komentar di kiriman Instagram kamu tidak rusuh. Untuk mengaturnya, kamu bisa masuk pada halaman Pengaturan > Kontrol Komentar.

Di sana kamu bisa mengatur siapa yang dapat berkomentar, blokir komentar dari pengguna tertentu, menyembunyikan komentar yang kasar, dan membuat penyaringan kata tertentu.

Mengontrol Story

Jangan lupa untuk mengontrol Instagram Story ya! Kamu bisa mengatur privasinya dengan membuka halaman Pengaturan > Kontrol Cerita.

Di sana kamu bisa mengatur siapa saja yang ingin kamu pilih untuk tidak melihat story yang kamu buat, mengijinkan balasan, ijin untuk membagikan ulang sebagai pesan pribadi atau sorotan, dan lainnya.

Ijin Membagi Kiriman ke Cerita

Kemudian cara menjaga privasi di Instagram yakni dengan membuat ijin untuk siapa saja yang ingin membagikan kirimanmu ke ceritanya dengan pergi ke Pengaturan > Membagikan ulang ke Cerita.

Pada menu tersebut kamu bisa mengatur apakah foto atau video di beranda dan IGTV Disetujui untuk dibagikan ulang ke cerita atau tidak ya, guys!

BACA JUGA: Cara Mengunci Instagram Agar Tidak Bisa Dilihat Orang Lain

Blokir Akun

Jika kamu menemuin akun pengguna lain yang mengganggu, maka alangkah baiknya untuk memblokir saja akun tersebut. Jika sudah diblokir, maka akun tersebut pun tak akan bisa lagi mencari dan melihat profil kamu, termasuk melihat kiriman dan Story yang kamu buat.

Nah, demikianlah sederet cara menjaga privasi di Instagram yang dapat kamu gunakan untuk bisa lebih meningkatkan keamanan dari berbagai resiko yang bisa saja terjadi. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan