Selasa, 29 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 8 Cara Membuat Power Point Menarik untuk Melakukan Presentasi

8 Cara Membuat Power Point Menarik untuk Melakukan Presentasi

RANCAH POST – Di tengah perkembangan teknologi, kini persentasi biasanya akan disampaikan melalui bantuan dari Power Point, yang merupakan salah satu program keluaran Microsoft yang banyak digunakan sebagai media presentasi. Nah, kamu tahu gak bagaimana cara membuat power point agar terlihat menarik?

Mungkin selama ini kita hanya mengerti jika Power Point hanya bisa digunakan untuk membuat slide presentasi saja. Akan tetapi bukan hanya itu saja, aplikasi ini pun bisa membuat bahan presentasi dalam bentuk hardcopy dan softcopy.

Nah, jika kamu tak mengerti dalam menggunakan Power Point dengan maskimal, maka tak jarang slide persentasi menjadi kurang menarik dan tidak maksimal. Sehingga hal tersebut akan mengakibatkan presentasi yang menjadi membosankan dan tak menarik.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk kamu dalam memahami bagaimana membuat Power Point yang bagus dan unik. Berikut ini terdapat beberapa cara membuat Power Point menarik yang bisa kamu coba lakukan.

Cara Membuat Power Point Menarik

Buatlah ‘Killer Opening Slide’

Killer Opening Slide merupakan slide pembuka presentasi yang nantinya akan sangat mengundang perhatian. Pasalnya awal persentasi merupakan salah satu kesempatan untukmu menarik perhatian dari para audiens.

Jangan lupa untuk menambahkan gambar-gambar menarik, unik, dan warna yang mencolok akan tetapi tetap enak dipandang. Jika awal persentasi kamu sudah bagus, tentu semua orang akan tertarik untuk terus memperhatikan persentasi selanjutnya.

Gunakan Theme Custom

Cara membuat Power Point menarik selanjutnya dengan menggunakan tema atau theme custom dari Power Point. Tentunya Miscrosoft ini mempunyai tema built-in yang dapat kamu gunakan dengan gratis.

Namun, jika kamu merasa bosan dan ingin suatu hal yang berbeda, maka kamu bisa menggunakan tema premium ataupun tema gratis dari web penyedia tema Power Point tersebut.

Tema-tema yang ada pada selain Power Pont ini biasanya akan banyak sekali gagasan. Bukan sekedar beragam warna dan font pilihan terbaik saja, tema-tema ini pun hadir dengan tujuan untuk desain slide.

Kamu juga bisa melewatkan kerja keras untuk membuat setiap presentasi dari awal dan fokus pada konten kamu sendiri di placeholder.

Menghemat Waktu dengan Slide Master

Slide Master ialah fitur yang menjaga konsistensi elemen-elemen slide, mulai dari font, model tulisan, gambar, warna latar belakang slide, dan lain sebagainya.

Fitur yang satu ini akan menjadikanmu lebih hemat waktu. Pasalnya slide master bisa memberikan template sesuai dengan keinginanmu yakni dengan waktu yang lebih singkat.

Dengan demikian, maka kamu juga tak usah lagi membuang banyak energi untuk mengedit slide-slide yang kamu buat secara satu per satu karena telah sama dari awal. Cara membuat Power Point yang seperti ini bisa kamu temukan pada menu View dengan detail seperti pada gambar.

Gunakan Built-in Slide Layouts

Cara membuat Power Point menarik kali ini bisa kamu lakukan jika kamu tengah mempunyai banyak waktu luang, maka kamu pun dapat membuat desain slide persentasi dengan satu per satu menggunakan layouts sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Dalam tema Power Point, kamu akan mendapati macam-macam layout, yang merupakan desain slide custom. Layout ini bisa kamu gunakan untuk titik awal dalam desain slide kamu sendiri. Dan kamu juga bisa memilih layout sesuai dengan apa yang kamu inginkan dengan cara yang berbeda-beda.

Gunakan Skema Warna atau Color Scheme

Skema warna memang sangatlah penting guna menciptakan keharmonisan dan juga profesionalitas dalam presentasi kamu. Karena, dengan warna yang humoris maka slide yang kamu akan tunjukan pun akan terlihat lebih menarik dan mengundang perhatian.

Kamu bisa menggunakan skema dengan memakai skema yang kamu inginkan dan tentunya yang telah disediakan oleh Power Point atau dilihat dari majalahnya.

Align Text yang Konsisten

Cara membuat Power Point menarik lainnya dengan selalu memperhatikan dan menjaga agar teks yang kamu tulis sejajar dengan orientasi yang sama, sehingga akan menjadikan slide kamu menjadi lebih rapi dam bersih. Gunakan pula align text yang konsisten untuk judul, paragraf, dan daftar list bullet.

Tata Letak Dari Power Point Designer

Fitur terbaru dari Microsoft Power Point yakni Power Point designer yang bisa kamu gunakan untuk menjadikan tata letak gambar dan tulisan menjadi lebih bermacam-macam dan tak membosankan.

Power Point Designer ini akan denganm otomatis muncul apabila kamu menambah dan juga memasukkan gambar ke dalam slidenya.

Teks yang Tepat dan Mudah Dibaca

Cara membuat Power Point menarik berikutnya yakni dengan selalu memastikan jika kamu menggunakan teks yang tepat dan mudah dibaca. Karena presentasi yang kamu buat memang bertujuan untuk bisa dilihat seluruh audiens.

Gunakan ukuran font yang cukup besar sehingga tetap terlihat dengan baik dan dapat terbaca oleh audiens yang berada di kursi depat maupun belakang.

BACA JUGA: 7 Cara Membuat Caption Menarik di Instagram

Kamu pun bisa menggunakan font yang berbeda-beda kok! Akan tetapi jangan sampai berlebihan sehingga nantinya akan menjadikan presentasi kamu justru terlihat norak dan terlalu ramai.

Nah, sekian mengenai beberapa cara membuat Power Point menarik yang bisa kamu coba agar presentasi yang akan kamu lakukan menjadi lebih bagus. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan