Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 7 Cara Membuat Caption Menarik di Instagram

7 Cara Membuat Caption Menarik di Instagram

RANCAH POST – Bingung mau nulis kata-kata atau caption yang bagus pada saat akan mengunggah foto atau video ke Instagram? Padahal, cara membuat caption menarik di Instagram mudah banget lho!

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika Instagram memang salah satu media sosial yang memberikan para penggunanya untuk bisa mengunggah gambar atau foto dan juga video-video terbaik pilihan.

Akan tetapi, bukan berarti hal yang penting pada aplikasi Instagram ini ialah hanya sekedar mengunggah foto dan juga video yang indah saja, nmaun juga kamu harus memberikan caption atau tulisan yang menjelaskan foto dan juga video tersebut.

Dengan menggunakan caption ini, maka akan sangat berguna untukmu mengajak dan berinteraksi dengan followers kamu. Maka dari itu kamu harus tahu bagaimana cara membuat caption yang menarik di Instagram berikut ini.

Cara Membuat Caption Menarik di Instagram

Selalu perhatikan EYD dan tidak typo

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam membuat caption ialah dengan selalu memperhatikan ejaan dan penggunaan huruf kapital dengan baik dan benar.

Penggunaan bahasa slang memang bisa saja kamu gunakan, namun jangan terlalu banyak singkatan-singkatan yang kamu tulis karena akan menjadikan followers kamu kebingungan dalam membacanya. Apalagi yang tidak terbiasa dengan tulisan-tulisan slang tersebut.

Tentunya kamu tak ingin kan jika foto yang akan kamu unggah tersebut tak akan tersampaikan dengan baik karena adanya masalah dengan struktur bahasa yang tidak baik dan terlalu banyak menggunakan bahasa yang disingkat?

Batasi penggunaan hashtag

Dalam penulisan caption memang kamu bisa menggunakan hashtag agar foto kamu bisa dilihat oleh banyak orang, akan tetapi cara membuat caption menarik di Instagram yang baik ialah dengan tidak menggunakan hashtag terlalu banyak.

Misalnya, kamu bisa menggunakan 1-4 hashtag saja yang tentunya menjadi lebih relevan dengan foto yang kamu post karena jika terdapat banyak hashtag justru akan terlihat tidak efektif dan berantakan.

Dan akan jauh lebih baik pada saat menggunakan hashtag, kamu meletakkannya di akhir caption kamu dan selalu memastikan jika hashtag yang kamu gunakan merupakan hashtag yang banyak orang digunakan oleh orang lain juga.

Masukkan informasi terpenting di awal caption

Pada Instagram, jika caption kamu telah lebih dari 3-4 baris, maka kalimat pada caption yang kamu tulis berikutnya tak akan lagi terlihat secara keseluruhan oleh pengikut kamu.

Untuk melihat kesuluruhan caption, maka mereka harus mengklik more terlebih dahulu. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu menuliskan poin terpenting dari caption pada awal kalimat saja.

Ajukan pertanyaan

Cara membuat caption yang menarik di Instagram lainnya tak hanya dilakukan untuk menyampaikan sebuah cerita, akan tetapi juga bisa sesekali dengan mengajukan sebuah pertanyaan di dalam caption yang kamu tulis.

Hal ini akan menjadikan followers kamu menjadi semakin penasaran pada konten selanjutnya. Di sisi lain, tips yang satu ini akan menghindari dari rasa bosan pengikut dalam memantau konten yang kamu bagikan.

Interaksi dengan pengikut akan semakin asyik apabila kamu pun membalas respons yang mereka berikan di kolom komentar. Jika ia tertarik, maka besar kemungkinan konten kamu akan disebarkan dan muncul pengikut-pengikut baru yang berdatangan.

Caption yang simpel namun berkesan

Jika salah satu orang yang tak mau ribet dan tidak terlalu panjang, maka kamu bisa menggantinya menjadi lebih simpel dan sederhana. Karena caption yang simpel bukan berarti tak mempunyai pesan yang bisa tersampaikan lho!

Kamu bisa menggunakan pilihan kata yang tepat sasaran agar menimbulkan kesan, sehingga caption yang kamu buat tak terlewatkan oleh pengikut sehingga kamu bisa menyampaikan pesan di awal kalimatnya.

Bagikan penggalan caption pada Instagram story

Cara membuat caption menarik di Instagram berikutnya yakni dengan membagikan penggalan caption yang kamu buat di Instagram story pula. Pasalnya, Instagram story ini biasanya akan lebih mudah terlihat, mengingat durasinya yang sangat singkat tersebut.

Jangan khawatir, bukan berarti caption kamu menjadi sia-sia kok. Kamu dapat membagikan penggalan caption kamu melalui Instagram story. Dengan begitu, ini akan lebih mudah terlihat, karena mengingat durasinya yang singkat.

Oleh karena itu tak ada salahnya jika kamu membagikan unggahanmu di stories dengan menambahkan pula potongan caption pada unggahan kamu. Hal ini maka akan memancing pengikut untuk membuka unggahan yang kamu buat tersebut.

Gunakan emoji

Jangan ragu untuk menggunakan emoji maupun simbol-simbol yang lainnya. Pasalnya, selama masih relevan dan tak terlalu banyak, maka emoji akan dapat mempercantik caption yang akan kamu bagikan.

BACA JUGA: 6 Fitur Rahasia yang Terdapat di Instagram Story

Misalnya pada saat kamu meng-upload sebuah foto pantai, maka kamu dapat menambahkan simbol-simbol yang menggambarkan suasana pantai, misalnya pohon kelapa dan ombak.

Nah, itu dia sederet cara membuat caption menarik di Instagram yang bisa kamu gunakan secara bergantian. tentunya dengan melakukan cara-cara di atas maka caption yang kamu gunakan akan menjadi lebih bervariasi dan menarik. Semoga bermanfaat, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,196FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan