Kamis, 24 September 2020
Beranda Teknologi Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Gambar dan Cara Mengatasinya

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Gambar dan Cara Mengatasinya

RANCAH POST – Aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan tiba-tiba tidak bisa mengirim gambar? Jangan khawatir, mendingan kamu cari tahu terlebih dahulu penyebab dan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim gambar tersebut.

Cara mengirim foto atau gambar dan juga file WhatsApp memang tergolong sangat mudah sekali. Akan tetapi, bagaimana jika ternyata WhatsApp yang kita gunakan secara tiba-tiba mengalami masalah tidak bisa mengirim gambar?

Penasaran kan sebenarnya apa sih penyebabnya? Nah sebelum membahas cara mengatasinya, alangkah baiknya kamu harus mengatahui terlebih dahulu penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim gambar berikut ini.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Gambar dan Cara Mengatasinya

Internet Lambat

Pada saat kamu ingin mengirim gambar, mode internet yang pada awalnya download akan berubah menjadi upload. Maka dari itu, kecepatan upload ini tak bisa disamakan dengan kecepatan download.

Kecepatan upload pada umumnya akan lebih lambat jika dibandingkan dengan download. Maka, jika ternyata secara tiba-tiba kamu tak bisa mengirim gambar di WhatsApp, kemungkinan besar terjadi karena koneksi internet di ponsel kamu untuk meng-upload lambat.

Internet Tidak Stabil

penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim gambar lainnya yakni bisa saja terjadi karena memang jaringan internet pada smartphone yang kamu gunakan tidaklah stabil atau mengalami gangguan.

Kacepatan saja tidak cukup memang, karena proses upload juga bisa saja mengalami kegalalan apabila koneksi internet kamu tidak stabil.

Misalnya saja, pada saat kamu tengah berada di perjalanan, bisa saja sinyal internet secara tiba-tiba mennjadi disconnect sebelum akhirnya menjadi connect kembali.

Salah Mengatur Tanggal dan Waktu di HP

Salah dalam hal mengatur tanggal dan waktu pada smartphone bisa saja menyebabkan WhatsApp menjadi tidak bisa mengirim gambar. Karena tanggal dan waktu pada HP kamu harus sesuai dengan saat ini agar tak akan muncul masalah atau error.

Jika ternyata tanggal dan waktunya berbeda dengan saat ini, maka gambar yang kamu kirim bisa saja gagal terkirim nantinya.

Akses Penyimpanan Belum Diizinkan

Penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim gambar berikutnya bisa saja terjadi karena akses penyimpanan yang belum diizinkan sebelumnya.

Perlu kamu ketahui jika akses izin WhatsApp ini memang sangatlah penting untuk kamu atur, agar tetap berjalan dengan baik. Nah, khusus foto, WhatsApp memang harus mendapatkan izin mengakses penyimpanan terlebih dahulu.

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim gambar, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini.

Cek Koneksi Internet

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak nisa mengirim gambar yakni dengan mengecek jaringan internet di smartphone kamu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kecepatan upload pada koneksi internet biasanya akan menjadi lambat jika dibandingkan dengan kecepatan download.

Dengan demikian, maka proses mengunggah gambar pada WhatsApp pun mengalami kendala. Biasanya, kecepatan upload akan lebih lambat 50 sampai 60 persen dari kecepatan download.

Untuk mengatasinya, alangkah baiknya kamu pindah tempat terlebih dahulu atau dengan mematikan kemudian menghidupkan kembali jaringan internet guna mengetes koneksi koneksinya atau kamu bisa mengunjungi situs Fast.com atau Speedtest.net agar bisa mengetahui kecepatan internet di ponselmu.

Cek Pengaturan Tanggal dan Waktu di HP

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika salah satu penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim gambar yakni karena adanya kesalahan dalam mengatur tanggal dan waktu di smartphone kamu. Maka dari itu kamu harus menyetel ulang pengaturan tersebut.

Umumnya, memang pengaturan tanggal dan juga waktu di smartphone biasanya telah otomatis pada saat kamu memasukkan kartu SIM. Akan tetapi, tak sedikit pula kejadian yang menyebabkan pengaturan tanggal dan waktu tersbut menjadi salah.

Jika pengaturan ini salah, maka tak hanya WhatsApp saja yang error, namu kamu juga bisa mengalami error pada saat melakukan browsing dan membuka aplikasi lainnya di HP yang kamu gunakan.

Maka dari itu, lakukan pengaturan ulang pada tanggal dan waktu di HP kamu agar dapat mengatasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim gambar.

Clear Chace WhatsApp

Penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim gambar bisa saja terjadi karena WhatsApp mengalami error di cache yang ada pada aplikasinya. Nah, cara mengatasinya sangatlah mudah sekali, yakni dengan menghapus cache tersebut.

Reinstall WhatsApp

Jika semua cara-cara di atas sudah kamu lakukan namun tisak bisa mengatasi masalah WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan, maka cara terakhir yang bisa kamu coba yakni dengan opsi reinstall aplikasi WhatsApp tersebut.

BACA JUGA: 5 Hal yang Menjadi Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Melakukan reinstall WhatsApp sama halnya dengan mengganti data-data yang ada pada WhatsApp menjadi baru dan segar kembali. Bahkan jika tersedia, fitur-fitur pada WA kamu akan ter-update.

Kamu dapat menghapus aplikasi WhatsApp seperti biasa, dan kemudian mendownload serta memasangnya kembali di Google PlayStore maupun App Store, ya!

Demikianlah beberapa penyebab WhatsApp tidak bisa kirim gambar dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,962FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan