Kamis, 6 Agustus 2020
Beranda Teknologi 5 Hal yang Menjadi Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

5 Hal yang Menjadi Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

RANCAH POST – Rasanya akan sangat menyebalkan pada saat sedang asyik-asyiknya chatting namun tiba-tiba notifikasi di aplikasi WhatsApp tidak muncul. Lantas, apa sih yang menjadi penyebab notifikasi WhatsApp yang menjadi tidak muncul tersebut?

Mungkin semua orang sudah mengetahui bahwa WhatsApp merupakan aplikasi chatting atau messenger dengan jumlah pengguna terbanyak. Karena hanya bermodalkan internet saja, kamu bisa bertukar pesan dengan siapa saja dan di mana saja.

Hampir semua pengguna smartphone kini telah memasang aplikasi WhatsApp ini di ponselnya guna menjadi sarana untuk bisa mereka gunakan berkomunikasi. Fitur voice dan juga video call ataupun chatt memang sangat berguna untuk menggantikan peran SMS dan telepon biasa yang menggunakan pulsa.

Kendati demikian, WA juga tentu akan mengalami masalah. Diantara masalah tersebut ialah notifikasi yang tidak muncul sehingga mengakibatkan terganggunya aktivitas chatting kamu.

Terdapat banyak sekali penyebab notifikasi WhatsaApp tidak muncul atau masuk. Nah, agar kamu tak penasaran berikut ini beberapa penyebabnya, antara lain:

Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

HP Tidak Tersambung pada Internet

Penyebab  notifikasi WhatsApp tidak muncul yang pertama ini memang menjadi salah satu faktor utama yang sangat kerap sekali terjadi. Agar dapat menggunakan WhatsaApp dengan maksimal, memang ponsel yang kamu gunakan harus mempunyai koneksi jaringan yang stabil dan lancar.

Pada saat kamu tidak terkoneksi pada internet yang stabil, WhatsApp akan mengalami kendala untuk dapat menerima dan mengirim pesan, dan juga dalam hal menampilkan notifikasi.

Cara paling simpel untuk mengecek koneksi internet di smartphone kamu ialah dengan mengunjungi website di browser smartphone kamu.

Jika website tak terbuka, itu artinya ada masalah pada koneksi inetrnet di ponselmu. Kamu bisa coba mengatur setelan internet kamu untuk mencuri sinyal WiFI di sekitar.

Notifikasi HP Dimatikan

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul yang selanjutnya bisa saja terjadi karena memang notifikasi HP kamu dimatikan. Oleh karena itu, segeralah untuk mengecek notifikasi HP kamu terlebih dahulu. Mungkin saja, fitur notifikasi di HP kamu memang tak sengaja dimatikan atau mute.

Tak hanya itu, pada smartphone Android jaman sekarang juga terdapat fitur DND atau Do Not Distrub yang dapat mematikan notifasikasi yang muncul dan masuk.

Fitur DND ini bisa kamu gunakan pada saat kamu akan bermain game atau menonton video di HP kamu dan tak ingin terganggu oleh notifikasi yang masuk.

Fitur ini bisa kamu temukan di notification bar pada saat kamu men-swipe layar smartphone kamu ke bawah. Bukan tak mungkin kamu tak sengaja memencet DND sehingga notifikasi WA tidak masuk.

WhatsApp Tidak Berjalan di BackGround

Penyebab Notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa terjadi karena WA yang tak berjalan di background. Karena meskipun HP kamu sedang didiamkan, aplikasi-aplikasi yang terdapat di HP kamu tentu akan tetap bekerja di background atau latar belakang ya, guys.

Akan tetapi, aplikasi yang terus berjalan di latar belakang ini tak jarang menjadikan HP kamu menjadi cepat sekali habis. Fitur penghemat baterai pun akhirnya akan mematikan aplikasi-aplikasi tersebut.

Nah, WhatsApp ini menjadi salah satu aplikasi yang harus tetap berjalan di background. Hal ini disebabkan WhatsApp membutuhkan sinyal untuk menerima dan mengirim pesan secara live.

Maka, kamu bisa mengatur apa saja aplikasi yang akan kamu jalankan di di background. Karena bisa saja ponselmu akan mematikan akses WhatsApp untuk lebih menghemat baterai.

WhatsApp di HP Terkoneksi ke WhatsApp Web

Salah satu keunggulan WhatsApp yang paling sering digunakan ialah kemampuannya dalam mensinkronisasikan pada PC atau laptop yang tengah kamu gunakan.

Fitur WhatsApp Web ini sangatlah bermanfaat untuk kamu yang sedang bekerja menggunakn PC dan juga laptop. Kamu tak usah memegang HP untuk membaca atau membalas chat di WhatsApp.

Hal ini pula lah yang menjadi salah satu penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul karena jika kamu mengaktifkan layanan WhatsApp Web, maka notifikasi yang harusnya muncul di ponselmu akan pindah pada dekstop.

Untuk bisa mengatasinya, alangkah baiknya kamu log out terlebih dahulu dari PC atau komputer yang kamu gunakan untuk mengakses WhatsApp Web.

Preferensi Aplikasi Berubah

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul bukan hanya disebabkan karena adanya masalah pada konektivitasnya saja. Namun kamu pun harus mempertimbangkan masalah setelan preferensi WA di HP yang kamu gunakan.

Semua aplikasi yang terinstall di HP Android kamu akan mempunyai preferensi yang berisi permohonan akses dan setelan khusus aplikasi tersebut.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul di Semua HP Android

Apabila setelan preferensi aplikasi kamu tak sesuai, maka aplikasi yang kamu gunakan tersebut akan tak berfungsi dengan normal. Untuk bisa mengatasinya yakni dengan mengembalikan preferensi ke setelan default atau awal ya, guys.

Nah, demikianlah beberapa penyebab yang akan menjadikan notifikasi WhatsApp kamu menjadi tidak muncul di ponsel. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan