Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi 6 Penyebab HP Meledak Saat di Charge yang Harus Dihindari!

6 Penyebab HP Meledak Saat di Charge yang Harus Dihindari!

RANCAH POST – Pernah mendengar mengenai kejadian HP yang meledak saat sedang di charge? Ternyata memang ada lho yang menjadi penyebab umum HP meledak pada saat di charge, dan kamu harus tahu mengenai beberapa penyebabnya.

Saat ini mungkin tak sedikit terjadi kasus meledaknya HP yang sudah menimbulkan banyak sekali korban. Lantas, apa sih yang menyebabkan HP meledak saat sedang melakukan charge tersebut?

Umumnya ponsel meledak memang mempunyai beberapa penyebab, mulai dari terjadi korsleting pada baterai, bahkan ponsel yang terjatuh juga bisa menjadi salah satu penyebab insiden ini terjadi.

Untuk lebih lengkapnya lagi apa saja yang menjadi penyebab HP meledak ketika di charge, di bawah ini beberapa diantaranya.

Penyebab HP Meledak Saat di Charge

Digunakan pada saat sedang dicharge

Salah satu yang bisa menyebabkan HP meledak yang satu ini memang sangatlah sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone. Ya, HP yang sering digunakan pada saat dicharge, dan digunakan untuk melakukan aktivitas berat sepereti bermain game.

Oleh karena itu, menjadi tak heran jika banyak produsen HP yang menyarankan untuk tidak menggunakan ponselmu saat tengah melakukan pengisian daya. Dan alangkah lebih baik lagi jika kamu menonaktifkan HP kamu pada saat tengah mengisi daya.

Smartphone mengalami overheat

Overheat atau yang disebut juga dengan kelebihan panas juga bisa menjadi salah satu penyebab HP meledak saat di charge karena adanya komponen yang rentan dan mudah sekali untuk terbakar.

Overheat ini akan terjadi jika perangkat tak mempunyai sirkulasi udara yang mencukupi. Misalnya kamu menaruhnya pada jok motor, tertindih pada saat kamu sedang tidur, atau bisa juga karena kamu menggunakan casing tambahan yang tak mempunyai sirkulasi udara.

Kerusakan pada fisik baterai

Smartphone yang meledak juga bisa terjadi karena memang adanya kerusakan atrau cacat pada fisik baterai yang dipicu karena umur baterai yang telah terlalu lama atau memang karena memang keadaan baterai yang sudah bocor atau kembung.

Hal ini tentu akan dengan mudah memicu terjadi ledakan jika kamu tak teliti memeriksanya. Apalagi hal ini akan jauh berisiko jika kamu memang telah membeli HP yang sudah bekas.

Charger dan baterai tidak original

Penyebab HP meledak saat di charge yang satu ini yang sangat umum banget terjadi. Karena tak sedikit orang yang tak paham dengan penggunaan charger dan baterai yang tidak original akan mengakibatkan kerusakan pada HP.

Hal ini beralasan karena setiap brand tentunya sudah memperhitungkan pengaturan yang berbeda untuk setiap tipenya. Mulai dari arus yang dialirkan hingga ketahanan baterai saat pengisian daya.

Menjatuhkan HP dari ketinggian

Jangan pernah menyepelekan Hp yang terjatuh dari ketinggian ya, guys! Hal ini karena bisa mengakibatkan adanya komponen dalam HP yang akan mengalami kerusakan dan bahkan menjadi salah satu penyebab HP meledak saat di charge.

Dan jika kamu membiarkannya terlalu lama, maka kerusakan komponen tersebut akan menimbulkan korsleting sehingga menyebabkan HP yang meledak secara tiba-tiba.

Masalah pembuatan baterai

Pernah mendengar kasus ponsel meledak yang terjadi pada Samsung Galaxy Note 7? Hal tersebut ternyata bersumber dari kesalahan pada saat pembuatan baterai lho, guys!

Perusahaan tersebut ternyata memasok baterai dengan dua sumber yang berbeda. Untuk baterai yang berasal dari Samsung ITB, ternyata tal terdapat cukup ruangan antara lapisan pelindung panas dan bagian internalnya, sehingga mengakibatkan korslet.

BACA JUGA: Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam Pada Smartphone

Sementara baterai yang dipasok dari Amperax Technology Limited, ternyata terdapat beragam sel yang ditemukan tak mempunyai insulation tape, dan beberapa baterai mempunyai prostrusi yang tajam sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada separator antara anoda dan katoda.

Baterai-baterai yang juga mempunyai separator yang tipis memang akan menimbulkan risiko kerusakan separator dan korslet ya, guys!

Nah itu dia sederet penyebab HP meledak saat di charge yang harus kamu ketahui agar dapat kamu hindari. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,196FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan