Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam Pada Smartphone

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam Pada Smartphone

RANCAH POST – Berapa lama masa pakai sebuah baterai HP biasanya tergantung pada kebiasaan penggunanya. Nah, agar kamu mengetahui kondisi baterai HP kamu, maka alangkah baiknya kamu melakukan cara cek kesehatan baterai tanam smartphone ini.

Seperti yang kita ketahui jika baterai memang mempunyai peranan penting untuk sebuah smartphone karena komponen ini yang menjadikan perangkat tersebut menyala.

Pada umumnya agar kita bisa mengetahui kondisi baterai Hp masih sehat atau tidak, kita akan mengecek fisiknya secara langsung, di mana jika baterai yang masih normal itu tidak akan terlihat kembung.

Namun, bagaimana dengan non-removable battery atau baterai tanam? Tentu hal ini sangatlah sulit bukan? Dan pastinya masih banyak yang tidak tahu mengenai cara yang satu ini.

Karena, kebanyakan dari pengguna Android mungkin belum terbiasa membuka HP dengan baterai tanam, sehingga metode pengecekannya pun akan menjadi tidak sama.

Kendati demikian, kamu tak usah khawatir karena kamu masih bisa mengetahui kondisi baterai HP kamu itu dengan melakukan cara cek kesehatan baterai tanam berikut ini:

Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam

Menggunakan HP Dalam Keadaan yang Full Load

Durasi ketahanan daya baterai, biasanya akan menjadi berkurang kapasitasnya seiring dengan penggunaannya. Maka dari itu, kamu bisa mencoba mengetesnya dengan cara menggunakan HP untuk melakukan pekerjaan yang berat.

Yang dimaksud dengan pekerjaan yang berat di sini ialah kamu menggunakannya untuk bermain game, atau membuka aplikasi apa saja yang sekiranya dapat menjadikan HP kamu dalam keadaan yang full load.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membuka banyak aplikasi sekaligus di Hp. Misalnya langsung membuka 5 aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Jika sudah, maka cara cek kesehatan baterai tanam bisa kamu lakukan dengan mengecek indikator pada baterai. Jika menurutmu baterai berkurang dengan normal dan masih masuk akal, maka itu berarti baterai kamu tak mempunyai masalah.

Akan tetapi, jika ternyata baterai kamu berkurang dengan sangat drastis, sudah bisa dipastikan jika memang baterai HP kamu mengalami masalah.

Menggunakan Kode Pengecek Baterai

Nah, untuk cara cek kesehatan baterai tanam dengan menggunakan kode pengecek baterai ini biasanya pada setiap jenis HP akan tersedia ya, guys. Apalagi untuk tipe non-removable battery. Sebagiab besar tentunya telah dilengkapi dengan fitur yang satu ini.

Untuk cara mengeceknya sendiri, kamu bisa melakukannya dengan membuka Dial Pad> Ketik *#*#4636#*#*> Kemudian tunggu hingga beberapa detik, dan nantinya akan muncul menu baru.

Setelah itu, masuk pada menu Battery Information atau Battery Statistic. Di sana kamu akan mendapatkan indikator baterai HP kamu, jika masih bagus, biasanya akan terdapat tulisan Good atau Baik.

Akan tetapi, jika pada ponselmu ternyata belum mendukung fitur yang satu ini, maka alternatifnya yakni kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, ya.

Menggunakan Aplikasi AccuBattery

Cara cek kesehatan baterai tanam lainnya yakni dengan menggunakan aplikasi AccuBattery yang merupakan aplikasi dengan beragam manfaat yang berkaitan dengan baterai HP. Aplikasi ini cocok digunakan untu berbagai jenis smartphone, baik itu tipe removable battery atau tipe non-removable battery (baterai tanam). Cara menggunakannya yakni:

  • Pertama-tama silahkan download dan install aplikasi AccuBaterry terlebih dahulu.
  • Kemudian, habiskan daya baterai hingga 0%.
  • Lalu, sambungkan ponsel kamu dengan charger, kemudian nyalakan.
  • Pastikan aplikasi AccuBattery telah berjalan ya, guys.
  • Dan yang terakhir, lepas charger dan kamu buka kembali aplikasi AccuBattery. Di sana akan menampilkan mengenai informasi Health baterai dan juga estimasi daya tahannya.

Melepas Casing Belakang HP

Jika cara cek kesehatan baterai tanam sebelumnya dirasa tidak puas, maka kamu bisa menggunakan cara yang satu ini yakni dengan melepas casing belakang HP agar kamu bisa melihat secara langsung kondisi fisik baterainya.

Baterai yang normal tentu saja bentuknya akan masih datar dengan kondisi fisik yang masih bagus. Namun, lain halnya dengan baterai yang sudah rusak yang akan nampak sebaliknya.

Akan tetapi perlu kamu ketahui, jika melepas casing belakang HP dengan tipe baterai tanam memang agak sulit kamu lakukan, apalagi jika kamu baru mencobanya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Baterai Tanam yang Bocor

Terlebih lagi jika HP kamu masih ada garansinya, maka garansi tersebut pun secara otomatis akan hangus begitu saja. Oleh karena itu, silahkan pertimbangkan kembali resiko yang akan timbul kedepannya ya, guys!

Itu dia 4 cara cek kesehatan baterai tanam yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan cara-cara di atas, rasa penasaran kamu terhadap kondisi baterai HP tanam kamu itu menjadi terselesaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,201FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan