Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Android Nggak Pake Ribet!

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Android Nggak Pake Ribet!

RANCAH POST – Smartphone yang kamu gunakan sering banget masuk pada mode aman sehingga menjadikan aktivitas kamu menjadi terganggu? Jangan khawatir kamu bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa cara menghilangkan mode aman di HP kok!

Perlu kamu ketahui jika sistem operasi Android yang berbasis open-source memungkinkan penggunanya untuk bisa mengutak-atik dan memodifikasinya. Oleh karena itu, tak sedikit jasa root yang ditawarkan pada pengguna Android.

Hal ini memang sangat memudahkan, akan tetapi hal ini pula lah yang menjadikan sistem HP Android yang digunakan menjadi mudah rusak, apalagi dengan root dan aplikasi riskan yang terinstall di HP kamu.

Biasanya, HP Android akan langsung masuk pada mode aman agar bisa terhindar dari kerusakan yang semakin parah. Dan biasnaya HP yang masuk pada mode aman tersebut akan me-restart sendiri kemudian muncul tulisan Safe Mode di pojok bawah layar.

Nah, mengenai beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan mode aman di HP dengan mudah, langsung saja yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP

Restart HP

Tips menghilangkan mode aman yang sangat simpel dan mudah yakni dengan me-restart HP Android kamu. Normalnya, mode aman akan muncul beberapa saat saja sampai isu-isu yang terdapat di smartphone kamu dapat diselesaikan.

Jika kamu yakin tak ada masalah apapun yang terjadi pada sistem ponselmu ataupun merasa tak sengaja mengaktifkan mode aman tersebut, maka kamu bisa mencoba cara yang satu ini.

Caranya pun tidaklah sulit, kamu hanya tinggal menekan tombol Power di HP selama beberapa menit. Jika sudah, kamu klik menu Restart atau Turn Off dan kamu bisa menyalakan lagi HP kamu.

Melepas Baterai

Cara menghilangkan mode aman di HP yang bisa kamu lakukan selanjutnya yakni dengan melepaskan baterai yang ada di ponselmu. Cara ini dipercaya sangat ampuh banget apalagi jika kamu mempunyai HP yang lemot pada saat ingin me-restartnya.

Dengan melepaskan baterai tersebut, maka HP kamu akan langsung menghentikan segala proses dan HP kamu akan langsung mati. Tunggu beberapa saat terlebih dahulu sebelum kamu memasangkan kembali baterai HP kamu kemudian baru nyalakan kembali.

Akan tetapi, sangat disayangkan untuk smartphone keluaran terbaru saat ini sudah tak menggunakan baterai non-removable lagi sehingga kamu tak bisa mengikuti cara ini. Namun jika baterai kamu masih bisa dilepas, kamu bisa mencoba cara ini ya!

Menghapus Aplikasi yang Multifungsi

Cara menghilangkan mode aman di HP yang satu ini mungkin terbilang agak sulit, karena kamu harus mencoba mengingat apa saja aplikasi atau aktivitas terakhir apa yang kamu lakukan sebelum HP kamu masuk pada mode aman.

Jika kamu sudah mengingatnya, kamu bisa langsung meng-uninstall aplikasi tersebut atau unroot HP. Dan jangan lupa untuk me-restart ponselmu untuk membersihkan proses-pross yang berada di HP kamu.

Menghapus Cache

Cache menjadi salah satu tempat yang berguna untuk penyimpanan sementara agar dapat menyimpan setelan aplikasi, browser, dan game. Hal ini berguna untuk bisa mempercepat proses loading pada saat kamu membuka aplikasi tersebut.

Tak hanya menjadikan memori HP menjadi cepat penuh, akan tetapi cache juga bisa menjadi salah satu penyebab HP Android yang tiba-tiba masuk ke mode aman dengan otomatis.

Maka dari itu, cara menghilangkan mode aman di HP yakni dengan membuka Pengaturan atau Settings> Stroage> Cached Data, kemudian hapus semua cache yang ada di HP kamu tersebut.

Factory Reset

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini memang menjadi satu-satunya cara yang dijamin ampuh, apalagi jika kamu telah menggunakan HP sudah cukup lama.

BACA JUGA: 10 Tips Menjaga Data Pribadi Agar Selalu Aman

Factory reset ini akan me-restart semua data maupun sistem HP kamu sehingga kembali lagi pada kondisi awal layaknya smartphone baru. Hal ini diharapkan untuk bisa mengetasi semua masalah yang terjadi pada smartphone.

Nah, itulah sederet cara menghilangkan mode aman di HP yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,196FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan