Kamis, 13 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 10 Tips Menjaga Data Pribadi Agar Selalu Aman

10 Tips Menjaga Data Pribadi Agar Selalu Aman

RANCAH POST – Beragam aplikasi baik fintech, e-commerce, dan juga platform digital lainnya selalu memerlukan data pribadi penggunanya. Apabila tak berhati-hati, maka para penjahat digital akan dengan mudah menyalahkan data tersebut. Maka, kamu harus mengetahui tips menjaga data pribadi agar tetap aman.

Tak bisa dipungkiri, internet kini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari semua orang. Mulai dari berbelanja, berkirim pesan, bermain media sosial, dan lain sebaginya kini telah bisa digunakan secara online.

Semua kegiatan tersebut tentunya akan tercatat dan tersimpan oleh perusahaan dan layanan yang berbeda-beda. Maka dari itu, tak heran jika dulu seseorang mempunyai privasi, kini hal tersebut seolah hilang. Kerena segala aspek kehidupan masyarakat modern kini berubah menjadi serba online.

Namun sayang, masih banyak masyarakat yang tidak sadar mengenai keamanan data personal pada saat menggunakan internet. Kesadaran terhadap pentinya menjaga data pribadi baru akan muncul pada saat adanya pihak yang tak bertanggung jawab menggunakannya untuk hal yang merugikan.

Nah agar kamu bisa terhindar dari masalah tersebut, maka kamu bisa menerapkan beberapa tips menjaga data pribadi berikut ini:

Tips Menjaga Data Pribadi Agar Selalu Aman

Jangan mengunggah data personal secara sembarangan

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yakni jangan pernah sekali-kali mengunggah data pribadi ke internet, apalagi melalui media sosial. Karena saat ini, kamu akan menjumpai banyak sekali orang yang secara tak sadar telah mengunduh data pribadi kamu misalnya SIM, KTP, ataupun Kartu Keluarga ke media sosial.

Jika ingin mengunggah data tersebut, usahakan agar terlebih dahulu menyensor data penting seperti tanggal lahir, NIK, nomor KK, ataupun nomor SIM.

Hindari menuliskan data pribadi dengan berlebihan ke akun media sosial

Tips menjaga data pribadi di internet lainnya yang harus kamu lakukan yakni dengan menghindari kebiasaan menuliskan profil secara lengkap di akun media sosial. Tulis saja profil pribadi secukupnya saja.

Dan yang harus kamu perhatikan pula yakni jangan pernah untuk mencantumkan nomor telepon kamu, dan semacamnya di halaman yang bisa dibaca secara publik oleh semua orang.

Gunakan password dengan kombinasi huruf dan angka yang sulit ditebak

Langkah pengamanan data pribadi lainnya di internet juga bisa kamu lakukan dengan membuat password yang sulit ditebak. Hindari dalam memakai password misalnya 123456, 111111, atau nama presiden, nama lengkap, dan lain sebagainya ya, guys.

Sebagai gantinya, maka kamu bisa menggunakan kombinasi huruf dan juga angka yang akan membuat siapa saja akan mengalami kesulitan dalam menebaknya.

Jangan sembarangan mengklik tautan di internet

Pencurian data pribadi di internet kini kerap sekali terjadi karena kebiasaan mengklik link tanpa memeriksa terlebih dahulu apakah tautan tersebut aman atau tidak. Praktik pencurian data seperti inilah yang biasa dikenal dengan istilah phishing.

Hal tersebut dilakukan agar bisa mengelabui pengunjungnya, praktik phishing ini pun biasanya disertai pula dengan pembuatan website dengan alamat dan tampilan yang mirip dengan situs resmi di sebuah lembaga.

Biasakan membaca privacy policies

Tips menjaga data pribadi dengan selalu membiasakan diri untuk selalu membaca privacy policies, terutama saat mengunduh aplikasi untuk smartphone yang kamu gunakan.

Hindari aplikasi yang meminta akses ke data pribadi kamu, galeri foto pribadi, seperti nomor kontak, kamera, history panggilan, pesan singkat, dan lain sebagainya. Setujui pemberian akses data personal untuk aplikasi yang memang punya kepentingan sesuai dengan layanannya.

Selalu aktifkan antivirus

Cara menjaga data pribadi juga bisa kamu lakukan dengan melengkapi komputer atau smartphone dengan aplikasi antivirus. Tak hanya sekedar antivirus saja, namun kamu juga perlu secara rutin melakukan update. Dengan demikian, antivirus tersebut dapat bekerja dengan baik dalam mengatasi beragam ancaman virus.

Hapus data pribadi di ponsel saat menjual handphone

Saat menjual handphone, kamu juga harus berhati-hati, ya. Selalu pastikan terlebih dahulu jika ponsel tersebut tak lagi menyimpan data pribadi apapun. Cara menghapus data di smartphone yang akan kamu jual sangatlah harus kamu lakukan dengan tepat.

Gunakan fasilitas factory reset untuk melakukan penghapusan. Namun, sebelum pemakaian factory reset lakukan enkripsi data terlebih dahulu agar data tersebut tak bisa di restore.

Lakukan transaksi online hanya di website terpercaya

Tips menjaga data pribadi selanjutnya yakni hanya melakukan transaksi online di website yang sudah terpercaya. Karena biasanya aktivitas belanja online juga kerap menjadi sarana pencurian data pribadi.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam melakukan belanja online, ya. Usahakan hanya melakukan transaksi di website yang memang sudah mempunyai reputasi yang bagus dan dikenal secara luas.

Manfaatkan VPN saat menggunakan WiFi di tempat umum

Saat menggunakan akses internet gratis melalui WiFi di tempat umum alangkah baiknya kamu pun harus tetap waspada. Tak jarang, keamanan akses internet di tempat-tempat seperti itu sangat rawan. Sebagai antisipasinya, maka kamu bisa menggunakan VPN premium.

BACA JUGA: Tips Melindungi WhatsApp Agar Aman dari Hacker

Hanya mengunduh aplikasi dari Google Play dan App Store

Tips menjaga data pribadi yang terakhir, kamu harus berhati-hati pada saat mengunduh aplikasi untuk smartphone. Hindari aktivitas pengunduhan di marketplace selain Google Play dan App Store.

Hal ini menjadi salah satu upaya praventif terhadap aplikasi yang bisa membahayakan keamanan data personal kamu.

10 tips menjaga data pribadi di atas kini bisa kamu praktikkan sesegera mungkin ya, guys. Namun tetap ingat, bukan berarti info pribadi kamu sudah aman sepenuhnya, dan pastinya masih dibutuhkan ketelitian dan kewaspadaan yang teliti pada saat kamu berselancar di internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,176FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan