26.1 C
Ciamis
Beranda Teknologi Tips n Trik Tips Melindungi WhatsApp Agar Aman dari Hacker

Tips Melindungi WhatsApp Agar Aman dari Hacker

RANCAH POST – WhatsApp memang menjadi aplikasi perpesanan yang sangat populer. Bagaimana tidak, jumlah pengguna aktif bulannya bertambah lebih dari 1 milyar. Kendati demikian, WhatsApp mempunyai rekam jejak untuk tak selalu aman dari para hacker. Maka dari itu kamu harus mengetahui beberapa tips melindungi WhatsApp dari hacker.

Hacker memang sangat merugikan dan membahayakan untuk para pengguna aplikasi perpesanan satu ini. Pasalnya, pesan-pesan dan data pribadi akan terekspos dengan diretasnya akun pengguna tersebut.

Untuk menghindari hal yang tak kamu inginkan tersebut, maka berikut ini ada sederet tips melindungi WhatsApp dari hacker yang bisa kamu lakukan guna menjaga keamanan yang lebih pada saat membuka WhatsApp.

Tips melindungi WhatsApp dari hacker

Menggunakan aplikasi pengunci dari pihak ketiga

Pada aplikasi WhatsApp memang tak disediakan metode keamanan pada saat pengguna akan membuka aplikasinya. Akan tetapi, terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang menawarkan keamanan lebih pada saat akan membuka WhatsApp.

Dengan menggunakan aplikasi pengunci ini, maka nantinya pada saat pengguna akan membuka WhatsAppnya, akan dimintai untuk memasukkan kode pin atau pola terlebih dahulu, sehingga tak bisa sembarang orang dapat membuka aplikasi tersebut selain dari pemiliknya sendiri.

Gunakan Two-step Verification

Tips melindungi WhatsApp dari hacker yang selanjutnya yakni dengan menggunakan Two-step Verification yang berguna untuk melindungi akun pada saat akan membuka dari ponsel baru.

Dengan terdapatnya fitur ini, pengguna nantinya akan dimintai untuk memasukkan pin pada saat hendak membuka akun WhatsApp di ponsel yang lain atau baru.

Untuk melakukan langkah ini, pengguna hanya harus mengaktifkan fitur di WhatsApp dengan membuka Settings> Account> Two-step Verification.

Perika kode enkripsi dalam percakapan privat

Untuk memastikan apakah isi obrolan telah dienkripsi, maka pengguna harus bisa memeriksa kode enkripsinya dengan cara yang manual.

Dengan membuka profil lawan bicara, pengguna sudah bisa masuk pada menu Encryption yang di sana terdapat 40 kode angka dan kode QR.

Dalam obrolan kedua, pengguna akan mempunyai 40 kode dan kode QR yang sama. Hal ini akan menunjukkan jika isi obrolan sudah terenkripsi dengan baik dan aman.

Mengaktifkan notifikasi keamanan

Tips melindungi WhatsApp dari hacker guna menambah kemanan, pengguna juga bisa mengaktifkan notifikasi kemanan.

Nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi jika akunnya telah dibuka di gawai lainnya, baik laptop, PC maupun ponsel. Pengguna juga akan mendapatkan notifikasi jika kode-kode keamanannya berubah.

Tidak perlu backup isi obrolan ke cloud

Isi obrolan pada WhatsApp tentunya sudah terenkripsi yang dalam artian pihak WhatsApp dan pihak ketiga lainnya tak akan bisa mengakses isi dari obrolan tersebut.

Pada umumnya, pengguna akan mem-backup seluruh isi chat ke dalam cloud yang disediakan oleh Google Drive atau iCloud.

Maka dari itu disarankan untuk para pengguna untuk tak mem-backup isi obrolan ke dalam could karena file isi obrolan itu tak terenkripsi oleh WhatsApp, sehingga akan lebih gampang untuk diretas.

Hati-hati dengan tautan palsu

Tak jarang melalui SMS, pengguna akan mendapatkan beberapa pesan yang mengatakan jika akun WhatsAppnya telah habis masa berlangganannya atau tidak bisa aktif kembali.

Pengguna diharapkan agar tak mempercayai pesan tersebut apalagi menekan tautan yang terdapat pada pesan tersebut, karena bisa saja tautan itu berisi sebuah virus.

Menggunakan aplikasi WhatsApp yang resmi untuk versi desktop

Tips melindungi WhatsApp dari hacker selanjutnya yakni dengan menggunakan aplikasi WhatsApp yang resmi untuk versi desktop.

Karena salah satu masalah besar yang sering dihadapi oleh WhatsApp yakni pengguna yang menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop yang tak resmi. Dengan begitu, data mengenai akun pengguna bisa diambil dengan mudah oleh para peretas.

Mengatur perihal privasi di WhatsApp

Sistem penambahan kontak di WhatsApp cukup bisa dilakukan dengan menambah nomor ponsel saja. Dengan demikian, orang lain bisa menghubungi para pengguna dengan mudah.

BACA JUGA: Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Oleh Seseorang

Akan tetapi, para pengguna disarankan agar tetap menjaga data diri seperti foto dari pengguna-pengguna lain yang tak dikenal dengan cara mengaktifkan personal info yang nantinya bisa dilihat oleh kontak atau teman pengguna lainnya.

Bagaimana beberapa tips melindungi WhatsApp dari hacker di atas sangatlah membantu bukan? Dengan begitu, kini WhatsApp kamu bisa lebih aman dan tak bisa diretas oleh orang tak bertanggung jawab.

Stay Connected

105,069FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here