Hampir semua pengguna smartphone mempunyai aplikasi chat WhatsApp di ponselnya. Akan tetapi, ada sebagian orang yang mengeluhkan jika WhatsApp mereka mengalami penyadapan. Lantas, bagaimana sih cara mengetahui WhatsApp disadap tersebut?

WhatsApp merupakan suatu aplikasi perpesanan yang sangat populer dan telah digunakan oleh satu miliar orang lebih di banyak negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, aplikasi yang dimiliki oleh Facebook ini merupakan yang paling banyak digunakan di antara aplikasi-aplikasi perpesanan yang lain.

WhatsApp juga telah menerapkan tingkat keamanan tinggi pada aplikasinya. Salah satunya, WhatsApp tak akan mendukung mode pengaktifan 1 nomor pada dua WA untuk 2 perangkat sekaligus, sehingga kecil kemungkinan WhatsApp bisa disadap.

Oleh karena itu, para penyadap harus menghabiskan banyak sumber daya maupun waktu agar dapat melakukannya. Meski demikian, di era perkembangan teknologi yang sudah berkembang ini apa saja bisa terjadi, bukan?

Maka dari itu, mengambil langkah untuk tetap berhati-hati merupakan tindakan yang sangat bijak kamu lakukan untuk menghindari WhatsApp yang disadap oleh orang-orang tak bertanggung jawab tersebut.

Nah, pada saat WhatsApp disadap, akan ada beberapa indikasi yang menjadi peringatan. Jika kamu belum mengetahui apa saja cara mengetahui WhatsApp sedang disadap, ini dia ciri-ciri nya:

Cara mengetahui WhatsApp disadap

Pengguna tak bisa login

Cara mengetahui WhatsApp disadap sangatlah mudah karena dalam satu nomor telepon pada dasarnya hanya dapat digunakan oleh satu aplikasi WhatsApp atau bisa disebut juga dengan single-device login.

Maka, jika suatu waktu kamu tiba-tiba keluar atau logout dari aplikasi WhatsApp tanpa kamu sadari, kemungkinan ada pihak lain yang sedang menggunakan nomor kamu untuk login di aplikasi WhatsApp lain.

Padahal, agar dapat login di sebuah perangkat, WhatsApp biasanya akan dimintai kode one time password atayu OTP yang langsung akan dikirim ke nomor telepon tersebut.

Untuk itu, jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapa pun. Ini juga mungkin terjadi pada saat nomor telepon telah digandakan, sehingga peretas bisa membuka pesan yang masuk berisi OTP.

Tak bisa dipakai untuk menelepon

Jika pengguna WhatsApp tiba-tiba tak bisa menelepon siapa saja melalui WhatsApp, maka sudah bisa dipastikan jika WhatsApp mereka tengah disadap oleh pihak lain.

Cek WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via browser di perangkat laptop dan komputer.

Fitur ini pun sangat krusial untuk pengguna yang menggunakan PC, akan tetapi di sisi lain ini memungkinkan peretas atau pihak lain untuk menyadap akun WhatsApp.

Nah, cara mengetahui WhatsApp disadap kamu bisa membuka pengaturan yang terdapat di menu Titik Tiga di kanan atas WhatsApp, lalu kamu tinggal memilih WhatsApp Web.

Jika ternyata kamu login di perangkat yang tak kamu ketahui dan dengan lokasi yang tak dikenal pula, maka pilih saja logout atau keluar dari semua perangkat.

Opsi ini dapat kamu lakukan dari perangkat iOS, caranya dengan memilih setting di kanan bawah, lalu pilih WhatsApp Web dan cek perangkat terhubung. Jika perangkat itu tak dikenal, maka sebaiknya pilih logout dari semua perangkat.

Pesan sudah terbaca padahal kamu belum membukanya

Jika kamu mendapatkan pesan, namun pesanĀ  sudah terbaca padahal kamu belum membukanya. Biasanya tanda pesan yang sudah dibaca yakni tanda centang dua yang akan berubah menjadi warna biru, jika filtur ini telah diaktifkan sebelumnya.

Akan tetapi, jika pengguna tak mengaktifkannya, ia pun dapat menyadari pesan-pesannya sudah dibaca dengan melihat notifikasi angka di tiap obrolan telah hilang.

Pada saat belum membuka pesan dari satu kontak, namun tanda notifikasinya telah hilang, maka sudah dipastikan WhatsApp kamu telah disadap dan telah membuka obrolan WhatsApp kamu.

Adanya pesan terkirim tanpa sepengetahuanmu

Cara mengetahui WhatsApp disadap lainnya yakni adanya pesan yang terkirim namun kamu tak pernah mengirimkan pesan apapun kepada siapapun. Dari situ sudah dapat kamu pastikan jika ada pihak lain yang ternyata tengah mengintip WhatsApp kamu.

Baterai menjadi boros

Baterai yang terkuras memang tak menjadi bukti jika WhatsApp tengah disadap, namun bisa jadi salah satu indikasi jika aplikasi-aplikasi di perangkat termasuk WhatsApp terus bekerja, meski si pengguna tak membukanya.

BACA JUGA: Cara Kirim Aplikasi Lewat WhatsApp

Nomor tak dapat diverifikasi

Jika kamu melihat pesan “This phone could ot be verifed”, itu artinya WhatsApp kamu telah diakses oleh perangkat lain yang tak dikenal. Namun WhatsApp memberikan langkah-langkah penyelesaian jika kamu mengalami masalah dalam proses verifikasi.

Nah, itu dia beberapa cara mengetahui WhatsApp disadap oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Dan perlu kamu tahu, jika tak ada akun yang 100% aman dari para peretas. Kendati demikian, kamu masih bisa melakukan pencegahan, ya.

Share.

Leave A Reply