Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi 6 Ciri-ciri LCD Smartphone Rusak yang Wajib Kamu Ketahui!

6 Ciri-ciri LCD Smartphone Rusak yang Wajib Kamu Ketahui!

RANCAH POST – Layar sentuh memang menjadi salah satu internal dari sebuah smartphone yang menjadi suatu identitas gadget kekinian saat ini. Akan tetapi, bicara mengenai layar, tentu ada saja hal-hal yang menjadikan LCD menjadi rusak. Untuk bisa mengantisipasi kerusakan tersebut, maka kamu harus tahu apa saja ciri-ciri LCD smartphone yang rusak itu seperti apa.

Tak bisa dipungkiri jika sebuah layar pada semua jenis HP tentu akan mengalami beberapa kendala yang akhirnya dapat memicu beberapa kerusakan pada layar HP tersebut.
Misalnya saja terjadi karena adanya masalah komponen HP yang terjadi karena error sehingga membuat kamu mengalami kesulitan dalam mengoperasikan HP yang kamu gunakan tersebut.

Kerusakan tersebut pun biasnaya ada yang bisa kamu sadari dan tak terlihat atau bahkan sebaliknya. Maka dari itu, yuk ketahui beberapa ciri-ciri LCD smartphone yang rusak di bawah ini.

Ciri-ciri LCD Smartphone Rusak

LCD HP yang Mengalami Retak

LCD HP yang retak biasanya terjadi karena berbagai hal. Dan ciri retaknya bisa rerlihat seperti adanya goresan kasar yang sangat terlihat penampakannya, atau ada pula yang hanya goresan halus dan pada saat tersentuh pun tidak terasa apa-apa.

LCD HP yang retak ini biasa terjadi misalnya karena terjatuh, mendapat tekanan yang berat, mengalami benturan dengan benda lainnya, atau tertimpa oleh suatu benda.

Meskipun LCD-nya retal, kebanyakan masih bisa digunakan tanpa adanya masalah. Bahkan masih bisa dijual kembali meskipun akan mengalami penurunan harga. Untuk memperbaikinya maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Terdapat Titik Hitam atau Dead Pixel di Bagian Tertentu

Tanda atau ciri-ciri LCD smartphone rusak lainnya ialah adanya titik hitam yang mungkin tak begitu kamu sadari sebelumnya karena memang terdapat pada bagian tertentu saja.

Biasanya kemunculan titik hitam ini akan diimbangi pula dengan terjadinya dead pixel atau matinya layar ponsel beberapa kali tanpa kamu ketahui penyebabnya. Jika kamu sudah menemui tanda seperti itu, maka alangkah baiknya untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan ponselmu.

Adanya Garis Pada Layar

Kemudian, adanya garis yang muncul pada layar smartphone secara vertical maupun horizontal, warna garis yang muncul ini biasnaya berwarna hitam atau warna-warna lain yang hampir menyerupai layar yang sedang mengalami error.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui jika hal tersebut bukanlah error yang terjadi pada sistem HP kamu, ya. Namun hal tersebut menjadi salah satu ciri jika LCD HP kamu mengalami kerusakan.

Lampu LCD Mati

Jika HP kamu ternyata sudah mengalami layar dalam keadaan menyala namun layar terlihat gelap, hal tersebut termasuk ke dalam salah satu ciri-ciri LCD smartphone rusak lho!

Dalam kondisi ini mungkin kamu masih bisa melihat tulisan dan juga menu-menu lainnya di HP, akan tetapi tentunya akan sangat menggangu karena kamu akan mengalami kesulitan jika sedang berada di ruangan terbuka atau di bawah sinar matahari.

Lampu LCD akan sangat dibutuhkan agar kamu bisa melihat tulisan pada layar smartphone. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan karena adanya konslet, korosi atau adanya benturan keras pada layar HP kamu.

Tidak Adanya Visualisasi Apapun Pada Layar (No Display)

Pada saat kamu menyalakan HP akan tetapi tak ada gambar sama sekali yang muncul, padahal HP kamu tengah dalam keadaan yang menyala maka hal tersebut bisa menjadi ciri-ciri LCD smartphone rusak lho, guys!

Keadaan ini memang biasanya karena lampu layar LCD yang mati namun masih bisa memunculkan visualisasi gambar dan tulisan, dan tentunya masih bisa digunakan dengan baik meskipun akan sedikit terlihat gelap.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Layar HP yang Blank

Sering Terjadi Touchscreen Meleset

Kamu pernah mengalami meleset pada saat sedang mengetik pada layar touchscreen? Mungkin kamu akan menganggapnya wajar bukan? Akan tetapi, hal tersebut ternyata menjadi salah satu tanda jika layar LCD kamu memang mengalami kerusakan.

Sekian, mengenai pembahasan ciri-ciri LCD smartphone rusak yang harus kamu waspadai! Jika memang ciri-ciri di atas sudah terjadi pada HP kamu, maka alangkah baiknya segera membawanya ke service center saja, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,196FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan