Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 5 Cara Mengatasi Layar HP yang Blank

5 Cara Mengatasi Layar HP yang Blank

RANCAH POST – Kondisi layar HP yang blank memang tidak selalu karena adanya kerusakan pada mesin perangkat Android. Misalnya saja blank screen, dimana kondisi layar HP gelap namun mesih masih hidup. Lantas, ada gak sih cara mengatasi layar HP yang blank tersebut?

Kondisi HP yang blank sendiri biasanya akan muncul pada saat HP sedang digunakan, atau baru dinyalakan. Jika ternyata masih normal, umumnya blank tersebut akan hilang beberapa waktu setelah HP didiamkan.

Akan tetapi sebaliknya, jika ternyata kondisi blank nya sudah terbilang parah, blank ini akan terjadi secara terus menerus dan bahkan menyebabkan kerusakan pada ponsel yang kamu gunakan tersebut.

Penyebab dari layar HP yang blank sendiri terjadi karena adanya bootloop yang menjadikan HP terlihat seperti blank, sistem yang tak dapat melakukan load, sistem yang tidak stabil, baterai HP rusak, dan layar Hp yang mengalami masalah.

Kebanyakan orang mungkin akan langsung memperbaiki ponselnya itu pada service center, karena berasumsi jika komponen layarnya rusak. Padahal, tak usah terburu-buru terlebih dahulu, karena kamu bisa memperbaikinya dengan cara mengatasi layar HP yang blank berikut ini:

Cara Mengatasi Layar HP yang Blank

Lepas Kartu Memori, SIM, dan Baterai

Pada saat HP kamu mengalami blank pada saat baru dinyalakan, mungkin sistem tidak ter-load dengan baik. Maka, mematikan HP dengan melepas kartu memori, SIM, dan baterai terlebih dahulu akan menjadi salah satu solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini.

Dengan demikian, maka secara tidak langsung sistem pun akan di-restart. Dan maslalah mengenai tidak bisa load, dan layar HP yang blank ini seharusnya bisa teratasi.

Seperti yang kita ketahui jika tak semua tipe HP casing belakangnya bisa dilepas, khususnya yang sudah menggunakan tipe baterai tanam. Jika kamu menggunakan HP semacam ini, maka cara mengatasi layar HP blank tersebut cukup dengan melepas memori dan kartu SIM-nya saja.

Menghapus Cache Pada Sistem

Ceche memang menjadi salah satu bagian yang ada pada sistem Android yang berguna dalam menyimpan data-data yang masih berhubungan dengan kerja sistem.

Namun, cache ini terkadang dapat menjadikan sistem menjadi error. Hal ini bisa terjadi karena tak bisa di-load, atau crash pada saat HP dipakai. Maka akibatnya ponsel kamu akan mengalami layar blank.

Nah, maka kamu bisa melakukan cara mengatasi layar HP yang blank ini dengan menghapus cache tersebut dan mencoba me-restart sistemnya.

Reset HP

Jika dengan cara yang sebelumnya masih saja tak bisa mengatasi layar HP kamu yang blank, maka solusi lain yang mungkin akan lebih efektif ialah dengan cara melakukan factory reset.

Karena dengan melakukan ini HP kamu dengan otomatis akan mengembalikan ulang sama halnya pada saat kamu baru membeli HandPhone yang baru. Dan termasuk masalah pada sisitem yang error pun akan menjadi hilang teratasi.

Re-Flash HP

Jika kamu tetap tak bisa masuk pada sistem meskipun kamu sudah melakukan cara-cara yang sebelumnya dibahas, maka memang bisa jadi sistem HP kamu memang sudah benar-benar mengalami kerusakan.

Oleh karena itu kamu bisa melakukan reflashing pada HP. Flash HP bertujuan guna mengganti sistem yang lama dengan yang baru, di mana seluruh sistem lama akan terhapus dan nantinya akan ditimpa ulang.

Service HP

Jika memang cara mengatasi layar HP yang blank sebelumnya masih tidak bisa mengatasi masalah HP yang sedang kamu alami, maka alangkah baiknya kamu membawanya ke tempat servis HP saja, ya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Rotasi Layar HP Tidak Berfungsi Secara Efektif

Karena mungkin ada beberapa hal yang harus dicek agar dapat mengetahui tegangan dan komponen HP masih normal atau tidak. Oleh karena itu, jika berkaitan dengan komponen memang kamu harus membawanya langsung ke tempat servis.

Nah, demikianlah sederet tips mengatasi layar HP blank yang bisa kamu coba sebelum kamu membanya ke tempat service HP. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,201FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan