Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Rotasi Layar HP Tidak Berfungsi Secara Efektif

Cara Mengatasi Rotasi Layar HP Tidak Berfungsi Secara Efektif

RANCAH POST – Untuk sebagian orang mungkin rotasi layar menjadi salah satu fitur yang sangat penting. Maka jika rotasi layar tersebut mengalami error, tentu bisa membuat penggunanya galau. Namun tak usah khawatir, karena ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rotasi layar tidak berfungsi tersebut.

Tanpa fitur rotasi, posisi tampilan Android akan tetap berdiri (portrait), sehingga akan mnenjadi kurang nyaman di beberapa situasi. Contohnya, saat sedang memutar video misalnya.

Nah, bagaimana sih cara mengaktifkan fitur ini? Mudah banget, kamu hanya perlu menggeser bar menu pada bagian atas layar, lalu kemu pilih tombol Rotasi.

Cara mengaktifkannya memang mudah, namun pernah gak sih kamu mengalami masalah rotasi layar yang tidak berfungsi? Penyebabnya bisa saja terjadi karena rotasi layar memang lupa diaktifkan, adanya aplikasi yang menyebabkan layar menjadi terkunci, sensor pada HP error atau karena sistem yang mengalami bug.

Nah, untuk cara mengatasi rotasi layar tak berfungsi ini cukup mudah sekali, berikut ini beberapa cara diantaranya:

Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi

Restart HP

Restart atau memuat ulang HP, memang dipercayai bisa mengatasi rotasi layar yang terkunci. Karena bukan menjadi rahasia lagi jika dengan menggunakan metode restart semua permasalahan pada HP akan teratasi.

Untuk caranya, kamu hanya perlu me-restart HP seperti biasanya saja. Atau jika mau, kamu bisa mematikan HP terlebih dahulu kemudian tunggu beberapa menit sebelum kamu mengaktifkannya kembali dan lakukan pengecekan ulang apakah rotasi layar di HP kamu sudah efektif kembali atau tidak.

Cari Aplikasi Penyebab Sensor Rotasi Terkunci

Jenis aplikasi Background Service merupakan tipe aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan akan tetap berjalan tanpa kamu sadari.

Aplikasi yang seperti ini memang mempunyai bermacam-macam fungsi, bahkan beberapa di antaranya bermanfaat untuk mengoptimalisasi sistem.

Akan tetapi, sayangnya terdapat pula bagian aplikasi jenis ini yang menjadikan sensor rotasi menjadi terkunci. Hal ini akan mengakibatkan layar menjadi tidak berubah arah meskipun kamu sudah membalikan posisi HP.

Maka dari itu cara mengatasi rotasi layar tidak berfungsi tersebut bisa kamu coba dengan mencari aplikasi mana yang menjadi penyebabnya. Jika sudah menemukannya kamu tinggal menghapus aplikasinya deh!

Kalibrasi Sensor

Rotasi akan aktif pada saat fitur sensor Cyroscopee dan Accelerometor pada ponsel kamu berjalan dengan baik. Namun kedua fitur ini bisa saja terdapat error dan tiba-tiba menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Nah, salah satu cara mengatasi rotasi layar tidak berfungsi bisa kamu lakukan dengan melakukan kalibrasi ulang sensor dengan membuka Setelan> Buka menu Tentang Ponsel> Ketuk kolom Versi Kernel> kemudian akan ada menu Tes> Geser ke bawah cari opsi sensor (Gyroscope atau Accelerometer)> Lalu buka dan lakukan kalibrasi di sana.

Cara untuk membuka menu tesnya sendiri bisa berbeda-beda, hal ini karena tergantung pada jenis HP yang kamu gunakan. Kamu bisa mencari tahu caranya dengan searching di Google, ya.

Hilangkan Fungsi Root

Cara mengatasi rotasi layar tidak berfungsi lainnya yakni dengan menghilangkan fungsi root, karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika salah satu resiko root ialah bisa menonaktifkan suatu fitur pada Android tanpa kamu ketahui. Untuk fitur rotate pada HP juga bisa saja terkena masalah, pasalnya memang sudah menjadi suatu kesatuan dengan sistem.

Menghilangkan akses root merupakan satu-satunya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rotasi layar tidak berfungsi ini.

Reset HP

Jika sebelumnya rotasi layar di HP kamu normal-normal saja, maka opsi reset HP ini bisa kamu coba lakukan. Karena biasanya dengan melakukan metode ini HP akan menjadi normal seperti biasanya lagi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Sebelum Membawanya ke Service Center

Tujuannya ialah untuk mengembalikan kesalahan yang terjadi pada sistem yang diakibatkan karena aplikasi. Misalnya seperti optimalisasi pada poin 2 tadi, hanya saja reset HP bisanya akan jauh lebih efektif.

Nah, demikian cara mengatasi rotasi layar tidak berfungsi. Semoga dengan melakukan cara-cara di atas bisa mengatasi masalah yang tengah ponsel kamu alami ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,184FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan