Minggu, 25 Oktober 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Sebelum Membawanya ke Service Center

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Sebelum Membawanya ke Service Center

RANCAH POST – HP Android tetaplah barang elektronik yang meskipun terbilang canggih, namun tetap saja akan megalami masalah atau bahkan kerusakan dibagian tertentu yang cenderung sangat sensitif. Salah satunya layar yang bergaris. Nah, apa sih yang menjadi penyebabnya? Dan adakah cara mengatasi layar HP bergaris tersebut?

Layar atau LCD touchscreen Android tentu bisa saja mengalami masalah. Meskipun jarang, namun tetap saja sangat mungkin terjadi. Beberapa masalah pada layar ini pada umumnya terjadi pada HP-HP yang memang sudah lama.

Masalah pada layar ini memang sangatlah beragam sekali jenisnya, mulai dari LCD HP yang tak bisa disentuh, layar HP yang suka bergerak sendiri, tak ada gambar, atau bahkan layar HP bergaris.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan layar HP kamu menjadi bergaris, entah itu dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Misalnya saja karena HP kamu pernah terjatuh, layar tertekan benda lainnya, konektor layar mengalami masalah, HP terkena air, dan karena adanya sistem yang error.

Masalah ini memang biasanya terjadi dari LCD, sehingga sebagian orang mungkin mengira harus langsung menggantinya. Padahal, kamu bisa mencoba cara mengatasi layar HP bergaris ini terlebih dahulu sebelum membawanya ke Service Senter.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Memperbaiki Touchscreen Bergaris dengan Opsi Developer

Opsi pengembang atau developer ialah sebuah halaman di mana kamu bisa mengatur setting Android dengan lengkap dan lebih mendalam.

Pada halaman tersebut, ada pula pengaturan Show Pointer Location yang bisa dinonaktifkan untuk menghilangkan garis di layar. Jika kamu ingin mencobanya, maka kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama buka Setelan yang ada di HP kamu.
  • Kemudian masuk pada opsi Tentang HP.
  • Cari kolom Nomor Bentukan. Klik beberapa kali sampai ada pesan “Anda telah jadi pengembang”.
  • Ketuk tombol Kembali, kemudian buka menu Opsi Pengembang.
  • Dan nonaktifkan opsi Tampilkan Penunjuk.
  • Secara otomatis garis pada layar akan menghilang.

Menggunakan Aplikasi LCD Fixer

Cara mengatasi layar HP bergaris bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dikhususkan untuk mengatasi masalah pada LCD. Salah satunya aplikasi bernama Dead Pixels Test and Fix.

Aplikasi ini bekerja dengan cara mendeteksi pixel yang rusak, kemudian menghilangkannya sampai menjadi seolah-olah normal kembali. Aplikasi ini cukup rekomedasi untuk kamu gunakan guna mengatasi layar bergaris pada HP kamu.

Reset HP

Apakah garis yang ada pada HP kamu hanya ada pada saat masuk sistem saja, akan tetapi tidak jika HP kamu tengah dalam keadaan bootig?

Jika iya, hal ini bisa saja terjadi karena adanya sistem yang memang bermasalah. Dan hal ini biasanya bisa kamu perbaiki sendiri hanya dengan mereset HP saja.

Tekan Bagian Permukaan Layar

Pada saat HP tertekan dengan benda lain yang cukup berat, bisa saja menjadikan layar HP kamu menjadi rusak dan bermasalah. Nah, salah satunya bisa menyebabkan LCD bergaris ini.

Hal ini biasanya terjadi disebabkan adanya layar yang tertekan di suatu titik, sehingga komponen di dalamnya pun menjadi longgar.

Oleh karena itu cara mengatasi layar HP bergaris tersebut bisa kamu coba dengan menekan-nekan permukaan layar secara perlahan dengan jari. Ulangi hal tersebut hingga garisnya menghilang sedikit demi sedikit.

Bongkar HP

Terkadang layar HP yang bergaris memang harus dibongkar agar kamu bisa mengetahui darimana timbul masalahnya. Nah, kamu bisa melakukannya dengan melepas casing belakang HP, lalu lepas juga komponen lain yang menempel di sana.

Nah, jika ternyata garis di HP kamu sedikit menghilang pada saat jari kamu menekan layar, maka hal tersebut bisa jadi karena memang HPnya longgar.

Maka, alangkah baiknya kamu menambahkan sesuatu yang nantinya akan menjadikan casing HP kamu menjadi rapat kembali, ya.

Mengganti LCD

Jika cara mengatasi layar HP bergaris sebelumnya tak berhasil juga, maka cara terakhir yang harus kamu lakukan yakni dengan mengganti LCD. Pasalnya, jika layar sudah terlanjur mengalami kerusakan, maka secara otomatis menggunakan cara apa pun tentu tak akan berhasil.

BACA JUGA: Sederet Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone yang Bergerak Sendiri

Oleh karena itu segeral membawa HP kamu ke Service Center untuk mengganti LCD HP kamu dan tentunya untuk mencegah kerusakan semakin parah.

Demikianlah sederet cara mengatasi layar HP bergaris yang bisa kamu coba lakukan. Semoga daintara cara-cara di atas efektif ya, guys. Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan