Minggu, 5 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Sederet Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone yang Bergerak Sendiri

Sederet Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone yang Bergerak Sendiri

RANCAH POST – Ghost Touch atau layar HP bergerak sendiri memang menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada layar LCD HP Android, di mana touchscreen mengalami error, misalnya dengan mengklik sesuatu dengan sendirinya. Nah, pertanyaannya apakah ada cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri tersebut?

Saat ini memang hampir semua jenis ponsel, terutama Android tentu sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Berbeda dengan dulu yang hanya menggunakan tombol qwerty saja.

Memang layar sentuh akan terasa lebih nyaman pada saat digunakan jika dibandingkan dengan tombol qwerty, karena dengan teknologi layar sentuh hanya mewajibkan kita menyentuh layar untuk melakukan segala aktivitas di smartphone.

Namun, untuk masalah ketahanan tak sedikit orang yang menyebutkan jika layar sentuh akan lebih rentan rusak jika dibandingkan dengan tombol qwerty, misalnya saja pada saat terjadi benturan. Saat terbentur itulah layar sentuh biasanya akan error misalnya bergerak sendiri, hal ini yang disebut juga dengan ghost touch.

Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri atau ghost touch ini sebenarnya tergantung pada seberapa parah kerusakan yang terjadi, jika kerusakannya ringan seperti error sistem atau software, maka kamu hanya perlu melakukan flash.

Namun jika kerusakannya cukup berat, maka kamu harus mengganti mesinnya. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini beberapa cara mengatasi ghost touch.

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Cek keadaan LCD dan Touchscreen

Hal pertama yang harus kamu kamu lakukan yaitu memantau dan melihat keadaan LCD dan juga touchscreen smartphone kamu, caranya yakni dengan kamu membukanya.

Namun, jika kamu masih ragu untuk membuka smartphone kamu, maka sangatlah disarankan untukmu membawanya ke tukang servis terdekat saja.

Jika setelah dibuka ternyata memang LCD dan touchscreennya rusak, kamu bisa menggantinya langsung dengan yang baru. Namun, jika LCD dan touchscreen baik-baik saja, maka kamu bisa mengecek sendiri dengan beberapa indikator lainnya.

Reboot atau restart smartphone

Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri yang paling simpel ialah dengan merestart ulang smartphone kamu. Dengan merestart smartphone milikmu, maka segala kerusakan pada sistem mulai dari touchscreen yang error, ponsel yang lemot, dan lain sebagainya akan bisa kembali normal.

Lakukan factory reset

Jika smartphone kamu telah di restart namun tetap saja touchscreennya bergerak sendiri, cara selanjutnya yang bisa kamu coba yakni dengan melakukan factory reset atau me-reset ulang HP dalam keadaan awal saat kamu membelinya.

Cara ini disebut-sebut akan sangat berhasil, terlebih jika memang tak adanya kerusakan yang terjadi pada LCD maupun touchscreennya.

Mengganti ROM atau flas ulang

Jika setelah melakukan factory reset, smartphone kamu masih saja error, maka cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri dengan melakukan flash ulang atau mengganti ROM pada smartphone yang kamu gunakan tersebut.

Jika ternyata memang tak ada kerusakan pada touchscreennya, maka peluang berhasilnya cara ini yakni sekitar 90% ke atas ya, guys.

Pakai charger aslinya

Error yang terjadi pada smartphone bisa saja disebabkan karena kamu menggunakan charger yang bukan aslinya. Maka agar ghost touch tak terjadi lagi, alangkah baiknya kamu menggunakan charger bawaan HP kamu yang asli.

Kalibrasi smartphone

Banyak orang jika ponsel layar sentuh mengalami error biasanya diatasi dengan melakukan kalibrasi. Untuk melakukan kalibrasi tersebut tidaklah sulit, namun pada setiap ponsel mempunyai cara yang berbeda-beda .

Oleh karena itu kamu haruss mengatahui cara kalibrasi pada touchscreen pada ponsel yang kamu gunakan.

Mengganti pelindung layar yang rusak

Salah satu penyebab layar sentuh error ialah adanya retak pada pelindung layar. Jenis pelindung layar ini biasanya digunakan pada smartphone Android misalnya tempered glass.

Maka jika ternyata tempered glass tersebutb rusak, kamu bisa menggantinya dnegan yang baru, dan juga kamu bisa membelinya di toko handphone terdekat.

Charging smartphone dalam keadaan mati

Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri selanjutnya yakni jangan pernah menggunakan handphone kamu dalam keadaan menyala pada saat tengah melakukan charging.

Tak hanya berbahaya, banyak sekali kerugian yang akan kamu dapatkan dari mengecas HP sembari digunakan. Oleh karena itu, sangatlah disarankan untukmu melakukan pengisian daya pada ponsel dalam keadaan mati atau tidak digunakan.

BACA JUGA: Penyebab Touchscreen Rusak dan Tidak Berfungsi Dengan Baik

Dinginkan smartphone

Temperatur HP yang terlalu panas memang akan menyebabkan berbagai masalah pada HP. Umumnya, kondisi ini biasanya akan mengakibatkan performa hardware menurun, atau bisa juga menyebabkan HP melakukan restart dan mati sendiri.

Oleh karena itu, maka kamu harus mendinginkan terlebih dahulu smartphone sebelum kamu menggunakannya kembali. Kurangi juga penggunaan aplikasi yang berat.

Sekian, sederet cara yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi touchscreen bergerak sendiri. Tidak terlalu sulit bukan? Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,396FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan