Jumat, 2 Oktober 2020
Beranda Teknologi Penyebab Touchscreen Rusak dan Tidak Berfungsi Dengan Baik

Penyebab Touchscreen Rusak dan Tidak Berfungsi Dengan Baik

RANCAH POST – Touchscreen smartphone yang rusak tentu akan sangat membuat para pengguna ponsel pintar tersebut menjadi galau karena semua aktivitas yang dilakukan di smartphone menjadi terganggu. Nah, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab touchscreen rusak?

Di zaman yang semakin modern ini, smartphone memang sudah menjadi salah satu benda wajib yang harus selalu dibawa kemanapun kita pergi. Karena dengan ponsel yang kian beragam ini, tak dipungkiri memang sangatlah bermanfaat dalam menunjang aktivitas kita sehari-hari.

Namun, yang paling menyebalkan ialah pada saat smartphone mengalami kerusakan sehingga tidak bisa kamu gunakan dengan baik. Nah, hal inilah yang biasanya akan terjadi kepada para pengguna smartphone layar sentuh.

Meskipun sudah menjaganya sangat baik dengan mengelap layar smartphone secara rutin. Namun ternyata hal tersebut tidaklah cukup jika kamu belum mengetahui beberapa penyebab touchscreen menjadi rusak berikut ini:

Penyebab Touchscreen Rusak

Menekan Layar

Penyebab pertama yang akan mengakibatkan layar sentuh mengalami kerusakan karena kamu menekan layar secara over. Pasalnya jika kebiasaan ini tak dihindari maka layar akan mudah sekali error.

Oleh karena itu selalu usahakan agar selalu menyentuh layar sentuh kamu tanpa harus menekannya dengan keras, ya.

Goresan Pada Layar

Jangan pernah mengabaikan goresan-goresan yang terdapat di layar smartphone kamu. Karena tanpa kamu sadari hal tersebut bisa menjadi penyebab touchscreen rusak.

Umumnya, goresan tersebut akan muncul karena telepon genggam yang sempat terjatuh, tergores dengan benda lain, atau bahkan karena menggunakan smartphone touchscreen tersebut dengan kuku jari tangan yang panjang.

Oleh karena itu, sangatlah disarankan untuk kamu menggunakan screen protector atau anti gores agar dapat melindungi smartphone kamu. Tak hanya itu saja, anti gores juga akan mengurangi resiko kerusakan yang terjadi pada touchscreen smartphone kamu.

Penggunaan yang Kasar

Cara dalam menggunakan smartphone sangatlah berpengaruh pada umur layar smartphone yang kamu gunakan lho, guys! Dari namanya pun sudah bisa tertebak jika touchscreen dirancang sensitivitasnya dengan sedemikian rupa agar peka terhadap sentuham walaupun hanya menggunakan ujung jari atau tap.

Namun, tak sedikit orang yang masih menggunakan layar sentuh tersebut dengan cara yang kasar misalnya dengan menggunakan kuku, menekan sekuat tenaga, atau yang paling parah yakni dengan menggunakan benda yang berujung lancip sebagai pengganti stylus pen.

Nah, karena penggunaan yang tidak baik itulah nantinya akan menjadi salah satu penyebab touchscreen menjadi cepat sekali rusak.

Menaruhnya di Kantong Celana

Tak hanya dalam penggunaannya yang kasar, namun menaruh smartphone di kantung celana pun akan mengakibatkan layar smartphone kamu menjadi error. Karena dengan secara tidak langsung layar ponselmu itu akan bergesekan dengan kantung celana.

Maka dari itu, solusi yang cocok agar layar smartphone kamu tetap aman yakni dengan menaruhnya di tempat yang aman misalnya dompet yang memang khusus smartphone ya, guys!

Tidak Menggunakan Flip Cover

Penyebab touchscreen rusak lainnya yakni disebabkan smartphone kamu tidak menggunakan fliv cover. Flip cover sendiri merupakan perlindungan layar berupa casing yang berguna dalam menjaga layar smartphone kamu terhindar dari berbagai sentuhan atau gesekan jika smartphone tidak sedang digunakan.

Tak hanya bermanfaat dalam menjaga layar ponsel saja, namun penggunaan flip cover juga bisa kamu gunakan untuk mempercantik ponsel pintar yang kamu gunakan.

Terpapar Langsung Dengan Sinar Matahari

Penyebab lainnya juga bisa terjadi karena smartphone kamu berkontak langsung dengan cahaya sinar matahari. Kenapa? Karena sinar matahari dipercayai bisa mengikis layar tersebut terutama pada warna dan juga kontrasnya.

Maka dari itu, selalu mencegah smartphone kesayanganmu itu dari kontak langsung dengan sinar matahari agar kualitas layarnya pun selalu terjaga dengan baik.

Mendekatkannya Dengan Barang Elektronik

Poin kali ini memang jarang sekali diketahui oleh sebagian orang. Dengan menaruh smartphone berdekatan dengan barang elektronik lainnya akan menjadi penyebab touchscreen yang rusak dan tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Touchscreen Android yang Error

Barang elektronik berupa TV, Radio dan juga Sound tentunya mempunyai magnet yang cukup besar sehingga akan sangat mempengaruhi pada kinerja layar sentuh smartphone yang kamu gunakan.

Demikianlah beberapa penyebab touchscreen rusak yang harus kamu ketahui, semoga dengan adanya pembahasan ini kamu akan menjadi lebih bijak dalam menggunakan ponsel pintarmu itu. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,932FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan